Langsung ke konten utama

Jalani Hari Indahmu Bersama MARINA UV WHITE Extra SPF 15



Aku termasuk tipe orang yang simpel akan suatu hal, terlebih lagi masalah perawatan kulit. Dalam aktivitas keseharianku, aku mengenakan jilbab dan tentu saja kulitku tertutupi pakaian yang rapat. Hanya wajah dan telapak tanganku saja yang terlihat. Sekarang ini aku tinggal di Yogyakarta yang notabene termasuk salah satu daerah yang cukup panas. Aku tak begitu memperhatikan kondisi kulitku hingga aku menyadari ada yang berubah dengan warna kulit punggung tanganku. Kucermati warnanya kecokelatan dan itu sangat merisaukanku. Aku tahu hal ini dikarenakan setiap kali aku berpergian mengendarai sepeda motorku, aku jarang sekali memakai sarung tangan. Aku hanya memakainya saat aku pulang ke rumah saja, selebihnya 2 pasang sarung tangan pinkku selama ini tersimpan rapi dalam almari. Maka, seperti yang telah kukatakan sebelumnya, kulit tangankupun menjadi berwarna kecokelatan. Dengan jarangnya aku memakai sarung tangan, alhasil kulitku terpapar cahaya matahari secara langsung, dan Sahabat tentu tahu bukan bahwa intensitas terdedah cahaya matahari yang tinggi akan mempengaruhi warna kulit kita. 

Akupun mulai mencari-cari informasi tentang produk perawatan kulit di internet. Kutemukan beberapa produk yang sebenarnya memiliki manfaat yang hampir sama sekalipun dengan kandungan yang sedikit berbeda. Bagiku semua itu sama saja dan aku tak tahu harus memilih yang mana. Ketika aku menemukan referensi tentang lotion Marina UV White Extra SPF 15, aku tertarik dengan slogannya yang berbunyi "Membuat Kulit Tampak Lebih Putih dengan Perlindungan Extra". Extra? Extra seperti apakah yang dimaksudkannya?




Marina UV White Extra SPF 15

Aku penasaran dan memutuskan membacanya lebih lanjut. Kubaca dengan seksama komposisi-komposisi yang terkandung dalam Marina UV White Extra SPF 15 yang secara garis besarnya sebagai berikut :

Ingredients : SPF 15, PA+, Yogurt. 

Baiklah, aku tidak begitu mengerti akan hal ini. Tentu aku tahu bahwa sinar UV adalah salah satu sinar dalam cahaya matahari yang dalam kadar tertentu dapat berbahaya bagi kulit kita. Tapi bagaimana dengan SPF 15, PA+, dan Yogurt? Aku menduga jika ketiganya adalah bahan yang diracik sedemikian rupa untuk mencegah pengaruh buruk sinar UV. Namun, aku tak mengerti bagaimana cara kerjanya. Akhirnya, aku melanjutkan pencarianku tentang seberapa jauh sinar UV menimbulkan efek buruk bagi kulit dan seberapa efektifkah SPF 15, PA+, dan Yogurt yang terkandung dalam Marina UV White Extra SPF 15 memberikan perlindungan bagi kulit kita.

Sinar UV
Sinar UV merupakan salah satu jenis sinar matahari yang dapat mencapai permukaan bumi. Artinya, sinar ini dapat menembus lapisan atmosfer bumi hingga akhirnya memapar langsung kulit kita. 


Radiasi Sinar UV terhadap kulit

Berikut ini jenis-jenis sinar UV :

1. Sinar UV A
Sinar UV A merupakan sinar matahari dengan kisaran radiasi pada 400-320 nm. Sinar UV A ini mudah sekali  menembus lapisan kulit terdalam sehingga dapat menggelapkan kulit bahkan merusak jaringan kulit.

2. Sinar UV B
Sinar UV B merupakan sinar matahari dengan kisaran radiasi pada 320-290 nm. Akibat yang ditimbulkan dari paparan langsung sinar UV B adalah photoaging atau efek penuaan terhadap kulit akibat cahaya matahari, menimbulkan keriputan dan merosostnya elastisitas pada kulit.

