Langsung ke konten utama

Liputan6.com : Portal Berita Online Yang Lain Dari Yang Lain



Kita semua tentu tidak asing lagi dengan nama liputan6.com* yang merupakan salah satu situs berita online di Indonesia. liputan6.com* memiliki ciri khas tersendiri yang melekat dan membedakannya dengan situs berita  online lain. Berikut ini sekilas profil mengenai liputan6.com*



liputan6.com* Sebagai Salah Satu Media Massa Online

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa perkembangan teknologi begitu pesat yang berimbas pada perkembangan media massa. Dahulu, orang mengenal  media massa lewat radio televisi, dan surat kabar. Seiring dengan berjalannya waktu yang melahirkan penemuan teknologi baru, kini media massa pun hadir lewat internet. Begitu banyak situs-situs yang menyediakan konten berita baik dalam maupun luar negri. Sehingga dengan adanya situs-situs tersebut, masyarakat semakin dimudahkan dalam mengakses berita terbaru karena memang kebutuhan akan berita semakin tinggi. Masyarakat tidak saja menuntut informasi yang cepat tetapi juga mengikuti perkembangan. Maka, dalam rangka memenuhi kebutuhan khalayak tersebut, situs-situs berita online umumnya selalu aktif dalam memproduksi berita-berita yang cepat, hangat, dan orisinil. Tak terkecuali dengan portal berita liputan6.com* yang telah menjadi salah satu portal berita yang mampu memenuhi ekspektasi masyarakat terhadap informasi yang dibutuhkan. Mengusung jargon Aktual Tajam dan Terpercaya, liputan6.com* selalu menghadirkan berita terkini, berita terbaru, dan berita hari ini seputar dunia politik, ekonomi, bisnis, olahraga, kesehatan, teknologi, bahkan dunia entertainment.




Konten Berita liputan6.com*

Portal berita online semcam ini memang menjadi salah satu alternatif masyarakat untuk mengikuti perkembangan peristiwa yang terjadi. Terutama bagi mereka yang tidak sempat untuk membaca surat kabar atau menonton televisi. Sehingga situs berita online menjadi rujukan untuk menambah informasi. Apalagi bagi anak kost yang cukup sering melewatkan berita di televisi. Pengalaman saja selama ini saya sangat jarang untuk melihat berita sekalipun kost menyediakan televisi. Hal ini dikarenakan teman-teman kost saya yang lebih menyukai melihat sinetron daripada berita. Saya jelas kalah suara dan lebih sering mengalah. Alhasil saya pun sering tertinggal informasi mengenai perkembangan berita terbaru lewat televisi. Namun, saya mempunyai solusi untuk hal ini yang sangat praktis dan mudah. Cukup klik liputan6.com*, maka semua berita yang diinginkan pun tersedia. Begitu membuka liputan6.com*, kita akan disuguhkan dengan tampilan beranda yang memuat berita-berita yang dapat kita pilih.

Tampilan beranda liputan6.com*


Bagian menu terdiri dari kolom News yang berisi berita terkini dan terpopuler tentang peristiwa-peristiwa yang sedang hangat diperbincangkan. Bisnis memberikan berita dalam ranah ekonomi dan usaha. Bola menyediakan ulasan pertandingan sepak bola Liga Inggris, Italia, Spanyol, dan Jerman. Bagi Anda yang ingin mengikuti informasi terkait dunia selebritis, musik, dan film, maka Showbiz telah menyediakan semuanya tak hanya kabar dari dalam negri saja melainkan juga dari luar negri. Kolom Tekno memberitakan hal-hal menyangkut inovasi mobile phone dan komputer, sementara Health diisi dengan berita-berita terbaru dunia kesehatan. Selain itu, masih terdapat kolom Foto, Video, Streaming, Deal, serta Index yang memuat beberapa berita beserta ringkasan isi berita. Adanya berita terkini liputan6.com* yang Aktual Tajam dan Terpercaya selalu memberikan berita hari ini yang dinanti-nanti. Sekarang masyarakat tak perlu khawatir apabila tertinggal berita di televisi karena dengan sekali klik liputan6.com*, maka beragam berita dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Satu hal yang menjadi karakter liputan6.com* adalah adanya Citizen 6 yang bertujuan memberikan kesempatan pada publik untuk ikut serta dalam proses mengumpulkan, melaporkan, menganalisis, dan menyampaikan berita dan informasi peristiwa yang terjadi di sekitar dalam bentuk teks, foto, atau video. Wadah yang disediakan liputan6.com* ini sangat bagus dan mendidik masyarakat untuk berperan aktif sebagai pewarta non-jurnalis dengan mengabarkan peristiwa-peristiwa yang mungkin saja dilewatkan media.

