Langsung ke konten utama

Karena Relatif Membuat Orang Berbeda-beda...

Relatif...menurut kamus besar bahasa Indonesia berarti tidak mutlak. Relatif ini seringkali mampir dalam segmen apapun dalam kehidupan umat manusia. Contoh gampangnya cantik. Bagi Jono, Diana itu cantik. Tapi menurut Dono, Diana tidak cantik. Atau perihal makanan, pasti deh tidak semua orang suka dengan yang namanya duren, termasuk aku juga Antiners Duren. Mengapa itu bisa terjadi? Ya banyak faktor terutama pengetahuan dan prinsip yang dipegang setiap orang berbeda-beda...

Salah satunya tentang berkerudung..Sekarang ini yang namanya hijab lagi ngetrend2 nya, dari hijab model pocong (beneran ada, pernah liet di majalah), model selendang sutra yang berjumbai2, model hijab yang di lalalala..model hijab kepang..bervariasi lah. Dulu hijab kalo gak dibentuk segitiga ya model blong2an yang simpel. Sekarang hijab semakin trendi dan gaul. Kesan pertama yag kulihat yakni cantik, modis, plus tentunya si pemakai jelas pede.  Kemudian setelah itu jujur sempat terpikir memakai hijab yang dimodel2 seperti itu. Sampe2 aku liet di gugel, di fb tentang cara2 pemakainnya. Ada yang rumit juga sih, ada yang standar..Lalu pada suatu ketika aku melihat beberapa artikel yang menjelaskan bahwa pemakaian hijab yang seperti itu sebenarnya tidak boleh. Didukung dengan ayat dan hadist, artikel tersebut dengan gamblang menjelaskan bahwa itu sangat tidak diperbolehkan. Jujur karena pengetahuan agamaku sangat dangkal sekali aku tidak berani mengiyakan. Namun setelah merenung cukup lama aku jadi berpikir, fungsi hijab adalah untuk menutup rambut yang merupakan sebagian dari aurat, bukan untuk menggantikan rambut. Yang aku cermati adalah menurut pandanganku sendiri hijab2 yang dilalalala itu tidak lain hanya sebuah perlakuan yang sejatinya tidak berbeda jauh dilakukan pada rambut. Maka, aku pribadi tidak ingin diriku menjadi salah satu bagian diantara yang demikian. Ini hanya pemikiranku semata dan tentu pilihan maupun pemikiran orang lain bisa jadi sangat berbeda...

Maka yang namanya relatif itu sangat menentukan pilihan. Ada orang berpikir bahwa itu tergantung niatnya...ada lagi yang berkata bahwa dengan berhijab modis maka bisa jadi orang2 yang belum tergerak hatinya untuk berhijab akan mulai memakai hijab karena stylenya yang gak kuno lagi...ada juga yang jelas2 menolak pemakaian hijab yang seperti itu. Semua kembali pada pribadi sendiri. Maka dari itu relatif membuat orang berbeda-beda...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ternyata Aku Gak Punya Sidik Jari...

Kali ini aku mau bercerita lagi..Ini berkaitan dengan malangnya nasib yang kualami. Baiklah..aku akan bercerita... Pada suatu ketika...once upon a time...ada sebuah kisah.. kisah yang terlalu pilu untuk diceritakan... ini tentang seseorang yang kehilangan sidik jarinya.. itulah aku.. Nasip oh nasip.... Sebelumnya, knapa aku bikin post ini karena tiba2 aja aku liet tanganku ini. Ceritanya lagi makan pake tangan, eh tiba2 kenangan itu muncul..Jadi ada ide nih buat nge blog. Aku ini orangnya suka milih kalo makan. Aku cenderung gak suka makanan manis2, roti terutama. Ya tapi klo brownies sih mau...iya laaah...masa gak suka brownies,keterlaluan. Pokonya kalo cokelat aku mau, tapi kalo yg lain gak terlalu suka. Makanan idamanku semisal yang asin2 ato gurih2. So, aku ini senengnya kalo ngemil tu keripik2 buka yg roti2 gitu...Saking sukanya sama asin n gurih, makanan macem itu bisa langsung abis sekali aku adepin. Nah.....suatu ketika, aku masih kelas 1 SMP waktu itu. Ke

Pengalaman Lolos Tes CPNS Dosen Kemenag

Yakin..Terkadang Memang Sulit Mengerti Takdir Yang Allah Putuskan, Tapi Yakinlah Bersamanya Ada Kebaikan I am a typical person who tend to get what I want… SD-SMP-SMA-Kuliah S1 dan S2 boleh dibilang lancar jaya.Ya gak jaya mahe amat sih, tapi overall bisa dikatakan sesuai track. Selesai S2 adalah saat dimana gue sadar gue akan bekerja. Bekerja artinya untuk mempersiapkan finansial demi kehidupan yang dijalani dan pekerjaan yang gue cari selama ini adalah dosen. Ini adalah sepenggal pengalaman mencari pekerjaan sebagai dosen yang telah gue jalani.  pengalaman cari kerja Ini adalah first impression saat gue menjejakkan kaki di Kalimantan Selatan, saat akhirnya gue keterima jadi dosen non-PNS.  my first impression Sejak awal daftar di Kalsel niatnya adalah pengen punya pengalaman kerja biar keterima kerja di Jawa karena selama apply kerja di Jawa itu selalu kalah di pengalaman kerja atau kalah ama “orang dalam”. Padahal awal ikut daftar tes dosen non-PNS di kalsel i

Resensi Film : TANGLED

Film animasi tahun 2010 ini adalah film animasi yang paling kusuka. Walau udah 2 tahun yang lalu, aku masih sering re-run film ini. Diisi oleh suara milik Mandy Moore dan Zachary Levi membuat film ini semakin berkarakter. Tangled sendiri diartikan sebagai hair (rambut) karena ceritanya memang tentang Rapunzel si Rambut Pirang Ajaib. Rapunzel (Mandy Moore) adalah putri kerajaan yang diculik oleh Gothel si Penyihir (Donna Murphy). Gothel ingin memanfaatkan rambut ajaib Rapunzel agar tetap awet muda. Sementara Rapunzel kecil tidak mengetahui bahwa dia diculik sejak masih bayi. Waktu terus berganti sampai akhirnya Rapunzel akan berumur 18 tahun. Selama hampir 18 tahun, dia selalu melihat cahaya-cahaya yang bersinar dari kejauhan di malam ketika dia berulang tahun.  Mimpi Rapunzel adalah melihat cahaya-cahaya itu dari dekat, namun Gothel tidak pernah mengizinkan dengan alasan banyak orang jahat di luar yang akan memanfaatkan rambut ajaibnya. Sampai suatu saat Rapunzel bertemu