Langsung ke konten utama

Pengalaman Lolos Tes CPNS Dosen Kemenag



Yakin..Terkadang Memang Sulit Mengerti Takdir Yang Allah Putuskan, Tapi Yakinlah Bersamanya Ada Kebaikan

I am a typical person who tend to get what I want…

SD-SMP-SMA-Kuliah S1 dan S2 boleh dibilang lancar jaya.Ya gak jaya mahe amat sih, tapi overall bisa dikatakan sesuai track. Selesai S2 adalah saat dimana gue sadar gue akan bekerja. Bekerja artinya untuk mempersiapkan finansial demi kehidupan yang dijalani dan pekerjaan yang gue cari selama ini adalah dosen.

Ini adalah sepenggal pengalaman mencari pekerjaan sebagai dosen yang telah gue jalani. pengalaman cari kerja

Ini adalah first impression saat gue menjejakkan kaki di Kalimantan Selatan, saat akhirnya gue keterima jadi dosen non-PNS. my first impression

Sejak awal daftar di Kalsel niatnya adalah pengen punya pengalaman kerja biar keterima kerja di Jawa karena selama apply kerja di Jawa itu selalu kalah di pengalaman kerja atau kalah ama “orang dalam”. Padahal awal ikut daftar tes dosen non-PNS di kalsel itu Cuma ikut-ikutan temen dan setelah ikutan tes akhirnya gue lolos rank 1. Jangan ditanya soal tesnya susah engga yang jelas gampang (I am not trying to show off, but begitulah faktanya). Sampai akhirnya tahun 2017 akhir, yang artinya genap setahun  gue kerja disana, ada bukaan tes CPNS dosen. Ya gue apply juga lah, mengingat kalo mengandalkan dosen non PNS sangat jauh sekali. To be honest, jadi dosen saat disana itu di luar ekspektasi gue. dan itu adalah the first time-nya rencana gue ga sesuai “track”. Gue sepenuhnya sadar kalo yang namanya terjun kerja itu pasti akan jauuh beda dengan saat ketika kuliah. I accept it. Seiring berjalannya waktu gue merasa bahwa ketidaksesuaian ekspektasi itu perlahan-lahan menggerogoti gue. I wasn’t passionate anymore at that moment. Gue sedih..ini terlalu melenceng. Hiburan gue disana Cuma 2, masjid dan mahasiswa. Kalsel itu masjid sama langgarnya banyakk..itu yang gue suka. Sementara mahasiswanya ya walo masih tipe “disuapin”, gue seneng kalo ketemu mereka karena mereka itu lucu walo sering ngeselin. Ketidaksesuaian ekspektasi bukan terkait dengan tugas mengajarnya tetapi karena hal lain yang dibebankan saat gue jadi dosen. Itu yang membuat gue lama-lama ga betah, padahal aslinya kalo sama kotanya yang religius udah suka ya walo gada wisata yang sangat menarik. Wisata ada tapi ya gitu doang sih. Akhirnya saat ada tes CPNS 2017 dibuka, gue ikutan untuk memperbaiki kondisi.

Gue apply di tempat saat gue kerja disana karena ada formasi 2 orang. Pertimbangannya karena hanya di tempat kerja gue ada 2 formasi sementara di tempat lain cuman 1. Selain itu gue udah kerja disana dan harapannya bisa dipertimbangkan untuk diterima. Aslinya gue pengen daftar di Jawa tapi melihat peluang sangat besar ada di tempat kerja gue itu. Semua tahu..gini mekanisme kalo daftar tes dosen. “Orang dalam” biasanya dibantu agar bisa diterima. Itu yang pernah gue alamin dulu saat daftar2 di Jawa yang keterima “orang dalam”. 2017 kemarin gue akhirnya jadi “orang dalam” itu setelah berhasil menembus ke SKB. Hasilnya adalah..gue ga keterima. Iya gue ga keterima.  Here is the story…

