Langsung ke konten utama

Sekilas Info : Warna Kuku Menunjukkan Kesehatan Tubuh Kita

Suatu struktur yang keras dan melindungi jari kita di permukaan atas adalah kuku. Kuku ini fungsinya untuk ngurek-urek upil, ngulitin ketombe yang ada di kulit kepala, garuk2 kulit yang gatel, dan masih banyak fungsi cetar lainnya. Semua orang pastinya pengen dong punya kuku yang sehat dan indah, Sampe saat ini aja berkembang nails painting yang semakin membuat kuku tampak cantik. Itu lho...kuku yang digambar-gambari bunga, ato objek lainnya, yang pastinya membuat kuku kita tampak cute :).


Kayak gini cute??serem tau!!

Itu modelnya emang gitu..jadi kayak darah beneran kan. Coba aja buka2 google..banyak banget nails yang imut2, jadi sayang kalo digigit..:)

But, did you know that our nails can reveal clues to your health? Beberapa penyakit yang diidap secara serius dapat mempengaruhi warna kuku yang kita miliki...

1. Kuku yang pucat
Tipe ini bisa menunjukkan penyakit anemia, gagal jantung, penyakit hati (sakit hati tidak termasuk ya...),  dan malnutrisi. 

2. Kuku kekuning-kuningan
Paling ringan disebabkan oleh infeksi jamur. Bila infeksi tambah parah, kuku kita bisa menebal dan remuk. 

Oh iya..aku ada cerita soal ini. Dulu temenku juga pernah loh kukunya kena jamur. Cuman warnanya bukan kuning tapi ijo. Jadi dulu temenku cerita bahwa kukunya bisa berfotosintesis. Kami lagi ngobrol2 saat itu dan dia bilang kalo di kukunya ada warna ijo kehitaman, padahal tadinya gak ada. Diapun membuat kesimpulan yang aneh kalo kukunya bisa berfotosintesis karena warna ijo itu adalah klorofil yang entah didapatkan darimana, bisa jadi ada gen klorofil dalam tubuhnya, dan kalo itu benar berarti dia adalah keturunan tumbuhan. Begitulah kawan, obrolan kita sangat geje sekali. Lambat laun warna ijonya nyebar ke seluruh permukaan kuku, dan apa yang terjadi? Kukunya jadi keangkat gitu, maksudnya mau lepas tapi agak kebuka. Istilah bahasa Jawanya "njengat". Tau kan? Jadi bagian bawah kukunya itu keliatan. Dia takut banget dengan kuku anomalinya dan akhirnya memutuskan untuk pergi ke dokter. Beberapa hari kemudian, dia datang ke kampus dengan jari manis yng dibalut perban. Ternyata...oleh dokternya kukunya dioperasi, jadi jari manisnya gak punya kuku. Diapun cerita kalo warna ijo pada kukunya tidak lain adalah jamur, bukan klorofil yang selama ini dibayangkannya...

Lebih lanjut, pada kasus yang jarang, kuku yang kekuningan mengindikasikan penyakit pada thyroid, paru-paru, diabetes, dan psoriasis (semacam penyakit kulit yang serius).

3. Kuku putih
Bila kuku berwarna putih disertai dengan lingkaran-lingkaran hitam, maka besar kemungkinan ada masalah pada hati seperti hepatitis. Selain itu, warna kuku juga dapat menjadi kuning yang merupakan indikasi terjadinya problem pada hati.

4. Kuku yang berbintik-bintik
Bila permukaan kuku berbintik-bintik, maka ini merupakan awal tanda dari psoriasis dan radang sendi. Perubahan warna pada kuku ini umum. Warna kulit di bawah kuku terlihat coklat kemerah-merahan.

