Langsung ke konten utama

Let's Learn Bahasa Indonesia Lesson 4 : Slang Terms

English has slang terms, it is usually used in informal conversation. Sometimes, it doesn't follow the right rules.   In bahasa Indonesia, we also have it. Slang terms in bahasa Indonesia develop from the origin term. Now, our adolescents often make a new slang and it is very pupular especially when they are in conversation. You can open their accounts in facebook or twitter and you'll find many slang terms. And some of them is very hyperbole, so we call it by "bahasa alay". These terms are not used in both formal conversation and writing lesson because they are not available in Kamus Besar Bahasa Indonesia. Okay, check the example :

"Gue" term comes from bahasa Betawi, one of local language in Indonesia, which is used firstly in Jakarta. It refers to "Saya or Aku " (English : I (S), me (object) ). Soon, this term spreads quickly and i often hear the rural people say this term.

e.g. :  Formal Term (F) :  Nama saya (or namaku) Lullu ----> English : My name is Lullu
         Informal Term (I) : Nama gue Lullu

"Elo" means kamu, Anda. It is also written by "Lu", " Elu", or " Lo". (E : You)

e.g. : F : Kamu dan aku satu kelompok. ----> English : You and I are in the same team.
         I : Elu dan gue satu kelompok

"Bokap-Nyokap" mean Ayah-Ibu (E : Father-Mother)

e.g. :  F : Ayah dan Ibu saya pergi ke pasar ----> English : My father and my mother go to market
          I : Bokap dan nyokap gue pergi ke pasar

"Cowok-Cewek" mean Pria-Wanita or Laki-laki - Perempuan (E : Boy and Girl) 

e.g. : F : Perempuan itu istri laki-laki itu ---> E : The girl is the boy's wife.
        I : Cewek itu istri cowok itu

"Nggak" means tidak (E : not)

e.g. : F : Aku tahu kamu tidak belajar -----> E : I know you don't study
         I : Gue tahu elo nggak belajar

Those examples is usually used in our daily speaking, but we use it when we talk to our friend, not to our teacher or another older pepole. But, if you know them very well and they are not angry with this kind of conversation, never mind. You can use it like you do with your friends.

Now, I'll give some "alay" terms :

First :
Giving support to the friend : We can say :"Cemungut". It means Semangat! (E : Fighting)

e.g. : F : Semangat, kakak! -----> E : Fighting, brother!
        I : Cemungut, kakak !

Sometimes, cemungut is written with the combination between letter and number. That's why we call this kind of slang by "alay" term. This term is modified by the "alayers" (person using "alay" terms) and they often add another letters based on their feeling. But, the meaning is still same. Check it :

Cemungut ---> cemunguuuudh ------> c3mungudz

They come from one word "Semangat". "Semangat" evolves to cemungut, cemunguuuuudh, or c3mungudz.

The sedond :
"Banget" means Sangat (or Sekali -- based on how to writing it in a sentence) (E : It is similar to -- very)

e.g. : F : Kamu cantik sekali or Kamu sangat cantik. -----> E : You are very beautiful.
         I  : Elo cantik banget

This term is like "cemungut" written with the combination or added with another letters.

Banget ----> beudh ----> b4n93tz

The third :
"Ciyus" means serius ( E : serious). This term is usually used to ask or to confirm something/event.

e.g. : F : Hah? Dia sakit? Serius? ----> E : Hah? Is she sick? Are you being serious?
         I : Hah? Dia sakit? Ciyus?

Another terms is more hyperbole than those examples such as "Miapah?" comes from Demi apa? (I think in English it is like asking a reason : What is the reason?...something like that). " Enelan?" comes from Beneran? (E : Is it right?). There are many slang terms in bahasa Indonesia and some of them is created by the alayers. I suppose they are very creative and ambitious person planning the new Indonesia with their new grammar and finally the new language is born. At that time, bahasa Indonesia will be extinct. So, we must save ourselves from their cruel raid and use bahasa Indonesia based on the rules. Cemunguuut eeaaahhh :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ternyata Aku Gak Punya Sidik Jari...