Berita di Citizen 6 yang diwartakan warga


Tanggung Jawab liputan6.com* Sebagai Media Massa

Ranah berita liputan6.com* yang cukup lengkap membuktikan bahwa liputan6.com* telah bertanggungjawab menjalankan fungsinya sebagai media massa, yakni :

1. Fungsi pengawasan peringatan seperti disajikannya berita-berita prediksi dalam ekonomi dan berita ancaman dampak banjir beberapa waktu lalu. Sementara fungsi pengawasan instrumental terlihat dari semua berita yang disajikan memberikan manfaat dan dapat membantu menambah informasi khalayak luas.

2. Fungsi penafsiran dijalankan dengan baik melalui penyajian berita yang sesuai fakta dan data. Berita-berita dalam liputan6.com* adalah berita yang layak saji setelah melalui proses pemilihan yang tentunya dilakukan oleh orang-orang profesional liputan6.com. *

3. Fungsi hiburan dapat diperoleh dalam Showbiz sehingga masyarakat tak jenuh dengan berita yang memiliki muatan cukup berat seperti berita politik.

Disini kita dapat meilhat keseriusan liputan6.com* untuk selalu memberikan berita yang berkualitas demi kemajuan wawasan masyarakat tentunya. Jadi, jika Anda sedang mencari berita terkini, berita terbaru, dan berita hari ini, maka liputan6.com* lah pilihan yang tepat karena portal berita ini selalu up to date 24 jam dalam mengabarkan peristiwa-peristiwa yang terjadi.

Semangat liputan6.com* Dalam Memberikan Yang Terbaik Bagi Masyarakat

Tampilan website liputan6.com*  memiliki desain yang minimalis didominasi warna biru. Adanya kolom-kolom  seperti News, Bisnis, Bola, Showbiz, Tekno, Health, Foto, Video, Streaming, Deal, Index, serta kolom search article memberikan akses kemudahan pengunjung situs menuju berita yang diinginkan. Terlebih lagi terdapat berita terkini dan terpopuler sehingga pengunjung dapat melihat berita-berita yang sedang hangat dan menarik perhatian publik. Satu yang saya sangat salut dengan liputan6.com* adalah penempatan iklan komersil yang tepat. Ketika saya bandingkan dengan beberapa situs berita online lainnya, mereka menempatkan iklan yang mengganggu tampilan di halaman muka, misalnya saat membuka pertama kali situs yang dituju, alih-alih mendapatkan berita, justru iklan dengan space penuh menutupi dan mengikuti gerak pointer kita. Kita harus meng-klik tombol close terlebih dahulu sebelum benar-benar dapat mengaskes berita yang ingin kita baca. Tidak demikian dengan liputan6.com yang menempatkan iklannya di bagian bawah menu dan di bagian kanan dekat dengan topik utama.

