Langsung ke konten utama

Sepotong Rahasia Hati : Selembar Cerita Album Kenanganku


Selembar demi selembar kubuka album kenanganku
Ingatan ini pada akhirnya menerawang jauh menerabas memori-memori yang berdesakan
Teringat suatu kenangan yang mampu membuatku terdiam sejenak....

 5 tahun yang lalu aku adalah seorang anak SMA yang baru lulus…
yang masa depankupun tak jelas rimbanya
Masih teringat cita-cita masa kecilku dahulu : Arkeolog, bukan main hebatnya, begitu pikirku
Hanya saja beberapa pertimbangan mengerdilkan cita-cita muliaku yang sempat memenuhi benakku selama 12 tahun lamanya

Sesaat kemudian akupun pontang panting mencari universitas untuk melanjutkan asaku
Pikiran hanya tertuju satu pada “Universitas Sebelah”
dan almamater ini duduk di bangku cadangan…
Ibarat harus memilih antara emas dan berlian, aku dihadapkan pada pilihan yang sulit saat mendaftar di kampus pendidikan itu
Bingung rasanya tuk menentukan Fisika atau Matematika
Ingin rasanya menjadi seorang Einstein dan Pascal bersamaan
Berkutat dengan momentum, gaya,  phytagoras, trigonomentri pasti akan sangat mengasyikkan
Tapi aku harus memilih…
dan alakadabra tiba-tiba saja aku memutuskan untuk memilih Biologi sebagai pilihanku
Apa?Aku sendiri tak mempercayai itu
Bagaimana bisa?Mata pelajaran yang bahkan tak kusenangi dari semua mapel eksak
Sepertinya jari jemari ini tak mau mengikuti perintah Otak, Sang Master
dan nampaknya dia hanya mempermainkan nasibku saja

Setelah berjuang dan bersaing dalam ujian masuk, pengumuman pun tiba
Universitas yang kuidamkan itu menolakku teman, tapi aku memang tak begitu berharap
Karena aku tahu begitu banyak orang lain nun jauh di atas langit sana
Sementara aku hanya seseorang yang berada di bumi dan hanya bisa menatap langit dengan takjub..
Selain itu aku telah memiliki tiket di tempat lain, jadi bagiku itu tak masalah
Dan kemudian ujian masuk almamater ini diumumkan…
Namaku tercantum dalam koran dan pengumuman online, Pendidikan Biologi
“Pendidikan” teman …artinya aku calon seorang pendidik
Tambah tertawa saja hati ini, aku pun abai dan lebih memilih tiket yang sebelumnya telah kugenggam
Tapi dorongan orang tua berkata lain, dengan hati setengah-setengah aku menerima dan memutuskan menjadi bagian di dalamnya

Akhirnyapun kaki ini tertapak pada kelas pendidikan Biologi tuk pertama kalinya
Asing, canggung, dan sepi menyertaiku di kelas itu
Aku simpulkan aku salah jurusan
dan aku sendiri yang memang salah jurusan dari semua anak di kelas
dan hatiku pun hanya bisa mendesah
Seminggu terlewati, sebulan terjalani, dan setahun berlalu
Waktu terus menerus berlari sementara aku terengah-engah mengejarnya
Bersama mata kuliah kita tercinta Bio and Edu
Mereka semua telah mewarnai otakku yang tumpul, seperti pisau berkarat tak berguna
Terkadang itu semua menyenangkan dan namun bisa juga membuat air mata menetes
Hari-hariku bersama mata kuliah membuat aku menjadi orang sibuk
Tak ada waktu luang untuk bermain, cuci mata, dan sebagainya
Tapi…bersama kalian itulah sebenarnya penghibur hatiku
Semakin waktu bergulir, semakin banyak suka dan duka bersama kalian
Tiap diri dari kalian adalah pribadi yang unik
Kulihat orang lucu, orang telatan, orang aneh seperti diriku, orang yang rajin dan tekun menjadi anggota kelas kita
Kenangan indah akan tugas kuliah, lembur laporan, serta praktikum menjadi album tersendiri dalam hati ini
dan siapa lagi pengisinya kalau bukan kalian
Bersama kalian aku bisa melewati Biologi ini dengan penuh warna
Bersama kalian aku tegar tuk menghadapi jurusan yang salah ambil itu
Tersadar, aku banyak mendapat pelajaran dari kalian
Hingga aku tahu aku begitu beruntung mendapat kalian
dan hingga aku(Insya Allah) telah menjadi seorang lebih baik dari aku yang belum mengenal kalian
dan akhirnya aku telah menjadi seorang sarjana sekarang
Artinya mungkin hari-hariku takkan lagi bersama kalian
Aku tak tahu apakah kita akan bertemu lagi teman
Tapi, satu hal yang ingin kusampaikan lewat catatan ini..
----Terima kasih telah menjadi satu dari kepingan cerita hidupku
----Terima kasih telah menerimaku menjadi teman kalian
----Terima kasih telah memberiku banyak pelajaran yang tak kudapat dari teman yang lain
----Terima kasih atas segala-galanya
Bila waktu mengijinkan, pastilah kita bersua
Entah kita telah menjadi orang tua atau kakek nenek
dan saat itulah kerinduanku pada kalian kan terobati

