Langsung ke konten utama

Selayang Pandang Kota Cimahi



Kota Cimahi, siapa yang tak mengenalnya? Menilik dari namanya bisa ditebak kota ini adalah bagian dari Provinsi Jawa Barat. Kota yang masih tergolong usia bayi ini telah melalui sebuah perjalanan yang panjang dan berlika-liku hingga dapat berdiri menjadi kota otonom. Seperti apa masa lalu dan masa kini kota Cimahi? Simak penjelasan berikut ini.

Sejarah Kota Cimahi
Kota Cimahi merupakan sebuah kota yang terletak diantara 107 0 30’ 30สบ BT – 107 0 34’ 30” dan 6 0 50’ 00” – 6 0 56’ 00” LS. Kota seluas 40,2 kilometer persegi ini berjarak sekitar 11 km di sebelah barat kota Bandung. Dahulu kota Cimahi merupakan salah satu kota yang dilewati proyek kerja paksa pembuatan jalan Anyer-Panarukan tahun 1811 yang digagas oleh Herman Willem Daendels, dengan pos penjagaan (Logi) berada di alun-alun kota Cimahi sekarang. Semula, kota Cimahi adalah bagian dari kabupaten Bandung Utara, namun pada tanggal 29 Januari 1976, status Cimahi ditingkatkan menjadi kota administratif pertama di Jawa Barat berdasarkan PP No 29 Tahun 1975. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa  Cimahi memiliki persyaratan-persyaratan yang memenuhi kriteria peningkatan status suatu wilayah, diantaranya berkembangnya sektor industri Cimahi, terdapatnya pusat-pusat pendidikan militer, dan adanya sumber daya manusia yang baik. Sejak berdiri, kota Cimahi telah menunjukkan pertumbuhan yang cukup pesat, karena letak geografisnya yang berbatasan langsung dengan kota Bandung. 25 tahun kemudian tepatnya tahun 2001, kota administratif Cimahi ditetapkan menjadi kota otonom berdasarkan ketetapan UU No 9 Tahun 2001 tentang Pembentukan Kota Cimahi yang disahkan dan diundangkan pada tanggal 21 Juni 2001 oleh presiden Abdurrahman Wahid dengan wilayah yang terdiri dari 3 kecamatan dan 15 kelurahan. Jadi, bila kita hitung bersama, umur kota Cimahi sekarang barulah 12 tahun. Umur yang sangat muda untuk ukuran sebuah kota. Namun demikian, kota Cimahi tak kalah dengan kota-kota lainnya yang memiliki ciri khas tersendiri. Banyak orang menyebutnya dengan Kota Hijau dan Kota Tentara. Ada apa di balik arti penamaan tersebut?



Kota Hijau dan Kota Tentara

Julukan terkenal kota Cimahi adalah Kota Hijau. Hijau disini bukan melambangkan pohon, melainkan mengacu pada warna seragam TNI Angkatan Darat. Mengapa bisa demikian? 60 % wilayah kota Cimahi digunakan oleh tentara melalui berdirinya bangunan-bangunan dan fasilitas kemiliteran. Sehingga dengan banyaknya tentara yang bertugas di kota Cimahi, nama Kota Hijau pun disematkan padanya. Selain itu, kota Cimahi juga dikenal sebagai Kota Tentara karena terdapat fasilitas-fasilitas untuk tentara. Bangunan yang merupakan jaringan instansi militer di kota Cimahi yaitu :

- Pusat Persenjataan Artileri (PUSSENART)
- Pusat Pendidikan Artileri Medan (PUSDIKARMED)
- Pusat Pendidikan Peralatan (PUSDIKPAL)
- Pusat Pendidikan & Angkutan (PUSDIKBEKANG)
- Pusat Pendidikan Polisi Militer (PUSDIKPOM)
- Pusat Pendidikan Guru Militer & Pelatih Militer (PUSDIKGUMIL)
- Pengetahuan Militer Umum (PANGMILUM)

Selain itu juga dibangun tempat-tempat bersejarah yang mendukung kegiatan militer lain kota Cimahi diantaranya Pusat Pendidikan Jasmani Militer (PUSDIKJAS), BENGMATRI, Rumah Tahanan Militer Poncol, RS Dustira, Kolam Renang Katak Riang, dan Stadion Sangkuriang Cimahi.