Peletakan iklan yang tidak mengganggu

Penempatan ini tidak mengganggu berita-berita yang ditampilkan dan tidak merepotkan serta mengganggu kenyamanan pengunjung. Dari sini terlihat konsistensi liputan6.com* sebagai situs yang memudahkan akses menuju berita. Selain itu, saya juga percaya bahwa liputan6.com* adalah portal berita bertekad untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik karena liputan6.com* sadar bahwa masih terdapat kekurangan dalam websitenya. Ini terbukti dari lomba #Klik Liputan6.com yang diselenggarakan bagi para blogger untuk dapat mengkritisi dan memberikan masukan melalui artikel yang dibuat.

Dalam pandangan saya, memang masih terdapat beberapa hal yang perlu dibenahi, misalnya :

1. Tampilan secara umum sudah baik termasuk tata letak dan tulisan yang tidak terlalu kecil sehingga mudah dibaca. Hanya saja terlihat agak membosankan karena tampilan terlihat pasif. Saran saya sebaiknya gambar beserta berita yang menjadi topik utama dalam format slide atau modus gerak sehingga pengunjung lebih cepat mengetahui berita yang menarik daripada harus mencari-cari di bagian bawah.

2. Ranah berita memang cukup lengkap, namun saya sedikit menyayangkan berita olahraga yang sebagian besar memuat sepak bola saja. Memang terdapat berita olahraga lain seperti tennis, tetapi itu dalam porsi yang kecil dan tidak berimbang. Saya rasa begitu banyak event-event olahraga lain yang patut untuk diberitakan seperti bulu tangkis, moto GP, F1, basket dan sebagainya. Masukan saya sebaiknya kolom Bola diganti dengan Sport atau Olahraga sehingga dapat mengcover berita olahraga lain. liputan6.com* seharusnya mempertimbangkan minat masyarakat yang beragama tentang olahraga sehingga kebutuhan berita olahraga tidak hanya didapat dari sepak bola saja.

3. Perlu adanya penambahan kolom Internasional di menu utama yang memuat berita dari luar negri. Saya kira hal ini penting dilakukan untuk memberikan kejelasan pada pengunjung di bagian mana mereka ingin mencari berita mancanegara. Sebenarnya kolom ini sudah ada namun, peletakannya kurang tepat karena masuk dalam kolom News di bagian bawah. Pertanyaan saya : mengapa jika sudah terdapat kolom tersendiri masih diletakkan bercampur dengan berita dalam negri? Sebaiknya kedua jenis berita ini dimasukkan dalam kolom berbeda : Nasional dan Internasional yang sama-sama diletakkan di bagian menu utama sehingga kedudukannya seimbang dan saling melengkapi.

4. Ada baiknya jika liputan6.com* memberikan wawasan kepada masyarakat tidak saja melalui Tekno dan Health melainkan juga tentang Sains dan Edukasi karena masyarakat sejatinya membutuhkan informasi dari kedua aspek tersebut. Dalam kolom Sains, dapat diberitakan penemuan-penemuan baru oleh ilmuwan ataupun berita sains dari jurnal ilmiah. Sementara dalam kolom Edukasi dapat diberikan berita-berita edukatif misalnya berita tentang keanekaragaman budaya nusantara. Jika dapat diwujudkan, maka liputan6.com* memiliki andil yang nyata dalam memperluas pengetahuan masyarakat.

Semoga masukan-masukan yang saya berikan dapat menjadi inspirasi bagi liputan6.com* ke depan untuk memberikan yang terbaik dalam masyarakat. Saya pribadi sangat mengapresiasi lomba blog ini sebagai salah satu wadah masyarakat untuk mengemukakan pendapat dan memberikan saran serta kritik yang membangun demi kemajuan liputan6.com*. Tak salah bahwa liputan6.com* adalah portal berita online yang lain dari yang lain. Semoga liputan6.com* dapat melakukan pembenahan-pembenahan yang berarti guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan berita. Sukses selalu liputan6.com*, tetap semangat menjadi portal berita online yang Aktual Tajam dan Terpercaya J