Yogyakarta, 19 April 2013
dalam malam kelam teriring rintik hujan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ternyata Aku Gak Punya Sidik Jari...

Kali ini aku mau bercerita lagi..Ini berkaitan dengan malangnya nasib yang kualami. Baiklah..aku akan bercerita... Pada suatu ketika...once upon a time...ada sebuah kisah.. kisah yang terlalu pilu untuk diceritakan... ini tentang seseorang yang kehilangan sidik jarinya.. itulah aku.. Nasip oh nasip.... Sebelumnya, knapa aku bikin post ini karena tiba2 aja aku liet tanganku ini. Ceritanya lagi makan pake tangan, eh tiba2 kenangan itu muncul..Jadi ada ide nih buat nge blog. Aku ini orangnya suka milih kalo makan. Aku cenderung gak suka makanan manis2, roti terutama. Ya tapi klo brownies sih mau...iya laaah...masa gak suka brownies,keterlaluan. Pokonya kalo cokelat aku mau, tapi kalo yg lain gak terlalu suka. Makanan idamanku semisal yang asin2 ato gurih2. So, aku ini senengnya kalo ngemil tu keripik2 buka yg roti2 gitu...Saking sukanya sama asin n gurih, makanan macem itu bisa langsung abis sekali aku adepin. Nah.....suatu ketika, aku masih kelas 1 SMP waktu itu. Ke

Pengalaman Lolos Tes CPNS Dosen Kemenag

Yakin..Terkadang Memang Sulit Mengerti Takdir Yang Allah Putuskan, Tapi Yakinlah Bersamanya Ada Kebaikan I am a typical person who tend to get what I want… SD-SMP-SMA-Kuliah S1 dan S2 boleh dibilang lancar jaya.Ya gak jaya mahe amat sih, tapi overall bisa dikatakan sesuai track. Selesai S2 adalah saat dimana gue sadar gue akan bekerja. Bekerja artinya untuk mempersiapkan finansial demi kehidupan yang dijalani dan pekerjaan yang gue cari selama ini adalah dosen. Ini adalah sepenggal pengalaman mencari pekerjaan sebagai dosen yang telah gue jalani.  pengalaman cari kerja Ini adalah first impression saat gue menjejakkan kaki di Kalimantan Selatan, saat akhirnya gue keterima jadi dosen non-PNS.  my first impression Sejak awal daftar di Kalsel niatnya adalah pengen punya pengalaman kerja biar keterima kerja di Jawa karena selama apply kerja di Jawa itu selalu kalah di pengalaman kerja atau kalah ama “orang dalam”. Padahal awal ikut daftar tes dosen non-PNS di kalsel i

Resensi Film : TANGLED

Film animasi tahun 2010 ini adalah film animasi yang paling kusuka. Walau udah 2 tahun yang lalu, aku masih sering re-run film ini. Diisi oleh suara milik Mandy Moore dan Zachary Levi membuat film ini semakin berkarakter. Tangled sendiri diartikan sebagai hair (rambut) karena ceritanya memang tentang Rapunzel si Rambut Pirang Ajaib. Rapunzel (Mandy Moore) adalah putri kerajaan yang diculik oleh Gothel si Penyihir (Donna Murphy). Gothel ingin memanfaatkan rambut ajaib Rapunzel agar tetap awet muda. Sementara Rapunzel kecil tidak mengetahui bahwa dia diculik sejak masih bayi. Waktu terus berganti sampai akhirnya Rapunzel akan berumur 18 tahun. Selama hampir 18 tahun, dia selalu melihat cahaya-cahaya yang bersinar dari kejauhan di malam ketika dia berulang tahun.  Mimpi Rapunzel adalah melihat cahaya-cahaya itu dari dekat, namun Gothel tidak pernah mengizinkan dengan alasan banyak orang jahat di luar yang akan memanfaatkan rambut ajaibnya. Sampai suatu saat Rapunzel bertemu