Sebenarnya sangat besar peluang kota Cimahi untuk mengadakan paket wisata militer yang tidak dimiliki oleh kota lain. Jika memang dapat diwujudkan, maka kota Cimahi dapat memberikan informasi dan pengetahuan militer kepada masyarakat umum. Dengan paket wisata militer, maka wawasan masyarakat tentang dunia kemiliteran Indonesia dapat bertambah. Paket wisata militer dapat berupa perjalanan kunjungan ke fasilitas kemiliteran atau wisata yang menghibur seperti permainan ala kemiliteran yang dapat menmberikan pengalaman dan tantangan baru.

Kota Cimahi seperti halnya kota-kota lain, memiliki destinasi wisata yang khas diantaranya wisata budaya di Kampung Adat Cirendeu, wisata alam di Ciseupan, dan wisata kuliner. Beikut ini ulasan tempat-tempat wisata tersebut.

Wisata Budaya

Kampung Adat Cirendeu sudah sangat terkenal terlebih bagi masyarakat Provinsi Jawa Barat. Kampung ini terletak di lembah gunung Kunci, gunung Cimenteng, dan gunung Gajahlangu. Secara administratif, Kampung Adat Cirendeu terletak di kelurahan Leuwigajah, kecamatan Cimahi Selatan, kota Cimahi.


Tentunya kita semua tahu apa yang dinamakan dengan kampung adat. Kampung adat tidak lain adalah sebuah kampung/desa yang penduduknya masih memelihara tradisi lama yang telah mengakar di kehidupan mereka sebagai warisan dari leluhur terdahulu. Begitu pula dengan Kampung Adat Cirendeu yang masih setia untuk melestarikan budaya nenek moyang.

Kesenian Budaya Kampung Adat Cirendeu ; Sumber http://www.cireundeu.org/

Kampung adat ini mengajarkan pada kita orang Indonesia tentang nilai-nilai kearifan lokal melalui filosofi kehidupannya. Sebagai contoh mereka mengajarkan pada kita tentang sifat tidak mau bergantung/selalu mencari alternatif melalui makanan pokoknya, yakni singkong racun. Pengalaman hidup yang dialami tetua mereka dahulu dalam kegagalan menanam padi memberikan pelajaran bahwa bahaya kelaparan harus dihindari dengan cara mencari alternatif bahan pangan selain beras. Sehingga, singkong racun pun dipilih menjadi makanan pokok sehari-hari. Ketekunan dan kesabaran mereka dalam berjuang menyikapi hidup patut menjadi contoh. Kampung Adat Cirendeu sebagai bagian dari masyarakat kota Cimahi telah memberikan citra positif kota Cimahi di mata masyarakat kota lain. Tak heran, banyak orang yang tertarik untuk meneliti kampung adat ini baik tentang adat istiadatnya, budaya, kesenian, bahkan tentang bagaimana mereka menjadikan singkong racun sebagai makanan pokoknya. Kampung Adat Cirendeu telah menjadi ikon wisata budaya kota Cimahi yang unik sehingga banyak dikunjungi oleh orang-orang. Keramahtamahan dan keterbukaan warga Kampung Adat Cirendeu menjadikan para pengunjung betah dan senang. Tak hanya dapat melihat tata cara hidup dan kebiasaan warga kampung adat, para pengunjung dapat belajar banyak hal tentang nilai-nilai kehidupan dari mereka. Maka, sangat beruntunglah kota Cimahi memiliki masyarakat Kampung Adat Cirendeu. Benar-benar masyarakat yang berguna bagi masyarakat lain pada umumnya dan kota Cimahi sendiri khusunya.

Wisata Alam dan Kuliner

Wisata alam kota Cimahi yakni Ciseupan yang terletak di kecamatan Cimahi Selatan.

Wisata Alam Ciseupan ; Sumber : http://www.cimahikota.go.id/

Kegiatan olahraga alam seperti bersepeda, outbound, off road, ataupun flying fox menjadi daya tarik tersendiri ditunjang dengan pemandangan alamnya yang indah. Objek wisata lain yakni Wisata Tirta Cimahi yang banyak terdapat kolam renang dan pemancingan. Bagi para traveller yang menyukai wisata alam dan ingin menikmati serunya memancing, maka kota Cimahi adalah pilihan yang tepat untuk dicoba. Bagi para pecinta kuliner, jajanan khas kota Cimahi seperti Dendeng Jantung Pisang (Denjapi), Paru Daun Singkong, Keripik Binahong, Kue Semprong, Comring, Keripik Kencur akan memanjakan lidah Anda.

