Langsung ke konten utama

Let's Learn Bahasa Indonesia Lesson 3 : How to Make A Questions

Asking is common activity in our daily life. We always use it when we want to know some informations. In sentence, both English and bahasa Indonesia have their own structure.

English :                                                                 Bahasa Indonesia

What do you doing?                                             Apa yang kamu lakukan?
(Q)  (Aux) (S) (V)                                                (Q)          (S)      (V)  

When did he arrive?                                              Kapan dia datang?
(Q) (Aux) (S) (V)                                                  (Q)     (S)  (V)

Where do you live?                                               Dimana kamu tinggal?
(Q)  (Aux) (S) (V)                                                 (Q)        (S)     (V)


You can compare those exsamples. Can you conclude what the difference is? In English, we have auxiliary verb which is put after Question (Q). In bahasa Indonesia, we sometimes have it like the first example. The word "yang" is used to explain the next phrase explaining previous phrase. Let's make it easy, "yang" is a word to connect two phrases. That's the point. Look at the next examples, the second and the third (in bahasa Indonesia) don't need auxiliary verb like in English. We just need S and V after question. It's pretty simple. Besides, bahasa Indonesia doesn't have structure based on the time. In English, we have many structures when the time has changed. So, we must suit the auxiliary verb based on the time we talk about. These are another example about question in bahasa Indonesia :

What---------Apa
When--------Kapan
Where-------Dimana / Darimana
Who---------Siapa
Which--------Yang Mana
Why---------Mengapa
How---------Bagaimana

Daily Conversation

A : Hei, what are they doing
      Hei, apa yang sedang mereka lakukan?
B : I don't know...Who are they? I've never seen them before
     Aku tidak tahu....Siapa mereka? Aku tidak pernah melihat mereka sebelumnya
C : Ooooh..they are my new neighbour. They are playing with the soil
     Ooooh..mereka tetangga baruku. Mereka sedang bermain dengan tanah.
B : Where do they come from?
     Darimana mereka berasal?
C : They come from U.K.
      Mereka dari Inggris
B : When did they arrive?
      Kapan mereka datang?
C : They arrived 2 days ago. Why do you want to know more about them?
      Mereka datang 2 hari yang lalu. Mengapa kamu ingin banyak mengetahui tentang mereka?
A : I know...he likes that girl, don't you?
      Aku tahu... dia menyukai gadis itu, benar kan?
C : Really? Which one?
     Sungguh? Yang mana?
B : Hahaha..How do you know that i like her? She is very beautiful!
     Hahaha...Bagaimana kamu tahu aku menyukai dia? Dia sangat cantik!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ternyata Aku Gak Punya Sidik Jari...

Kali ini aku mau bercerita lagi..Ini berkaitan dengan malangnya nasib yang kualami. Baiklah..aku akan bercerita... Pada suatu ketika...once upon a time...ada sebuah kisah.. kisah yang terlalu pilu untuk diceritakan... ini tentang seseorang yang kehilangan sidik jarinya.. itulah aku.. Nasip oh nasip.... Sebelumnya, knapa aku bikin post ini karena tiba2 aja aku liet tanganku ini. Ceritanya lagi makan pake tangan, eh tiba2 kenangan itu muncul..Jadi ada ide nih buat nge blog. Aku ini orangnya suka milih kalo makan. Aku cenderung gak suka makanan manis2, roti terutama. Ya tapi klo brownies sih mau...iya laaah...masa gak suka brownies,keterlaluan. Pokonya kalo cokelat aku mau, tapi kalo yg lain gak terlalu suka. Makanan idamanku semisal yang asin2 ato gurih2. So, aku ini senengnya kalo ngemil tu keripik2 buka yg roti2 gitu...Saking sukanya sama asin n gurih, makanan macem itu bisa langsung abis sekali aku adepin. Nah.....suatu ketika, aku masih kelas 1 SMP waktu itu. Ke

Pengalaman Lolos Tes CPNS Dosen Kemenag

Yakin..Terkadang Memang Sulit Mengerti Takdir Yang Allah Putuskan, Tapi Yakinlah Bersamanya Ada Kebaikan I am a typical person who tend to get what I want… SD-SMP-SMA-Kuliah S1 dan S2 boleh dibilang lancar jaya.Ya gak jaya mahe amat sih, tapi overall bisa dikatakan sesuai track. Selesai S2 adalah saat dimana gue sadar gue akan bekerja. Bekerja artinya untuk mempersiapkan finansial demi kehidupan yang dijalani dan pekerjaan yang gue cari selama ini adalah dosen. Ini adalah sepenggal pengalaman mencari pekerjaan sebagai dosen yang telah gue jalani.  pengalaman cari kerja Ini adalah first impression saat gue menjejakkan kaki di Kalimantan Selatan, saat akhirnya gue keterima jadi dosen non-PNS.  my first impression Sejak awal daftar di Kalsel niatnya adalah pengen punya pengalaman kerja biar keterima kerja di Jawa karena selama apply kerja di Jawa itu selalu kalah di pengalaman kerja atau kalah ama “orang dalam”. Padahal awal ikut daftar tes dosen non-PNS di kalsel i

Resensi Film : TANGLED

Film animasi tahun 2010 ini adalah film animasi yang paling kusuka. Walau udah 2 tahun yang lalu, aku masih sering re-run film ini. Diisi oleh suara milik Mandy Moore dan Zachary Levi membuat film ini semakin berkarakter. Tangled sendiri diartikan sebagai hair (rambut) karena ceritanya memang tentang Rapunzel si Rambut Pirang Ajaib. Rapunzel (Mandy Moore) adalah putri kerajaan yang diculik oleh Gothel si Penyihir (Donna Murphy). Gothel ingin memanfaatkan rambut ajaib Rapunzel agar tetap awet muda. Sementara Rapunzel kecil tidak mengetahui bahwa dia diculik sejak masih bayi. Waktu terus berganti sampai akhirnya Rapunzel akan berumur 18 tahun. Selama hampir 18 tahun, dia selalu melihat cahaya-cahaya yang bersinar dari kejauhan di malam ketika dia berulang tahun.  Mimpi Rapunzel adalah melihat cahaya-cahaya itu dari dekat, namun Gothel tidak pernah mengizinkan dengan alasan banyak orang jahat di luar yang akan memanfaatkan rambut ajaibnya. Sampai suatu saat Rapunzel bertemu