Perbandingan Radiasi Sinar UV A, UV B, dan Visible Light

Sebenarnya masih ada lagi sinar UV C yang merupakan sinar matahari dengan kisarana radiasi pada 200-280 nm. Sinar UV C ini memiliki radiasi terpanas diantara ketiga jenis sinar UV. Namun, atmosfer bumi masih dapat menangkalnya sehingga UV C tidak masuk ke permukaan bumi. Jadi disini Sahabat, yang perlu kita khawatirkan adalah sinar UV A dan UV B yang dapat berpengaruh buruk pada kulit kita. Berdasarkan sumber yang aku baca, untuk meminimalisasi pengaruhnya yaitu dengan memakai lotion yang dapat melindungi kulit kita dari sinar UV A dan UV B sekaligus, karena kenyataannya di pasaran masih banyak produk yang hanya melindungi kulit dari salah satu sinar UV saja. 

Sekarang baru aku tahu bahwa ternyata terdapat 2 jenis sinar UV yang berpotensi mempengaruhi kesehatan kulit kita. Aku berpikir, apakah produk Marina UV White Extra SPF 15 ini dapat mengatasi hal tersebut? Kembali aku mencari referensi tentang SPF 15, PA+, dan Yogurt yang merupakan bahan yang ada di dalam lotion ini.

SPF 15
SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor. SPF berfungsi untuk mencegah efek buruk paparan sinar UV B. Angka yang tertera di belakang SPF menunjukkan bagaimana dia bekerja. Misalnya kita berada di area terbuka yang terkena langsung cahaya matahari selama 20 menit. Jika kita menggunakan  lotion yang mengandung SPF 15, secara teoritis SPF 15 akan melindungi kulit kita 15 kali lebih lama dari  radiasi sinar UV B. Dalam perhitungan matematika sederhananya yakni 20 menit x 15 = 300 menit. Sekitar 5 jam kulit kita akan terproteksi oleh SPF 15. Tentu saja kita membutuhkannya bukan? Kita jelas-jelas tinggal di Indonesia, negara tropis yang setiap tahun menerima cahaya matahari. Sehingga, tingkat penerimaan sinar UV B terhadap kulit kita jauh lebih tinggi daripada orang-orang yang tinggal di negara 4 musim. Ahli dermatologi dr.Rachadian Ramadhan seperti dikutip dari female kompas mengatakan bahwa untuk masyarakat Indonesia , SPF 15 saja cukup untuk digunakan untuk memenuhi kebutuhan kulit. Maka, tak alasan bagi kita untuk tidak menggunakan produk yang mengandung SPF 15 agar kulit kita tetap sehat. Marina UV White Extra SPF 15 memiliki komposisi yang kita cari. Tetapi, bagaimana cara Marina menangkal pengaruh buruk sinar UV A? 

PA+
Ya, dengan inilah Marina melindungi kulit kita dari paparan sinar UV A. Marina UV White Extra SPF 15 tidak saja mengandung SPF 15 untuk melindungi kulit dari UV B, melainkan juga mengandung PA+ sebagai proteksi terhadap UV A. PA+ merupakan kepanjangan dari Protection Grade of UV A. Marina mengatakan bahwa PA+ akan membantu menghambat proses penggelapan kulit akibat sinar UV A. Ketika aku membacanya, aku teringat akan tanganku dan akupun menemukan jawaban mengapa kulit tanganku berwarna kecokelatan. Ternyata biangnya adalah sinar UV A. Aku mengerti sekarang. Problem kulitku akan segera terpecahkan dengan Marina UV White Extra SPF 15. Dengan PA+ yang terkandung dalam lotion Marina, tanganku akan terlindungi dari sinar UV A yang berpotensi semakin menggelapkan warna kulitku.