Ya pasti semua bisa menebak. Gue shock dan sedih. harapan untuk memperbaiki kondisi seolah sirna dan itu artinya gue kembali harus menanggung beban yang ga seharusya gue dapat sebagai dosen. Gak ada seorang pun yang menghibur gue kecuali pak Kasubag gue dan tentu kedua orang tua. Gue diem aja..gak pernah speak up ke siapa2. Semua temen juga diem2 aja..like nothing happened. Gue tahu gue abstrak jadi ya ga bakal juga diperhatikan walo udah nyampe SKB. Tapi satu hal yang pasti gue sadar gue harus berprangsangka baik ke Allah. Gue evaluasi kegagalan gue. Sampai tes CPNS 2017, berati uda 7 kali gue ikut tes dosen. Surabaya-Yogyakarta-Semarang-Surakarta-Magelang (gabisa ikut)-Banjarmasin (keterima dosen non PNS)-Banjarmasin (gak keterima dosen PNS). Gue list apa yang membuat gue gagal:

1.       Kurang giat berdoa dan beribadah.
2.       Kurang belajar
3.       Kurang baik saat microteaching.

Saat wawancara gue lumayan berhasil bisa menjawab dan sebenarnya total nilai SKB gue tertinggi tapi tetep ga kterima karena nilai total dengan SKD di luar formasi 2 itu. Jadi melihat nilai microteaching, gue rasa gue ga begitu mencetak skor yang bisa menutupi kurangnya nilai SKD gue.

Gue gamau menyalahkan siapa-siapa atas ketidakditerimanya gue. Gue gamau jadi benci sama tempat kerja gue itu kenapa ga meloloskan gue. Yang gue lihat adalah diri gue sendiri bahwa gue harus menerima fakta kalo gue ga lolos, menerima segala kekurangan gue. Setelah tes itu gue awalnya pesimis apa ada tes PNS lagi. Akhirnya ada tes dosen non PNS di Malang dan gue ikutan. Sama sepertinya yang terdahulu gue mentok sampai SKB doang dan ga lolos. Artinya Malang menjadi tempat ke-8 bagi gue buat tes dosen.

Kebayang ga gue uda tes sampai 8 kali (belum diitung sama ga lolos admin di Yogyakarta lagi). Itu bener2 menguras energi, pikiran, dan UANG. Jadi bagi yang lagi baca dan belum keterima kerja..you all are not alone. Gue tahu gimana capeknya, gimana rasanya lelah sampai pengen gila badan lemes banget kalo liat pengumuman belum keterima. Tapi bersyukurnya gue uda ada kerja di Banjarmasin itu, ya seenggaknya gue harus bersyukur.

Akhir 2018 surprisingly ada tes CPNS lagi. Gue kira formasi dosen gak ada karena udah ada di tahun 2017..ternyata ada dan gue yang awalnya ga belajar jadi panic. Temen2 gue pada belajar 3 bulan sebelum pengumuman resmi. Gue yang awalnya ga belajar akhirnya ngebut belajar begitu dosen juga dibuka formasinya. Pilihan gue adalah di Jawa (Semarang), menimbang jumlah formasi dan gue udah ga kuat kerja di Kalsel jadi gue pengennya balik Jawa..seperti first will gue dulu.

