Langsung ke konten utama

Mulutmu, Harimaumu









Belakangan ini banyak cerita nih. Kali ini cerita gue kesel..jengkel malah kalo keinget suatu kejadian itu. Jadi gue pernah kerja. Anggaplah gue kerja di bagian perkomputeran di divisi ketik sana ketik sini. Jadi gue adalah anak baru di situ. Sebagai anak baru, jelaslah gue kenalan dan pertama kali kenalan adalah sama seorang bapak yang ramah. Singkat cerita bapak ini intinya gue nilai orang baik yang humble, down to earth, dan religius. Gimana gak religius…gelarnya elce..lulusan c**** boooookkkk. Sebut saja dia adalah pak elce. Sampe suatu ketika..gue masuk ruangan. Nah, ruangan divisi tempat kerjgue ada dua bagian, yang pertama letaknya di depan dan satunya agak masuk ke dalam. Gue dapet ruangan di depan mulanya. Pas gue masuk, tumben banget ada temen cewek yang masuk duluan padahal biasanya dia telat. “Wah tumben uda masuk,”katgue. “Iya heheh,”cengengesan. Gue kira dia di ruangan itu sendiri eh ternyata di ruangan yang agak masuk ke dalam itu uda ada bapak elce. Heranlah gue. Ada temen cewek gue..dan pak elce ini di ruangan dalam lagi mainin hape. Padahal kan pak elce ruangannya di depan…seruangan sama gue dan temenku itu. Ngapain dia di dalam..gak biasanya sih, batin gue. Mendadak gue tertegun. Ya!! Itu alasannya. Seperti yang gue bilang, pak elce adalah orang yang religius. Alasan dia kok ada di ruangan dalam adalah karena dia tidak mau berduaan dengan temen cewek gue itu. Makanya dia masuk ke dalam sembari menanti yang lainnya. Oh..ini nih. Gue jadi ngerti kenapa dia tuh sebelumnya selalu nengok ke ruangan dalam sebelum duduk di mejanya yang jejeran sama gue. Rupanya dia memastikan apakah ada orang di ruangan dalam karena dia tidak mau hanya berdua dengan lawan jenis. Kalo ada gue datang duluan maka dia selalu nengok ke ruangan dalam. Pada waktu itu gue gak ngeh. Ternyata setelah kejadian dengan temen gue itu jadi tahu gue. Bagi gue pribadi sih, kalo gue ya ga masalah toh kita kan juga kerja. Lagian gue sama pak elce kalo di ruangan jaranggggggg banget ngobrol. Gue lho bisa banget ngobrol sama orang di divisi lainyang kadang mampir. Ato ngobrol sama bapak-bapak lain di ruangan dalam. Entah sama pak elce ini gue agak ga sreg.

Melihat hal itu, gue jadinya lebih aware kalo dia datang duluan pasti gue cek ruangan dalam apa ada orang ato gak. Kalo ada orang ya gue masuk tapi kalo gak ada orang gue tunggu dulu di luar…tunggu ada temen baru barengan masuk. Habis itu ada kejadian telpon bordering. Pak elce angkat tu telpon dan setelah nutup dia menuju ruang atasan. Balik ke ruangan dia pun bilang ke gue ,” Tolong ya telponin ibu X, beri konfirmasi kalo atasan gak bisa hadir..soalnya (kalian) sesama perempuan,” katanya. Mendengar hal itu gue berasa zonk. Whattttttttt..paling juga nelpon ke ibu2 itu ga mau? Alesannya karena gue sesama perempuan jadi  harus gue gitu? Gue tahu maksud dia adalah menghindari telepon berdua dengan lawan jenis makanya nyuruh gue. Tapi kan yaa….ini kan masalah kerja..bukan masalah yang aneh2..yah segitunya siihhh.. sampe heran gue. Mulai dari sinilah gue kurang suka dengan dia. Beberapa kejadian setelah itu juga membuat gue kurang nyaman..dan membuat gue harus berdiam diri. Tiap kali ketemu gue cuma diem, papasan di jalan juga diem..males gile ketemu tu orang. Untungnya gue akhire dipindah di ruangan sebelah dalam..gak lagi sama pak elce. Alhamdulillah..

Sampai akhirnya di suatu siang gue lagi ngerjain..ketak-ketik di komputer. Gak ada angin gak ada ujan..tiba2 pak elce tanyalah ke gue. “Mba..mba ikut organisasi XXX? (FYI: organisasi ini masuk dalam kategori radikal oleh pemerintah)” tanyanya. Jangan tanya muka gue gimana..kecut banget..asem nih orang. Wadehel..emang gue ada gitu mukak2 radikal..mukak2 teroris? Gue sampe spicles dengernya. Trus ya dia tanya, dlu pas kuliah ikut taklim2 ga? Gue jawablah yah ada semacam taklim tapi cuma setahun doang. Lhaaa…habis itu dia tanya lagi..itu alirannya apa? Huwaatttt…demi apa gue denger tuh pertanyaan gak mutu. Si bapak ini kayak lagi menginvestigasi gue. Gue tau kalo dia tu tau agama gue ga kuat2 amat..makanya dia nanya2 mulu. Dikirain gue ikut aliran kagak bener ato apa. Ya Allah gue sakit ati banget digituin..