Sejauh ini Sahabat, kita telah mengetahui bahwa Marina UV White Extra SPF 15 mengandung SPF 15 dan PA+ untuk perlindungan terhadap UV A dan UV B. Seperti yang kukatakan sebelumnya, kita haruslah memilih produk yang memiliki komposisi untuk proteksi kedua sinar UV tersebut karena masih banyak produk yang hanya menangkal salah satu jenis sinar saja. Kebanyakan diantara mereka hanya mengandung perlindungan terhadap sinar UV B saja. Alhasil, sinar UV A masih dapat menembus kulit kita. Entah kita berada di ruangan terbuka atau tertutup pun sebenarnya sinar UV A masih dapat menjangkau kulit kita. Apalagi bagi Sahabat yang bekerja di dekat jendela, sinar UV A ini dapat menembus kaca jendela dan seterusnya mengenai kulit Sahabat. Jadi, jangan berpikir bahwa bila Sahabat berada di ruangan tertutup tanpa menggunakan lotion pelindung sinar UV, Sahabat akan terhindar dari radiasinya. Tidak demikian karena faktanya kaca akan meneruskan sinar UV A sampai ke permukaan kulit kita. Maka, yang kita butuhkan adalah produk yang tak hanya melindungi kulit kita dari sinar UV B saja, melainkan juga dari sinar UV A. Marina memiliki kedua komposisi tersebut. Begini gambaran kulit yang hanya terlindungi oleh komposisi pelindung sinar UV B saja dibandingkan dengan Marina UV White Extra SPF 15 yang selain mengadung  SPF 15 juga memiliki PA+ yang optimal melindungi kulit dari 94% sinar UV.


Jelas sekali bukan? Bila kita menggunakan Marina UV White Extra SPF 15 maka kulit kita terproteksi dari kedua sinar UV. Aku semakin yakin bahwa Marina UV White Extra SPF 15 adalah jawaban atas masalahku setelah membaca tulisan "Biowhitening Complex dari Yogurt dan Vitamin B3 yang kaya akan nutrisi, bekerja membantu mencerahkan warna kulit sehingga tampak lebih putih merata". Yogurt? Aku bertanya-tanya. Begitu spesialkah Yogurt hingga Marina menjadikannya sebagai salah satu komposisi dalam lotionnya? Kembali aku melanjutkan pencarianku.

Yogurt
Ternyata begitu banyak manfaat Yogurt telebih bagi kesehatan kulit kita.Yogurt mengandung protein, kalsium, vitamin D, probiotik yang baik untuk menutrisi kulit dari luar. Selain itu Yogurt juga mengandung asam laktat yang sering digunakan dalam produk peeling.

Yogurt

Jelas sudah bahwa Yogurt dapat membantu mencerahkan warna kulit. Dari sumber-sumber yang aku baca, Yogurt dapat digunakan secara alami dengan tambahan bahan lain. Namun, bagiku cara peracikannya cukup rumit.  Dari instruksi yang diberikan cukup menyita banyak tenaga dan waktu. Sekali lagi aku adalah tipe orang yang simpel dan tak punya banyak waktu untuk perawatan kulit semcam itu. Maka dengan menggunakan Marina UV White Extra SPF 15 yang di dalamnya mengandung Yogurt dan dilengkapi dengan vitamin B3, akan memberikan perawatan kulit yang mudah karena penggunaannya cukup dioleskan pada permukaan kulit. Simpel bukan? Aku tak perlu melakukan instruksi-instruksi yang rumit yang akan menyita waktu berhargaku.

Akhirnya, kuputuskan untuk meggunakan Marina UV White Extra SPF 15.




Aku yakin Marina akan mencerahkan warna kulitku seperti semula karena komposisinya yang tepat sasaran bagi kulit kecokelatan seperti  telapak tanganku.

Kini kutemukan rahasia bagaimana mendapatkan kulit yang sehat sekaligus cantik agar dapat tampil percaya diri. Marina UV White Extra SPF 15 adalah solusi terbaik untuk kulit kita karena dalam satu lotion terdapat 3 langkah proteksi dan perawatan kulit. Jadi, tunggu apalagi Sahabat? Jalani hari indahmu bersama Marina UV White Extra SPF 15 untuk perlindungan optimal setiap hari.

