Langsung ke konten utama

Rancangan Opening and Model in Teaching


TUGAS MICROTEACHING

RANCANGAN OPENING AND MODEL IN TEACHING



Disusun Oleh :

Hafidha Asni Akmalia
08304241003
Pendidikan Biologi Subsidi

JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2011




Standar Kompetensi   :   
2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup.
Kompetensi Dasar       :
2.1. Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam  kehidupan.

Rancangan Opening.
Ø  Opening with case.
1.      Guru membuka pelajaran.
2.      Guru memberikan apersepsi dengan bertanya pada siswa : “Pernahkah kalian sakit influenza?”, kemudian dilanjutkan dengan bertanya :”Apa yang kalian rasakan ketika kalian sakit influenza?”
3.      Guru menampilkan gambar tentang banyak orang yang dirawat di rumah sakit dan bertanya pada siswa : “Apa yang kalian pikirkan mengenai gambar tersebut?”
4.      Guru mengkonfirmasi bahwa gambar tersebut memperlihatkan banyak orang yang tengah dirawat di rumah sakit karena penyakit yang sama yang telah menjangkiti banyak orang di berbagai Negara dan ini disebut dengan pandemi ” influenza Spanyol”.
5.      Guru menyampaikan pengantar materi pembelajaran (memahami proses replikasi virus.) : 
   Berdasarkan gambar tersebut guru bertanya pada siswa mengapa virus influenza degan cepat menular. Bagaimana proses yang terjadi sehingga virus influenza dari orang satu ke orang yang lain dapat berpindah. 


Rancangan pelaksanaan pembelajaran.
Ø  Model : CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition).
1.      Guru membentuk kelompok heterogen (3-4 orang)
2.      Guru memberikan bacaan sesuai dengan topik pembelajaran yakni tentang replikasi virus.
3.   Siswa dalam satu kelompok bekerjasama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana kliping dan ditulis pada lembar kertas.
4.      Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok.
5.      Guru memberikan konfirmasi atas hasil presentasi kelompok.
6.      Guru membuat simpulan bersama siswa.
7.      Guru menyampaikan materi pada pertemuan yang akan datang, memberikan tugas berupa resume mengenai peran virus dalam kehidupan sehari-hari dan  menutup pelajaran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEKANISME KONTRAKSI DAN RELAKSASI OTOT

Filamen aktin biasanya berhubungan dengan myosin yang mana bertanggung jawab untuk berbagai pergerakan sel. Myosin adalah prototipe dari penggerak molekuler - sebuah protein yang mengubah energi kimia dalam bentuk ATP menjadi energi gerak yang menghasilkan kekuatan dan pergerakan. Kebanyakan pergerakan umumnya adalah kontraksi otot yang memberi model untuk memahami interaksi aktin dan myosin dan aktivitas penggerak dari molekul myosin. Bagaimanapun juga, interaksi aktin dan myosin tidak hanya bertanggung jawab pada kontraksi otot tetapi juga untuk berbagai pergerakan sel non otot termasuk pembelahan sel. Sehingga interaksi diataranya memerankan peran yang penting di biologi sel. Lebih jauh, sitoskeleton aktin bertanggung jawab untuk pergerakan lambat sel menyeberangi permukaan yang terlihat digerakkan secara langsung oleh polimerisasi aktin dengan baik oleh intreaksi aktin - myosin. 1.Pendahuluan Sel otot merupakan sel yang terspesialisasi untuk satu tugas, kontraksi dan spesialisasi in…

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROMETRI

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROTEKNIK DAN TEKNIK LABORATORIUM
MIKROMETRI


Disusun oleh : 1.Zulqarnain Assiddiqqi      (08304241001) 2.Shaim Basyari                  (08304241002) 3.Hafidha Asni Akmalia      (08304241003) 4.Febrianawati Yusup         (08304241004) 5.Dian Fita Lestari               (08304241005)


JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2011

MIKROMETRI
A.TUJUAN Mengukur diameter serbuk sari. B.DASAR TEORI Mikroskop merupakan alat bantu penglihatan untuk melihat benda-benda yang sangat kecil yang tak mampu dilihat oleh mata dengan jelas. Mikroskop cahaya merupakan mikroskop yang paling sederhana dimana dalam penggunaannya membutuhkan cahaya agar spesimen yang akan dilihat dapat dilihat dengan jelas. Mikroskop cahayaterbaik mampu memperbesar benda 2000 kali. Saat ahli biologi melihat sebuah spesimen lewat mikroskop cahaya, bukan hanya mereka tertarik dengan bentuk dan detailnya, namun juga ukurannya. Satuan pengukuran yang dipakai mikro…

MIKROSKOP MEDAN TERANG

BRIGHT FIELD MICROSCOPE (MIKROSKOP MEDAN TERANG) Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Mikrobiologi







Disusun Oleh : 1.Hafidha Asni Akmalia            (08304241003) 2.Liedya Kusuma Ratih            (08304241023)




JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2010
BRIGHT FIELD MICROSCOPE (MIKROSKOP MEDAN TERANG)


A.Latar Belakang.
Antony Van Leuwenhoek orang yang pertama kali menggunakan mikroskop walaupan dalam bentuk sederhana pada bidang mikrobiologi. Kemudian pada tahun 1600 Hanz dan Z Jensen telah menemukan mikroskop yang lebih maju dengan nama mikroskop ganda. Mikroskop adalah suatu benda yang berguna untuk memberikan bayangan yang diperbesar dari benda-benda yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang. Mikroskop terdiri dari beberapa bagian yang memiliki fungsi masing-masing. Mikroskop pada prinsipnya terdiri dari dua lensa cembung yaitu sebagai lensa objektif (dekat dengan mata) dan lensa okuler (dekat dengan benda). Baik o…