Dari identifikasi kekurangan gue dulu saat gagal maka gue bertekad untuk memperbaikinya.
  1.  Kurang ibadah dan doa. Jujur peningkatan yang gue lakukan ga terlalu signifikan. Gue gatau gimana ibadah gue baik ato engga yang penting gue usaha. Dari awal cari kerja uda nambah shalat2 sunnah juga. nah disini gue juga baca shalawat, klo dulu shalawat pendek 1000 habis Tahajjud kali nah gue tambahin shalawat Qomaril wujud 10x (dibaca habis Subuh dan Magrib) serta shalawat dari Syeikh Abdul Qadir Al-Jaelani (ini dapet dari ibu gue yang dapetnya dari simbah gue yang ngaji di Mbah Mat-Kyai dari Watucongol Magelang). Gue rutin pokoknya memperbaiki segi ini (entah apa meningkat ato ga karena yang menilai Allah langsung, yang penting bagi gue itu usaha dan gue berharap Allah melihatnya).
  2. Kurang belajar. Di sela2 kerja, gue belajar. Ga efektif aslinya. Maka waktu Sabtu-Minggu adalah waktu senggang paling lowong buat belajar. Tapi gue tahu bahwa di luar sana semua orang juga belajar sama kayak gue, punya harapan yang sama kayak gue. Itu artinya gue gak bisa cuman Sabtu-Minggu aja karena sangat kurang waktunya. Alhasil gue belajar juga tiap hari (selain di sela ngantor), yakni habis Isya tidur bentar terus bangun jam 12 malem belajar sampai subuh. Dan berapa skor SKD yang gue dapet? Dikit, ga beda jauh sama tahun sebelumnya. Padahal gue rasa gue belajarnya lebih mantep, ya walo gue rank 4 tapi saingan gue pada tinggi nilainya. Tapi gue yang alhamdulillahnya lolos ke SKB ga mau putus asa.
  3. Kurang baik mikroteachingnya. Sampai SKB ada wawancara (ya lumayan bisa dikitlah) dan microteaching yang bagi gue ini harus menunjukkan cara mengajar yang baik. Gue akhirnya pake English saat microteaching karena gue yakin dengan delivering by international language akan memberi poin plus dan membedakan diri gue dengan kandidat lain. Gue bikin PPTnya dulu in English dan menyusun word by word nya dari slide yang ditampilkan. Setelahnya gue hafal dan pahami apa yang gue susun lalu gue latihan ngomong sendiri di cermin, rekaman HP, juga di kamera. Gue lhat rekaman suara dan video sehingga bisa lihat kurangnya dimana (intonasi, kecepatan ngomong, kejelasan ngomong). Gue perbaiki itu sampai hari H tiba. Well, I did it. Entah dikasih nilai berapa sama penguji tapi gue merasa tenang aja.


Pokoknya setelah itu gue terus berdoa dan berdoa. Sampai pengumuman tiba…
Pada waktu itu malem hari pengumuman, gue tahu itu tapi sebelumnya gue dari Jogja sampe rumah habis Isya dan itu bikin capek banget. Gue tidurlah dan terbangun jam 1 pagi langsung lihat web. Benar, pengumumannya udah di-upload. Gue download dan buka..

Deg..deg..deg.. (ini jantungnya udah ga karuan lagi)

Nama gue tertera di peringkat 3 dari 7 orang yang dibutuhkan. Alhamdulillah..Miracle goes to me! Gue lemes bahagia..sampe mau nangis. Akhirnya…keinginan gue balik Jawa tercapai.

Kebayang gak..gue aja sampe ga bisa berkata2. Gue berkaca perjalanan selama 3 tahun terakhir itu sangat menguras energi gue. Dari awal setahunan cari kerja susah setengah mati sampai gue terdampar di Kalsel. Itupun gue masih ngawang2 dan saat daftar PNS disana juga kembali gagal. Tapi, dengan berprasangka baik, evaluasi dan perbaikan diri, gue akhirnya bisa balik Jawa..di tempat yang Alhamdulillah dekat dari rumah dan insya Allah lebih baik (hopefully).

Gue akhirnya tahu bahwa beginilah cara Allah memperjalankan gue di dunia ini…

 Kenapa setelah graduate dari S2 gue cari kerja selama setahun ga dapet2? Itu karena Allah ingin gue belajar sabar karena selama ini gue selalu dapetin yang gue mau. Maka dengan hal itu, gue disabarkan agar gue paham perjuangan. Dulu gue liet temen gue langsung sung dapet kerja, gue iri btw. Tapi gue jadi sering berdoa, sering usaha, dan dapetlah kerja di Kalsel.