Kali ini aku mau bercerita lagi..Ini berkaitan dengan malangnya nasib yang kualami. Baiklah..aku akan bercerita... Pada suatu ketika...once upon a time...ada sebuah kisah.. kisah yang terlalu pilu untuk diceritakan... ini tentang seseorang yang kehilangan sidik jarinya.. itulah aku.. Nasip oh nasip.... Sebelumnya, knapa aku bikin post ini karena tiba2 aja aku liet tanganku ini. Ceritanya lagi makan pake tangan, eh tiba2 kenangan itu muncul..Jadi ada ide nih buat nge blog. Aku ini orangnya suka milih kalo makan. Aku cenderung gak suka makanan manis2, roti terutama. Ya tapi klo brownies sih mau...iya laaah...masa gak suka brownies,keterlaluan. Pokonya kalo cokelat aku mau, tapi kalo yg lain gak terlalu suka. Makanan idamanku semisal yang asin2 ato gurih2. So, aku ini senengnya kalo ngemil tu keripik2 buka yg roti2 gitu...Saking sukanya sama asin n gurih, makanan macem itu bisa langsung abis sekali aku adepin. Nah.....suatu ketika, aku masih kelas 1 SMP waktu itu. Ke

Pengalaman Lolos Tes CPNS Dosen Kemenag

Yakin..Terkadang Memang Sulit Mengerti Takdir Yang Allah Putuskan, Tapi Yakinlah Bersamanya Ada Kebaikan I am a typical person who tend to get what I want… SD-SMP-SMA-Kuliah S1 dan S2 boleh dibilang lancar jaya.Ya gak jaya mahe amat sih, tapi overall bisa dikatakan sesuai track. Selesai S2 adalah saat dimana gue sadar gue akan bekerja. Bekerja artinya untuk mempersiapkan finansial demi kehidupan yang dijalani dan pekerjaan yang gue cari selama ini adalah dosen. Ini adalah sepenggal pengalaman mencari pekerjaan sebagai dosen yang telah gue jalani.  pengalaman cari kerja Ini adalah first impression saat gue menjejakkan kaki di Kalimantan Selatan, saat akhirnya gue keterima jadi dosen non-PNS.  my first impression Sejak awal daftar di Kalsel niatnya adalah pengen punya pengalaman kerja biar keterima kerja di Jawa karena selama apply kerja di Jawa itu selalu kalah di pengalaman kerja atau kalah ama “orang dalam”. Padahal awal ikut daftar tes dosen non-PNS di kalsel i

Resensi Film : TANGLED

Film animasi tahun 2010 ini adalah film animasi yang paling kusuka. Walau udah 2 tahun yang lalu, aku masih sering re-run film ini. Diisi oleh suara milik Mandy Moore dan Zachary Levi membuat film ini semakin berkarakter. Tangled sendiri diartikan sebagai hair (rambut) karena ceritanya memang tentang Rapunzel si Rambut Pirang Ajaib. Rapunzel (Mandy Moore) adalah putri kerajaan yang diculik oleh Gothel si Penyihir (Donna Murphy). Gothel ingin memanfaatkan rambut ajaib Rapunzel agar tetap awet muda. Sementara Rapunzel kecil tidak mengetahui bahwa dia diculik sejak masih bayi. Waktu terus berganti sampai akhirnya Rapunzel akan berumur 18 tahun. Selama hampir 18 tahun, dia selalu melihat cahaya-cahaya yang bersinar dari kejauhan di malam ketika dia berulang tahun.  Mimpi Rapunzel adalah melihat cahaya-cahaya itu dari dekat, namun Gothel tidak pernah mengizinkan dengan alasan banyak orang jahat di luar yang akan memanfaatkan rambut ajaibnya. Sampai suatu saat Rapunzel bertemu