Langsung ke konten utama

Cara Menghilangkan Galau : Berdasarkan Pengalaman Batin

Have you ever perceived a sadness?I guess your answer is yeah...Everybody has their own sadness. Ada kalanya kita merasa sedih saat yang lain senang..


Untuk lebih dramatisnya, belakangan muncul vocab baru yg dinamakan galau...contohnya ya ini, adaptasi dari adegan dalam drama korea atau sejenisnya..Aku hanya bisa melihatmu dari kejauhan,seperti halnya aku hanya  bisa melihat matahari tenggelam tanpa bisa meraihnya..#eaaaa



*****
Terkadang, setiap inchi kejadian dalam kehidupan kita tak pernah terbayangkan sebelumnya. Mau itu susah, ataupun sedih. Hal2 itu kerap terjadi malah, bukan terkadang lagi jadinya. Akupun demikian. Segalanya tiba2 bagiku. Hal yang paling menyenangkan tentu saja ketika peristiwa yang kualami menyenangkan. Tapi bagiku, ada kalanya terjadi hal yang membuat hatiku sedih hingga aku terus saja memikirkannya. Sebaik apapun peristiwa yang kualami jauh lebih mudah dilupakan dibandingkan dengan peristiwa yang membuat hatiku sedih. Hal2 yang membuatku sedih itu susah sekali kuhapus dari ingatanku. Sampai saat ini, aku masih memikirkan suatu hal yang pernah membuatku sedih, yah..ibaratnya hati ini selalu sendiri dan kesepian yg tak ada seorangpun mengerti perasaanku....

Akupun mencari cara untuk mengusir kegalauanku itu. Berhubung aku ini orangnya gak mudah percaya sama temen, sekalipun itu temen akrab, tentu saja hal2 yg membuatku sedih tak pernah aku ceritain ke temen. Aku liet di drama2, di sinetron2 yang pesan intinya jangan mudah percaya dengan orang lain untuk tempat mencurahkan perasaan, siapa tau ntar rahasia kita digosipin :D..#efeknontondramakorea#. Haha..aku gak gitu juga sih, aku kalo mau cerita itu selektif apa yang mau aku ceritain, gak semuanya. Kalo yg hepi2 aja aku ceritain. Kalo yg cengeng2, sedih2, sama galau2 gak tak ceritain. Aku punya cara tersendiri untuk itu :

1. Berdoa ke Tuhan


Tuhan adalah tempat kita berdoa dan berharap. Biasanya aku berdoa ke Tuhan agar perasaan sedihku hilang. Mungkin kalo aku lebih tepatnya curhat sih..Setelah curhat (ngomong sendiri dengan runtutan cerita yg detail) aku terus berdoa : Ya Allah, semoga Engkau selalu memberikan kekuatan padaku, menjernihkan pikiranku, dan menjauhkan emosiku. Semoga dengan ini menjadi pengalaman bagiku untuk menjalani hidup ini. Amin. 
Disini perasaanku yg tadinya galau abis bisa lumayan tenang. Aku tak perlu takut kalo rahasiaku bocor karena Tuhan takkan membocorkan rahasiaku :), moreover dengan hati yg tenang efeknya ke logika kita juga. Karena biasanya logika itu ketutup sama emosi. jadi, butuh ketenangan hati dulu baru ntar kita bisa mikir pake otak...

2. Nonton Running Man


Kalo aku biasanya belum cukup hanya berdoa dengan Tuhan saja, pas berdoa emang jadi tenang, tp kalo uda selesai terkadang masih kepikiran. Maka dari itu aku akan nonton Running Man. Ini semacam variety show, ada mission yg akan diterima para member yg jumlahnya 7,kadang ada guestnya jg..Nah, variety ini lucu sekali menurutku, yg bikin lucu tentu saja percakapannya dan ekspresi para member saat melakukan misi. Misalnya aja di episode2 awal pas ada misi foto dengan loncat2, tidak semua member tertangkap kamera saat itu, hanya Gary yg sering muncul di foto dengan ekspresi datarrrr..dan itu bikin ketawa kepingkel2 :D
Dengan nonton Running Man, aku bisa ketawa2 sekaligus hatiku terhibur. Lumayanlah mengurangi beban penderitaan.