Kenapa doa gue gak dikabulkan agar bisa jadi PNS di Kalsel? Ternyata Allah ingin gue menunggu setahun dan doa itu diganti dengan yang lebih baik. Ternyata gue keterima PNS dosennya di Jawa..kembali ke tanah kelahiran, dekat dengan orang tua. Ternyata juga Allah gak mau gue jadi “orang dalam” yang dibantu saat SKB di Kalsel dulu makanya doa ingin jadi PNS di Kalsel ga dikabulin. Allah tahu gue pengennya fair, karena bagi gue ngapain bergantung pada manusia karena gue bisa dengan kemampuan diri gue sendiri. Kalo gue ktrima di Kalsel dulu, akan banyak orang bergosip di belakang gue kalo gue itu jadi PNS karena dibantu, bukan karena kualitas diri. Alhamdulillah, Allah selalu tahu melebihi diri gue apa yang gue butuhkan.

Para pembaca. Ini hanyalah sekelumit kisah yang ingin gue bagikan. Mungkin kalian juga merasa bahwa kalian sedang struggle untuk cari kerja dan hopeless. Percayalah, gue pernah melewati itu semua. Yang bisa kita lakukan adalah berusaha semaksimal mungkin dan sering berdoa. Kalo gagal harus dievaluasi dan diperbaiki. Perbanyak berdoa sehabis shalat, saat turun hujan, saat safar, saat puasa,setelah Tahajjud dan Dhuha, dan waktu2 mustajab lain. Mintalah doa dari siapapun itu utamanya dari ibu karena doa ibu itu sangat mustajab dibanding 1000 wali sekalipun. Perbanyak shalawat juga. Kita tdk tahu doa mana yang akan dikabulkan, kalo kita doanya sedikit ya kemungkinan dikabulkan juga rendah (logika gue sih).

Terakhir, gue pengen sedikit nge-share juga some weapons gue saat kemarin 2018 nyobain CPNS dosen.
  1. Seperti yang gue bilang, belajarrrr. Gue tahu SKD itu untung2an tapi kalo ga belajar dan ga lulus pasti nyesel kan. Belajarlah entah dimanapun itu, kapanpun itu..biar kalo ga lulus sekalipun udah belajar itu ga nyesel2 amat. Belajar itu biar kita terbiasa menghadapi soal, tapi emang gak akan muncul soal latihan di ujian sebenarnya tapi seenggaknya kita paham dan ga grogi menghadapi soal di hari-H.
  2. Berdoa. Ya seperti yang gue bilang tadi ya kudu banyak berdoa minta kekuatan dan kemudahan. Berdoa semoga lolos ke SKB dan bisa jadi kandidiat PNS sampai akhir.
  3. Jika lolos ke SKB, nah ini dia bagian krusialnya. Saat SKB (buat dosen) biasanya wawancara dan microteaching.

a.       Wawancara:
Karena kemarin gue daftar di Kemenag, maka wawancaranya seputar keagamaan (isu2 terkini seperti khilafah, kelompok penganut agama minoritas, persatuan dan kesatuan bangsa kaitannya dengan pemeluk agama yang berbeda dll), seputar bacaan shalat, membaca Alquran, terjemah ayat Alquran dan menulis surat dalam Alquran (pahami dan hapalkan aja menulis surat2 pendek seperti An-Nas, Al-Falaq, Al-Ikhlas), mengartikan surat Al-Fatihah ke dalam bahasa Inggris. Kalo Kemenag emang gini si modelnya. (Btw gue gabisa nerjemahin ayat dan bacaaan shalat ada yang lupa dong #gembeell… saking groginya sih sebel gue. Tapi untungnya lolos juga).

Oke lanjut...Ada juga wawancara terkait model, metode dalam pembelajaran. Bagaimana menghadapi mahasiswa dengan beragam karakteristiknya. Definisi teaching apa. Motivasi menjadi dosen karena apa. (Terkait pembelajaran saat perkuliahan)

Tridarma Perguruan Tinggi juga biasanya ditanyakan. Komitmen setelah jadi dosen, apa kontribusinya bagi PT setelah ketrima dosen dll. (Terkait loyalitas ke institusi). Penting juga pahami visi misi univ tujuan agar ketika menjawab pewawancara bisa menilai bahwa calon dosennya memahami betul univ tsb dan dinilai bisa memajukan bersama