Salah satu jajanan khas bernama Denjapi ; Sumber : http://diskopindagtan-cimahi.web.id/index.php?canals=event&acts=rss&ids=11

Kota Cimahi memang komplit menyediakan semua yang diinginkan wisatawan. Menarik bukan? Jadi pembaca, kota Cimahi sedang menanti Anda untuk berbagi pengalaman melalui wisata-wisatanya yang menyenangkan :)

Kota Cimahi : Yang Muda Yang Berprestasi

Walaupun umur kota Cimahi baru seumur jagung, 12 tahun, namun jangan salah karena kota muda ini memiliki segudang prestasi di tingkat Provinsi, Nasional, dan Internasional seperti yang tertulis dalam daftar di link berikut ini. Penghargaan-penghargaan yang diterima di bidang pengelolaan air limbah, penataan permukiman kumuh, bidang sampah dan lingkungan bersih menunjukkan bahwa kota Cimahi berkomitmen untuk berkontribusi dalam menggalakkan lingkungan sehat bagi masyarakat. Dengan demikian, kota CImahi patut dijadikan contoh bagi kota-kota lain untuk turut serta peduli terhadap lingkungan sekitar. Tidak hanya itu saja, penghargaan di bidang pendidikan dari World Bank, Pemerintah Kerajaan Belanda, Pemerintah Norwegia, dan EE Net Asia untuk Program Menuju Inklusi pada tahun 2007 membuktikan bahwa kota Cimahi sangat peduli terhadap pendidikan masyarakatnya khususnya mereka yang berkebutuhan khusus. Dalam hal ini, kota Cimahi sangat bertanggungjawab terhadap amanat UUD 1945 pasal 31 ayat 1 bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan, tak terkecuali masyarakat berkebutuhan khusus. Masih banyak prestasi-prestasi kota Cimahi lainnya yang membanggakan. Sungguh, banyak hal yang dapat dipelajari dan dicontoh dari kota Cimahi ini.

HUT Kota Cimahi ke-12

Sekarang ini, kota Cimahi sedang mempunyai hajatan besar untuk menyambut Hari Ulang Tahunnya yang ke-12.Salah satunya yaitu mengadakan Lomba Menulis khusus untuk Siswa SMU Se- Kota Cimahi dan Lomba Blog untuk Mahasiswa/Umum tentang kota Cimahi. Pada dasarnya, lomba ini ditujukan untuk menyemarakkan HUT kota Cimahi yang jatuh pada tanggal 21 Juni nanti dan mempromosikan kota Cimahi lewat tulisan-tulisan karya para peserta. Menurut pandangan saya sendiri sebagai penulis, kota Cimahi secara tidak langsung telah turut memajukan dunia kepenulisan Indonesia dengan cara memberikan wadah kepenulisan melalui lomba ini. Peserta dapat mengasah kemapuan menulisnya dalam memberikan opini atau pengalaman pribadi seputar kota Cimahi. Penyelenggaraan lomba menulis ini diharapkan dapat memunculkan kreativitas para penulis dan mendorong semangat serta rasa percaya diri untuk menulis. Saya kira ini merupakan suatu hal yang baik untuk diapresiasi dan dicontoh oleh kota-kota lain mengingat tidak banyak kota yang mengadakan lomba menulis dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahunnya karena event yang biasa digelar adalah pawai dan sejenisnya. Lomba menulis ini sangat edukatif dan bermanfaat bagi semua pihak tak hanya kota Cimahi saja melainkan juga para penulis. Untuk itu, semoga dalam ulang tahun berikutnya kota Cimahi dapat menggelar lomba serupa atau lomba-lomba lain yang sarat akan kebermanfaatannya yang dapat dibagi pada masyarakat Indonesia umumnya. Semoga, di Hari Jadi kota Cimahi yang ke-12 ini dapat menjadi momentum untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, dapat mengayomi semua masyarakat kota Cimahi, dan menjadi kota yang memberikan panutan serta teladan bagi kota-kota lain. Selamat Ulang Tahun, kota Cimahi. Salam persahabatan dari Yogyakarta :)


Sumber :

http://www.cimahikota.go.id/
http://www.cireundeu.org/
http://www.disparbud.jabarprov.go.id/wisata/fupload/Sekilas%20Sejarah%20Cimahi%20-%20pdf.pdf
http://www.disparbud.jabarprov.go.id/wisata/fupload/Profil%20Kota%20Cimahi%20-%20pdf.pdf
http://www.disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=1033&lang=id
http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/564/jbptunikompp-gdl-yuliusangg-28175-2-unikom_y-i.pdf
http://repository.upi.edu/operator/upload/s_pkn_0705830_chapter1.pdf
http://www.ristek.go.id/index.php/module/News+News/id/13123

Tulisan ini diikutsertakan dalam Cimahi Blog Competition

Yogyakarta, 22 Mei 2013

          Salam,


Hafidha Asni Akmalia

Komentar

  1. Infonya bagus gan buat nambah pengetahuan tentang sejarah kota cimahi. semoga kota cimahi semakin maju dalam segalahal.