Yogyakarta, 4 Mei 2013


Sumber :


Komentar

  1. wow penjelasannya lengkap y..
    salam sahabat marina

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas komentar positifnys :D salam kenal juga :)

      Hapus
  2. wah, makasih ya udah share :)
    yuk rawat terus kulitmu ^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEKANISME KONTRAKSI DAN RELAKSASI OTOT

Filamen aktin biasanya berhubungan dengan myosin yang mana bertanggung jawab untuk berbagai pergerakan sel. Myosin adalah prototipe dari penggerak molekuler - sebuah protein yang mengubah energi kimia dalam bentuk ATP menjadi energi gerak yang menghasilkan kekuatan dan pergerakan. Kebanyakan pergerakan umumnya adalah kontraksi otot yang memberi model untuk memahami interaksi aktin dan myosin dan aktivitas penggerak dari molekul myosin. Bagaimanapun juga, interaksi aktin dan myosin tidak hanya bertanggung jawab pada kontraksi otot tetapi juga untuk berbagai pergerakan sel non otot termasuk pembelahan sel. Sehingga interaksi diataranya memerankan peran yang penting di biologi sel. Lebih jauh, sitoskeleton aktin bertanggung jawab untuk pergerakan lambat sel menyeberangi permukaan yang terlihat digerakkan secara langsung oleh polimerisasi aktin dengan baik oleh intreaksi aktin - myosin. 1.Pendahuluan Sel otot merupakan sel yang terspesialisasi untuk satu tugas, kontraksi dan spesialisasi in…

PERKECAMBAHAN SERBUK SARI

LAPORAN PRAKTIKUM REPRODUKSI DAN EMBRIOLOGI TUMBUHAN PERKECAMBAHAN SERBUK SARI
Disusun Oleh : Kelompok 4 Pendidikan Biologi Subsidi 1.Hafidha Asni Akmalia            (08304241003) 2.Tuttus Sufi Kusuma LPS.       (08304241022) 3.Riza Sativani Hayati   (08304241029) 4.Nur Hidayah                           (08304241030) 5.Titis Nindiasari A.                   (08304241036)


JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2010 A.TUJUAN Mengamati serbuk sari yang berkecambah secara in vitro
B.DASAR TEORI Serbuk sari (pollen grain) adalah sebuah sel hidup yang berisi sel kelamin jantan pada bunga (mempunyai protoplasma) yang terbungkus oleh dinding sel. Dinding serbuk sari terdiri atas dua lapisan yaitu di bagian luar yang tebal dan keras disebut lapisan eksin dan sebelah dalam tipis seperti selaput disebut  intin. Pada permukaan eksin terdapat celah atau pori yang disebut apertura yang dapat digunakan oleh serbuk sari untuk jalan keluarnya buluh serbuk …

PERAN ORGANISME DALAM PROSES PEMBENTUKAN DAN PERKEMBANGAN TANAH

MAKALAH BIOLOGI TANAH PERAN ORGANISME DALAM PROSES PEMBENTUKAN DAN PERKEMBANGAN TANAH Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Biologi Tanah






Disusun Oleh : Hafidha Asni Akmalia                08304241003 Alfiah Nurul Wahidah                 08304241019 Muhammad Radian N.A.            08304241034



JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2011

BAB I PENDAHULUAN
A.Latar Belakang Tanah sangat vital peranannya bagi semua kehidupan di bumi karena tanah mendukung kehidupan tumbuhan dengan menyediakan hara dan air sekaligus sebagai penopang akar. Struktur tanah yang berongga-rongga juga menjadi tempat yang baik bagi akar untuk bernafas dan tumbuh. Tanah juga menjadi habitat hidup berbagai mikroorganisme. Bagi sebagian besar hewan darat, tanah menjadi lahan untuk hidup dan bergerak. Tanah berasal dari pelapukan batuan dengan bantuan organisme, membentuk tubuh unik yang menutupi batuan. Proses pembentukan tanah dikenal sebagai pedogenesis. Proses yan…