Tips wawacara adalah banyak baca sih kayaknya. Isu2 kayak revolusi industry 4.0 harus paham, isu pendidikan tinggi juga dikuasai. Kita bisa me-list possible qustionsnya kayak apa dan tulislah jawabannya. Bisa jadi bahan belajar menjelang hari-H.

b.      Mikroteacing:
My best advice: do it in English/another international language misal bidangnya bahasa Arab maka mikroteachingnya pakelah bahasa Arab. Berhubung gue jurusannya Biologi maka gue pake English (soalnya bisanya Cuma itu doang sih). Gue udah bilang ya banyak2 praktek biar pas hari-H lancar. Buatlah lesson plan ato RPP, silabus dan perangkat pebelajaran lain entah univnya minta atau engga tapi harus jaga2. Gue pribadi tanpa diminta penguji ngasih lesson plan atas inisiatif diri sendiri. Kalo mau lebih oke, selain PPT pakelah media seperti video atao yang lainnya untuk mendongkrak nilai. Gue gak jadi pake video kala itu karena rupanya waktu mikroteachingnya dibatasin 10 menit aja.

Apa itu cukup? Enggak.

Jadi buat melamar dosen rupanya kalo udah ada pengalaman mengajar itu lebih diutamakan (walo ada juga temen gue gak ada pengalaman blas bisa ketrima). Jalan hidup emang beda2 tapi menurut hemat gue saat jadi mahasiswa kita harus punya rekam CV yang menunjang. Asli gue ga paham dulu saat mahasiswa manfaatnya gue ikut panitia/organisasi, kursus2 English, seminar dll. Rupanya ini akan menjadi senjata yang cukup manjur yang bisa dimasukkan di CV gue buat apply cari kerja. Gue dulu ikut organisasi, pelatihan dan kursus English, jadi asisten dosen, seminar sampai akhirnya gue di Kalsel juga banyak bgt seminar atau workshop yang gue ikutin. Gue sempet ikut juga 1000 Guru di Kalteng dan untuk organisasi professional dosen juga gue ikutin. Itu semua gue masukkan dalam CV dan tak lupa gue cantumin jurnal yang gue publish juga score TOEFL gue. Gue juga masukkan pengalaman kerja gue. CV itu rupanya ditanyakan (di instansi gue ya, gak tahu yang lain. Bisa iya bisa engga, tapi kalo engga ditanyain CV pasti mereka nanya langsung pengalamannya apa aja). Gue yakin aja itu jadi pertimbangan bahwa gue diterima. Jadi sedari awal emang kitanya kudu punya something yang berbeda dari orang lain. Semua sertifikat ada baiknya dikumpulkan biar jadi bukti fisiknya dan disertakan dengan CV. Kalo dulu sih pas diminta perkenalkan diri gue perkenalan dan langsung menyerahkan CV. Menurut hemat gue, tanpa diminta CV kalian kasih aja CV pas perkenalan. "Perkenalkan Pak/Bu nama saya...lulusan...Berikut CV dan dokumen pendukung saya sertakan". Baru kalian jual diri disini misal saya telah publikasi di jurnal terindeks Scopus atau Sinta, saya dapat beasiswa dll. Sampaikan dg bhs yang baik agar tidak terkesan sombong krn bagaimanapun juga status kalian adalah pelamar kerja. Kalau misal ditanya kekurangan kamu apa,maka kalian bisa jelaskan kekurangannya TAPI kalian sambung dengan kalimat yg positif. Misal kekurangan saya yaitu saya gampang terdistract/teralihkan perhatian sy ketika mengerjakan sesuatu NAMUN saya punya komitmen bekerja yang kuat sehingga saya yakin sy bisa mengatasi kekurangan sy terlebih jika sy bisa diterima disini. Sy yakin dengan bimbingan Bapak/Ibu yg senior sy bisa bekerja sama. Btw terkait CV ini pas diwawancarai sih kalo gue dulu.

Nah, Bagaimana dengan orang yang ga punya pengalaman ngajar? Bisa keterima juga kok, kalo itu emang rejekinya pasti keterima aja. Yang jelas tetap harus usaha dan berdoa.