Nah...itu sedikit dari info yang kuketahui. Kuku yang sehat biasanya berwarna agak2 pink. Jadi kalo kukumu mengalami gejala yang sama dengan penjelasan di atas, cobalah check kesehatannya. The faster you recognize, the better its solution.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEKANISME KONTRAKSI DAN RELAKSASI OTOT

Filamen aktin biasanya berhubungan dengan myosin yang mana bertanggung jawab untuk berbagai pergerakan sel. Myosin adalah prototipe dari penggerak molekuler - sebuah protein yang mengubah energi kimia dalam bentuk ATP menjadi energi gerak yang menghasilkan kekuatan dan pergerakan. Kebanyakan pergerakan umumnya adalah kontraksi otot yang memberi model untuk memahami interaksi aktin dan myosin dan aktivitas penggerak dari molekul myosin. Bagaimanapun juga, interaksi aktin dan myosin tidak hanya bertanggung jawab pada kontraksi otot tetapi juga untuk berbagai pergerakan sel non otot termasuk pembelahan sel. Sehingga interaksi diataranya memerankan peran yang penting di biologi sel. Lebih jauh, sitoskeleton aktin bertanggung jawab untuk pergerakan lambat sel menyeberangi permukaan yang terlihat digerakkan secara langsung oleh polimerisasi aktin dengan baik oleh intreaksi aktin - myosin. 1.Pendahuluan Sel otot merupakan sel yang terspesialisasi untuk satu tugas, kontraksi dan spesialisasi in…

PERKECAMBAHAN SERBUK SARI

LAPORAN PRAKTIKUM REPRODUKSI DAN EMBRIOLOGI TUMBUHAN PERKECAMBAHAN SERBUK SARI
Disusun Oleh : Kelompok 4 Pendidikan Biologi Subsidi 1.Hafidha Asni Akmalia            (08304241003) 2.Tuttus Sufi Kusuma LPS.       (08304241022) 3.Riza Sativani Hayati   (08304241029) 4.Nur Hidayah                           (08304241030) 5.Titis Nindiasari A.                   (08304241036)


JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2010 A.TUJUAN Mengamati serbuk sari yang berkecambah secara in vitro
B.DASAR TEORI Serbuk sari (pollen grain) adalah sebuah sel hidup yang berisi sel kelamin jantan pada bunga (mempunyai protoplasma) yang terbungkus oleh dinding sel. Dinding serbuk sari terdiri atas dua lapisan yaitu di bagian luar yang tebal dan keras disebut lapisan eksin dan sebelah dalam tipis seperti selaput disebut  intin. Pada permukaan eksin terdapat celah atau pori yang disebut apertura yang dapat digunakan oleh serbuk sari untuk jalan keluarnya buluh serbuk …

SISTEM EKSKRESI PEMERIKSAAN PROTEIN DALAM URINE DAN PEMERIKSAAN GLUKOSA DALAM URINE

SISTEM EKSKRESI PEMERIKSAAN PROTEIN DALAM URINE DAN PEMERIKSAAN GLUKOSA DALAM URINE


Disusun oleh :  Hafidha Asni Akmalia 08304241003
JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Proses pembentukan urine beberapa tahapan, yaitu filtrasi glomeruler, reabsorspsi tubuler dan sekresi tubuler. Filtrasi merupakan perpindahan cairan dari glomerulus ke tubulus melewati membran filtrasi yang terdiri dari tiga lapisan yaitu sel endhotel glomerulus, membran basalis dan epitel kapsula bowman. Filtrasi terjadi karena adanya perbedaan tekanan antara kapiler glomerulus dengan tubulus. Filtrasi menghasilkan ultrafiltrat yang mengandung air, garam anorganik,glukosa, asam amino, urea, asam urat, kreatinin dan tidak mengandung sel darah merah. Reabsorpsi tubuler adalah prpindahan cairan dari tubulus renalis ke kapiler peritubuler. Proses reabsorpsi bersifat selektif tergantung kebutuhan tubuh pada senyawa yang terdapat pada ultrafiltrat. Glukosa direa…