3. Sok sibuk


Biar aku lupa sama kesedihanku, aku biasanya menjadi orang yg sok sibuk. Ngerjain ini itulah..untuk saat ini sih aku lg take a course sama prepare untuk daftar lagi, salah satunya ngerjain soal2 tpa sama english. Itung2 buat membuang bad mood..Kadang aku juga nerusin baca buku Eden In The East,itu buku uda lama aku beli, tp belum kelar bacanya karena menurutku terjemahannya bikin bingung,selain itu akunya juga bkn orang sejarah juga sih, jadinya agak odong2 pas mbaca. Malah asline gak mudeng blas sih, tp yah gak papa..seenggaknya kan pernah baca. Kadang aku juga maen ke kos temen, ngegosipin temen sekolah yg tambah aneh sejak kuliah sama ngopi filem2 gitu :), walopun mostly cuman ngopi tok ujung2nya entar dihapus tnpa sempet nonton.
Nah..dengan sok sibuk inilah aku jadi gak punya pikiran galau2 lagi, jadi lebih tegar istilahnya (sok tegar tepatnya)

4. Curhat di Blog atau Twitter



Seperti yg aku dulu bilang, konsep blogku ini aslinya adalah curhatan yg gak penting. lainnya kyak laporan praktikum dan semacamnya yg isinya bener (sesuai jalur pemikiran orang pinter maksudnya), hanyalah tempelan2 buat menuh2in blog aja. I am a straight shooter when i am in my blog or twitter. Beneran. Di blog ini, aku bener2 jujur,pun di twitter. Aku curhat securhat-curhatnya, ini lho yg aku alami, ini lho perasaanku saat ini. Di twitter apalagi, sekali twitteran bisa beberapa kali ngetwit, dan belakangan juga ngetwitnya tentang hal2 itu lg. Kalo di twitter aku gak takut buat curhat. Bagiku tweeting is better than updating my facebook status . Dengan kata lain say no to facebook.


Di twitter, followersku dikit, jd mau aku ngetwit kalo aku lg emosi sesaat jg gak banyak yg tau. Lha kalo aku update di fb..bisa2 dosen jg ikut komen ato dikomenin sama temen2 yg ntarnya aku bakalan jadi bahan gosipan. It's too obvious. Makanya aku lebih ke blog ato twitter untuk sekedar buang emosi.

5. Curhat di Selembar Kertas lalu Dirobek2

Nah cara kelima ini adalah cara yg paling ekstrim. Cara kelima ini aku gunain saat aku berada dalam titik kulminasi, kegalauan stadium 4 yang tak cukup diobati pake cara 1 sampe 4. Disini aku yg uda pengen banget lepas dari emosi yg menjeratku, dan aku pengen banget hal itu gak terjadi padaku. Hal itu terlalu menyakitkan untukku dan aku terus saja memikirkannya. Aku sampai insomnia karenanya. Nyesek sih...Akhirnya aku akan memutuskan menulis apa yang terjadi padaku thoroughly, nulisnya detail, dibumbui kata2 yg melo. aku tulis di selembar kertas..tulis..tulis...tulis...setelah selesai aku baca. Aku cek dulu grammarnya ada yg salah ato gak. Aku tambahin kalo ceritanya kurang komplet. Langkah terakhir...dengan jemariku yang lentik ini kertas curhatanku aku robek kecil2, terus aku buang deh di tempat sampah :). ??? satu kata : Aneh. Ya memang..Pasti banyak terheran2 dengan caraku ini, LALU APA GUNANYA NULIS?? udah susah payah nulis plus ngecek kosa kata sgala, habis itu dirobek? Benar sekali, tak masuk akal namanya. Tapi itulah aku, dngan melakukan hal yg absurd seperti itu, galauku luamayan efektif hilangnya...Ini contohnya..


5 menit kemudian....