Finally, kalo udah usaha tapi gagal yaa evaluasi dan perbaiki. Berdoa juga minta agar ridha dengan takdir yang dijalani. 

Yakin..Terkadang Memang Sulit Mengerti Takdir Yang Allah Putuskan, Tapi Yakinlah Bersamanya Ada Kebaikan

Begitulah cerita gue dengan segala lika-likunya. Gue sangat bersyukur..Allah sangat baik sekali. Semoga ini bermanfaat bagi yang mau jadi dosen, semoga cita2 kalian terkabul.

Edit 2020
Woww ga nyangka postingan ini banyak yg melihat lebih dari seribuan. I am surprised. Semoga bermanfaat buat pembaca..persiapkan yg terbaik untuk SKB. Ya walo postingan ini mirip ama curhatan tetapi gue berdoa smoga yg sdg usaha tes dosen akhirnya berhasil. Ingat cerita gue ini ya..

Komentar

  1. tks kk saharing nya...gambaran un SKB berikutnya....smg sukses , aamiin

    BalasHapus
  2. Semangat yang mau SKB cpns dosen kemenag. Semoga yang membaca bisa diterima Aamiin

    BalasHapus
  3. S3moga tulisan anda terus bermanfaat untuk banyak orang lainnya

    BalasHapus
  4. thankyou kak sharingnya semoga jadi amal jariyah kakak, aamiin

    BalasHapus
  5. terimakasih orang baik, semoga rezekinya menular untuk kami yang pejuang cpns dosen tahun 2023, aaminn

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ternyata Aku Gak Punya Sidik Jari...

Kali ini aku mau bercerita lagi..Ini berkaitan dengan malangnya nasib yang kualami. Baiklah..aku akan bercerita... Pada suatu ketika...once upon a time...ada sebuah kisah.. kisah yang terlalu pilu untuk diceritakan... ini tentang seseorang yang kehilangan sidik jarinya.. itulah aku.. Nasip oh nasip.... Sebelumnya, knapa aku bikin post ini karena tiba2 aja aku liet tanganku ini. Ceritanya lagi makan pake tangan, eh tiba2 kenangan itu muncul..Jadi ada ide nih buat nge blog. Aku ini orangnya suka milih kalo makan. Aku cenderung gak suka makanan manis2, roti terutama. Ya tapi klo brownies sih mau...iya laaah...masa gak suka brownies,keterlaluan. Pokonya kalo cokelat aku mau, tapi kalo yg lain gak terlalu suka. Makanan idamanku semisal yang asin2 ato gurih2. So, aku ini senengnya kalo ngemil tu keripik2 buka yg roti2 gitu...Saking sukanya sama asin n gurih, makanan macem itu bisa langsung abis sekali aku adepin. Nah.....suatu ketika, aku masih kelas 1 SMP waktu itu. Ke

Resensi Film : TANGLED

Film animasi tahun 2010 ini adalah film animasi yang paling kusuka. Walau udah 2 tahun yang lalu, aku masih sering re-run film ini. Diisi oleh suara milik Mandy Moore dan Zachary Levi membuat film ini semakin berkarakter. Tangled sendiri diartikan sebagai hair (rambut) karena ceritanya memang tentang Rapunzel si Rambut Pirang Ajaib. Rapunzel (Mandy Moore) adalah putri kerajaan yang diculik oleh Gothel si Penyihir (Donna Murphy). Gothel ingin memanfaatkan rambut ajaib Rapunzel agar tetap awet muda. Sementara Rapunzel kecil tidak mengetahui bahwa dia diculik sejak masih bayi. Waktu terus berganti sampai akhirnya Rapunzel akan berumur 18 tahun. Selama hampir 18 tahun, dia selalu melihat cahaya-cahaya yang bersinar dari kejauhan di malam ketika dia berulang tahun.  Mimpi Rapunzel adalah melihat cahaya-cahaya itu dari dekat, namun Gothel tidak pernah mengizinkan dengan alasan banyak orang jahat di luar yang akan memanfaatkan rambut ajaibnya. Sampai suatu saat Rapunzel bertemu