    BalasHapus

Posting Komentar

Pos populer dari blog ini

MEKANISME KONTRAKSI DAN RELAKSASI OTOT

Filamen aktin biasanya berhubungan dengan myosin yang mana bertanggung jawab untuk berbagai pergerakan sel. Myosin adalah prototipe dari penggerak molekuler - sebuah protein yang mengubah energi kimia dalam bentuk ATP menjadi energi gerak yang menghasilkan kekuatan dan pergerakan. Kebanyakan pergerakan umumnya adalah kontraksi otot yang memberi model untuk memahami interaksi aktin dan myosin dan aktivitas penggerak dari molekul myosin. Bagaimanapun juga, interaksi aktin dan myosin tidak hanya bertanggung jawab pada kontraksi otot tetapi juga untuk berbagai pergerakan sel non otot termasuk pembelahan sel. Sehingga interaksi diataranya memerankan peran yang penting di biologi sel. Lebih jauh, sitoskeleton aktin bertanggung jawab untuk pergerakan lambat sel menyeberangi permukaan yang terlihat digerakkan secara langsung oleh polimerisasi aktin dengan baik oleh intreaksi aktin - myosin. 1.Pendahuluan Sel otot merupakan sel yang terspesialisasi untuk satu tugas, kontraksi dan spesialisasi in…

PERKECAMBAHAN SERBUK SARI

LAPORAN PRAKTIKUM REPRODUKSI DAN EMBRIOLOGI TUMBUHAN PERKECAMBAHAN SERBUK SARI
Disusun Oleh : Kelompok 4 Pendidikan Biologi Subsidi 1.Hafidha Asni Akmalia            (08304241003) 2.Tuttus Sufi Kusuma LPS.       (08304241022) 3.Riza Sativani Hayati   (08304241029) 4.Nur Hidayah                           (08304241030) 5.Titis Nindiasari A.                   (08304241036)


JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2010 A.TUJUAN Mengamati serbuk sari yang berkecambah secara in vitro
B.DASAR TEORI Serbuk sari (pollen grain) adalah sebuah sel hidup yang berisi sel kelamin jantan pada bunga (mempunyai protoplasma) yang terbungkus oleh dinding sel. Dinding serbuk sari terdiri atas dua lapisan yaitu di bagian luar yang tebal dan keras disebut lapisan eksin dan sebelah dalam tipis seperti selaput disebut  intin. Pada permukaan eksin terdapat celah atau pori yang disebut apertura yang dapat digunakan oleh serbuk sari untuk jalan keluarnya buluh serbuk …

SISTEM EKSKRESI PEMERIKSAAN PROTEIN DALAM URINE DAN PEMERIKSAAN GLUKOSA DALAM URINE

SISTEM EKSKRESI PEMERIKSAAN PROTEIN DALAM URINE DAN PEMERIKSAAN GLUKOSA DALAM URINE


Disusun oleh :  Hafidha Asni Akmalia 08304241003
JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Proses pembentukan urine beberapa tahapan, yaitu filtrasi glomeruler, reabsorspsi tubuler dan sekresi tubuler. Filtrasi merupakan perpindahan cairan dari glomerulus ke tubulus melewati membran filtrasi yang terdiri dari tiga lapisan yaitu sel endhotel glomerulus, membran basalis dan epitel kapsula bowman. Filtrasi terjadi karena adanya perbedaan tekanan antara kapiler glomerulus dengan tubulus. Filtrasi menghasilkan ultrafiltrat yang mengandung air, garam anorganik,glukosa, asam amino, urea, asam urat, kreatinin dan tidak mengandung sel darah merah. Reabsorpsi tubuler adalah prpindahan cairan dari tubulus renalis ke kapiler peritubuler. Proses reabsorpsi bersifat selektif tergantung kebutuhan tubuh pada senyawa yang terdapat pada ultrafiltrat. Glukosa direa…