Dengan ini, yah 90% lah aku bisa ngelupain hal itu. Emosi sih udah gak ada, cuma kadang masih yang mikir gitu. kalo aku udah bener2 bisa ngelupain, aku akan ketawa sendiri inget tingkahku :D

Itulah beberapa caraku untuk menghilangkan kesedihanku :). Mungkin cara yg paling bener dan bisa diterima akal adalah cara nomor 1. Lainnya aku temuin sendiri setelah melakukan serangkaian uji coba beberapa cara yg cukup efektif untuk menghibur diri. Lalu kepilihlah 4 cara di luar batas kewajaran itu untuk aku gunain kalo aku lagi galau. Aku jadi mikir jika kita sedang mencoba cari cara agar dapat melupakan sebenarnya kita masih memikirkannya. Tapi yah tak apalah, itung2 buat pengalaman kalo pernah galau :P

Hmmmm...Dari sini, aku jadi ngerti, hal yg menyedihkan pun bermanfaat buat kita, we will be stronger tentunya..So, keep calm and carry on :)

Komentar

Pos populer dari blog ini

MEKANISME KONTRAKSI DAN RELAKSASI OTOT

Filamen aktin biasanya berhubungan dengan myosin yang mana bertanggung jawab untuk berbagai pergerakan sel. Myosin adalah prototipe dari penggerak molekuler - sebuah protein yang mengubah energi kimia dalam bentuk ATP menjadi energi gerak yang menghasilkan kekuatan dan pergerakan. Kebanyakan pergerakan umumnya adalah kontraksi otot yang memberi model untuk memahami interaksi aktin dan myosin dan aktivitas penggerak dari molekul myosin. Bagaimanapun juga, interaksi aktin dan myosin tidak hanya bertanggung jawab pada kontraksi otot tetapi juga untuk berbagai pergerakan sel non otot termasuk pembelahan sel. Sehingga interaksi diataranya memerankan peran yang penting di biologi sel. Lebih jauh, sitoskeleton aktin bertanggung jawab untuk pergerakan lambat sel menyeberangi permukaan yang terlihat digerakkan secara langsung oleh polimerisasi aktin dengan baik oleh intreaksi aktin - myosin. 1.Pendahuluan Sel otot merupakan sel yang terspesialisasi untuk satu tugas, kontraksi dan spesialisasi in…

PERKECAMBAHAN SERBUK SARI

LAPORAN PRAKTIKUM REPRODUKSI DAN EMBRIOLOGI TUMBUHAN PERKECAMBAHAN SERBUK SARI
Disusun Oleh : Kelompok 4 Pendidikan Biologi Subsidi 1.Hafidha Asni Akmalia            (08304241003) 2.Tuttus Sufi Kusuma LPS.       (08304241022) 3.Riza Sativani Hayati   (08304241029) 4.Nur Hidayah                           (08304241030) 5.Titis Nindiasari A.                   (08304241036)


JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2010 A.TUJUAN Mengamati serbuk sari yang berkecambah secara in vitro
B.DASAR TEORI Serbuk sari (pollen grain) adalah sebuah sel hidup yang berisi sel kelamin jantan pada bunga (mempunyai protoplasma) yang terbungkus oleh dinding sel. Dinding serbuk sari terdiri atas dua lapisan yaitu di bagian luar yang tebal dan keras disebut lapisan eksin dan sebelah dalam tipis seperti selaput disebut  intin. Pada permukaan eksin terdapat celah atau pori yang disebut apertura yang dapat digunakan oleh serbuk sari untuk jalan keluarnya buluh serbuk …

SISTEM EKSKRESI PEMERIKSAAN PROTEIN DALAM URINE DAN PEMERIKSAAN GLUKOSA DALAM URINE

SISTEM EKSKRESI PEMERIKSAAN PROTEIN DALAM URINE DAN PEMERIKSAAN GLUKOSA DALAM URINE


Disusun oleh :  Hafidha Asni Akmalia 08304241003
JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Proses pembentukan urine beberapa tahapan, yaitu filtrasi glomeruler, reabsorspsi tubuler dan sekresi tubuler. Filtrasi merupakan perpindahan cairan dari glomerulus ke tubulus melewati membran filtrasi yang terdiri dari tiga lapisan yaitu sel endhotel glomerulus, membran basalis dan epitel kapsula bowman. Filtrasi terjadi karena adanya perbedaan tekanan antara kapiler glomerulus dengan tubulus. Filtrasi menghasilkan ultrafiltrat yang mengandung air, garam anorganik,glukosa, asam amino, urea, asam urat, kreatinin dan tidak mengandung sel darah merah. Reabsorpsi tubuler adalah prpindahan cairan dari tubulus renalis ke kapiler peritubuler. Proses reabsorpsi bersifat selektif tergantung kebutuhan tubuh pada senyawa yang terdapat pada ultrafiltrat. Glukosa direa…