Yogyakarta, 28 Mei 2013

NB : mohon klik kata bertanda * untuk menuju website liputan6.com

Komentar

  1. Aku suka baca-baca Citizen6 nya Liputan6.com
    menarik tulisan2 dari warga :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEKANISME KONTRAKSI DAN RELAKSASI OTOT

Filamen aktin biasanya berhubungan dengan myosin yang mana bertanggung jawab untuk berbagai pergerakan sel. Myosin adalah prototipe dari penggerak molekuler - sebuah protein yang mengubah energi kimia dalam bentuk ATP menjadi energi gerak yang menghasilkan kekuatan dan pergerakan. Kebanyakan pergerakan umumnya adalah kontraksi otot yang memberi model untuk memahami interaksi aktin dan myosin dan aktivitas penggerak dari molekul myosin. Bagaimanapun juga, interaksi aktin dan myosin tidak hanya bertanggung jawab pada kontraksi otot tetapi juga untuk berbagai pergerakan sel non otot termasuk pembelahan sel. Sehingga interaksi diataranya memerankan peran yang penting di biologi sel. Lebih jauh, sitoskeleton aktin bertanggung jawab untuk pergerakan lambat sel menyeberangi permukaan yang terlihat digerakkan secara langsung oleh polimerisasi aktin dengan baik oleh intreaksi aktin - myosin. 1.Pendahuluan Sel otot merupakan sel yang terspesialisasi untuk satu tugas, kontraksi dan spesialisasi in…

PERKECAMBAHAN SERBUK SARI

LAPORAN PRAKTIKUM REPRODUKSI DAN EMBRIOLOGI TUMBUHAN PERKECAMBAHAN SERBUK SARI
Disusun Oleh : Kelompok 4 Pendidikan Biologi Subsidi 1.Hafidha Asni Akmalia            (08304241003) 2.Tuttus Sufi Kusuma LPS.       (08304241022) 3.Riza Sativani Hayati   (08304241029) 4.Nur Hidayah                           (08304241030) 5.Titis Nindiasari A.                   (08304241036)


JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2010 A.TUJUAN Mengamati serbuk sari yang berkecambah secara in vitro
B.DASAR TEORI Serbuk sari (pollen grain) adalah sebuah sel hidup yang berisi sel kelamin jantan pada bunga (mempunyai protoplasma) yang terbungkus oleh dinding sel. Dinding serbuk sari terdiri atas dua lapisan yaitu di bagian luar yang tebal dan keras disebut lapisan eksin dan sebelah dalam tipis seperti selaput disebut  intin. Pada permukaan eksin terdapat celah atau pori yang disebut apertura yang dapat digunakan oleh serbuk sari untuk jalan keluarnya buluh serbuk …

SISTEM EKSKRESI PEMERIKSAAN PROTEIN DALAM URINE DAN PEMERIKSAAN GLUKOSA DALAM URINE

SISTEM EKSKRESI PEMERIKSAAN PROTEIN DALAM URINE DAN PEMERIKSAAN GLUKOSA DALAM URINE


Disusun oleh :  Hafidha Asni Akmalia 08304241003
JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Proses pembentukan urine beberapa tahapan, yaitu filtrasi glomeruler, reabsorspsi tubuler dan sekresi tubuler. Filtrasi merupakan perpindahan cairan dari glomerulus ke tubulus melewati membran filtrasi yang terdiri dari tiga lapisan yaitu sel endhotel glomerulus, membran basalis dan epitel kapsula bowman. Filtrasi terjadi karena adanya perbedaan tekanan antara kapiler glomerulus dengan tubulus. Filtrasi menghasilkan ultrafiltrat yang mengandung air, garam anorganik,glukosa, asam amino, urea, asam urat, kreatinin dan tidak mengandung sel darah merah. Reabsorpsi tubuler adalah prpindahan cairan dari tubulus renalis ke kapiler peritubuler. Proses reabsorpsi bersifat selektif tergantung kebutuhan tubuh pada senyawa yang terdapat pada ultrafiltrat. Glukosa direa…