Kejadian terakhir ini bikin gue menyadari satu hal. Manusia itu ga sempurna. Kadang kita lihat ada orang baik..tapi yang namanya manusia kadang khilaf. Pak elce gue nilai demikian. Sebenere baik sih..tapi akumulasi kejadian yang ga hanya sekali dua kali bikin gue mikir..sebaik-baiknya orang pasti ada aja salahnya. Kayak dia..ngomong ga tepat yang bikin gue sakit ati. Makanya..mulutmu harimaumu. Kita kadang ga nyadar kalo ucapan kita nyakitin hati orang. Gue berdoa semoga gue gak gitu. Semoga Allah menjaga gue dan menutup aib2 gue di dunia atau di akherat kelak. Gue pun bakal meniru apa yang baik2 dari seseorang..yang jelek2 gak gue tiru. Pokoknya gue sekarang uda males kalo ngomong sama dia..kalo gak penting2 banget gue ga ngomong. Tapi sekarang sih gue uda mulai lupain tu kejadian…semoga deh gue kesini2 dapet pelajaran hidup dari Allah biar lebih ngerti how to be a good person. Amen

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ternyata Aku Gak Punya Sidik Jari...

Kali ini aku mau bercerita lagi..Ini berkaitan dengan malangnya nasib yang kualami. Baiklah..aku akan bercerita... Pada suatu ketika...once upon a time...ada sebuah kisah.. kisah yang terlalu pilu untuk diceritakan... ini tentang seseorang yang kehilangan sidik jarinya.. itulah aku.. Nasip oh nasip.... Sebelumnya, knapa aku bikin post ini karena tiba2 aja aku liet tanganku ini. Ceritanya lagi makan pake tangan, eh tiba2 kenangan itu muncul..Jadi ada ide nih buat nge blog. Aku ini orangnya suka milih kalo makan. Aku cenderung gak suka makanan manis2, roti terutama. Ya tapi klo brownies sih mau...iya laaah...masa gak suka brownies,keterlaluan. Pokonya kalo cokelat aku mau, tapi kalo yg lain gak terlalu suka. Makanan idamanku semisal yang asin2 ato gurih2. So, aku ini senengnya kalo ngemil tu keripik2 buka yg roti2 gitu...Saking sukanya sama asin n gurih, makanan macem itu bisa langsung abis sekali aku adepin. Nah.....suatu ketika, aku masih kelas 1 SMP waktu itu. Ke

Pengalaman Lolos Tes CPNS Dosen Kemenag

Yakin..Terkadang Memang Sulit Mengerti Takdir Yang Allah Putuskan, Tapi Yakinlah Bersamanya Ada Kebaikan I am a typical person who tend to get what I want… SD-SMP-SMA-Kuliah S1 dan S2 boleh dibilang lancar jaya.Ya gak jaya mahe amat sih, tapi overall bisa dikatakan sesuai track. Selesai S2 adalah saat dimana gue sadar gue akan bekerja. Bekerja artinya untuk mempersiapkan finansial demi kehidupan yang dijalani dan pekerjaan yang gue cari selama ini adalah dosen. Ini adalah sepenggal pengalaman mencari pekerjaan sebagai dosen yang telah gue jalani.  pengalaman cari kerja Ini adalah first impression saat gue menjejakkan kaki di Kalimantan Selatan, saat akhirnya gue keterima jadi dosen non-PNS.  my first impression Sejak awal daftar di Kalsel niatnya adalah pengen punya pengalaman kerja biar keterima kerja di Jawa karena selama apply kerja di Jawa itu selalu kalah di pengalaman kerja atau kalah ama “orang dalam”. Padahal awal ikut daftar tes dosen non-PNS di kalsel i

Resensi Film : TANGLED

Film animasi tahun 2010 ini adalah film animasi yang paling kusuka. Walau udah 2 tahun yang lalu, aku masih sering re-run film ini. Diisi oleh suara milik Mandy Moore dan Zachary Levi membuat film ini semakin berkarakter. Tangled sendiri diartikan sebagai hair (rambut) karena ceritanya memang tentang Rapunzel si Rambut Pirang Ajaib. Rapunzel (Mandy Moore) adalah putri kerajaan yang diculik oleh Gothel si Penyihir (Donna Murphy). Gothel ingin memanfaatkan rambut ajaib Rapunzel agar tetap awet muda. Sementara Rapunzel kecil tidak mengetahui bahwa dia diculik sejak masih bayi. Waktu terus berganti sampai akhirnya Rapunzel akan berumur 18 tahun. Selama hampir 18 tahun, dia selalu melihat cahaya-cahaya yang bersinar dari kejauhan di malam ketika dia berulang tahun.  Mimpi Rapunzel adalah melihat cahaya-cahaya itu dari dekat, namun Gothel tidak pernah mengizinkan dengan alasan banyak orang jahat di luar yang akan memanfaatkan rambut ajaibnya. Sampai suatu saat Rapunzel bertemu