Langsung ke konten utama

Sekilas Info : Ada Petir, Tanaman pun Senang


Sebagian dari kita mungkin suka dengan yang namanya hujan. Hujan rintik-rintik bikin suasana jadi romantis, kata yang lagi pacaran (kalo gentengnya jadi bocor emang masih bisa romantis ??). Hujan duit bikin orang jadi kaya, kata yang pengen kaya mendadak. Hujan abu, sebenernya ada manfaatnya juga sih buat nyuburin tanah, kasih penghasilan orang lewat pasir dan batu, kata para peneliti. Hujan deras bikin keinget sama jemuran yang belum diambil, kata ibu2 yang habis nyuci. Nah, kalo Lullu sendiri paling suka sama hujan deres plus ada petirnya. Karena apa? Karena Lullu jadi  bisa tidur nyenyak :P. Tapi bagi sebagian orang petir itu menakutkan. Salah2 bisa kesambar kan repot. Iya juga sih. Tapi coba deh liet petir dari sisi kebaikannya bagi tanaman yang ujung2nya juga manusia kena manfaatnya. Kok bisa??Iya…karena ada petir maka tanamanpun jadi senang :D. Lho?

Nitrogen merupakan salah satu unsure yang juga penting dalam kehidupan. Daur nitrogen berjalan untuk memastikan para mahkluk hidup mendapatkan porsinya masing2. Sebenernya nitrogen itu unsur yang paling banyak dalam atmosfer kita. Kita manusia butuh nitrogen karena nitrogen itu salah satu unsur penting dalam pembentukan asam amino dan asam nukleat, kalo kita bisa kita bisa ambil tuh nitrogen sepuasnya buat kebutuhan tubuh kita. Masalahnya kita gak bisa gitu aja comot dari udara. Karena nitrogen dalam bentuk gas punya ikatan kovalen yang kuat dan sistem dalam tubuh kita gak bisa memecahnya. Untung ada tanaman :D. Dengan adanya tanaman, maka nitrogen dapat menjadi bagian di dalamnya dan kita pun dapat mengkonsumsinya. Ada 2 cara bagaimana nitrogen dapat berada dalam tanaman. Pertama dengan cara mengambilnya dari dalam tanah. Biasanya tanaman jenis ini adalah tanaman legume yang memang dapat mengikat nitrogen karena adanya simbiosis dengan bakteri Rizhombium. Bakteri ini mengubah N2 menjadi nitrat ,NO2 dengan reaksi N2 + 3O2 à 2NO3. Cara kedua yaitu dengan perantara petir N2 diubah menjadi NO3 karena energi elektrik petir yang kuat. Badai petir bahkan dapat memproduksi 1 milyar ton senyawa nitrogen yang bermanfaat bagi manusia. Dan juga satu setengah dari seluruh nitrogen dari dalam tanah terbentuk karena energi petir.

Nah..dengan demikian sekarang kita tak perlu takut pada petir lagi. Bayangkan saja tanaman2 akan mengejar2 petir meminta energinya agar tersedia nitrogen bagi mereka. Kita soraki dan beri semangat pada mereka agar mereka mendapatkan nitrogen. Pada akhirnya kita juga kan yang nikmatin manfaatnya :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEKANISME KONTRAKSI DAN RELAKSASI OTOT

Filamen aktin biasanya berhubungan dengan myosin yang mana bertanggung jawab untuk berbagai pergerakan sel. Myosin adalah prototipe dari penggerak molekuler - sebuah protein yang mengubah energi kimia dalam bentuk ATP menjadi energi gerak yang menghasilkan kekuatan dan pergerakan. Kebanyakan pergerakan umumnya adalah kontraksi otot yang memberi model untuk memahami interaksi aktin dan myosin dan aktivitas penggerak dari molekul myosin. Bagaimanapun juga, interaksi aktin dan myosin tidak hanya bertanggung jawab pada kontraksi otot tetapi juga untuk berbagai pergerakan sel non otot termasuk pembelahan sel. Sehingga interaksi diataranya memerankan peran yang penting di biologi sel. Lebih jauh, sitoskeleton aktin bertanggung jawab untuk pergerakan lambat sel menyeberangi permukaan yang terlihat digerakkan secara langsung oleh polimerisasi aktin dengan baik oleh intreaksi aktin - myosin. 1.Pendahuluan Sel otot merupakan sel yang terspesialisasi untuk satu tugas, kontraksi dan spesialisasi in…

PERKECAMBAHAN SERBUK SARI

LAPORAN PRAKTIKUM REPRODUKSI DAN EMBRIOLOGI TUMBUHAN PERKECAMBAHAN SERBUK SARI
Disusun Oleh : Kelompok 4 Pendidikan Biologi Subsidi 1.Hafidha Asni Akmalia            (08304241003) 2.Tuttus Sufi Kusuma LPS.       (08304241022) 3.Riza Sativani Hayati   (08304241029) 4.Nur Hidayah                           (08304241030) 5.Titis Nindiasari A.                   (08304241036)


JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2010 A.TUJUAN Mengamati serbuk sari yang berkecambah secara in vitro
B.DASAR TEORI Serbuk sari (pollen grain) adalah sebuah sel hidup yang berisi sel kelamin jantan pada bunga (mempunyai protoplasma) yang terbungkus oleh dinding sel. Dinding serbuk sari terdiri atas dua lapisan yaitu di bagian luar yang tebal dan keras disebut lapisan eksin dan sebelah dalam tipis seperti selaput disebut  intin. Pada permukaan eksin terdapat celah atau pori yang disebut apertura yang dapat digunakan oleh serbuk sari untuk jalan keluarnya buluh serbuk …

PERAN ORGANISME DALAM PROSES PEMBENTUKAN DAN PERKEMBANGAN TANAH

MAKALAH BIOLOGI TANAH PERAN ORGANISME DALAM PROSES PEMBENTUKAN DAN PERKEMBANGAN TANAH Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Biologi Tanah






Disusun Oleh : Hafidha Asni Akmalia                08304241003 Alfiah Nurul Wahidah                 08304241019 Muhammad Radian N.A.            08304241034



JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2011

BAB I PENDAHULUAN
A.Latar Belakang Tanah sangat vital peranannya bagi semua kehidupan di bumi karena tanah mendukung kehidupan tumbuhan dengan menyediakan hara dan air sekaligus sebagai penopang akar. Struktur tanah yang berongga-rongga juga menjadi tempat yang baik bagi akar untuk bernafas dan tumbuh. Tanah juga menjadi habitat hidup berbagai mikroorganisme. Bagi sebagian besar hewan darat, tanah menjadi lahan untuk hidup dan bergerak. Tanah berasal dari pelapukan batuan dengan bantuan organisme, membentuk tubuh unik yang menutupi batuan. Proses pembentukan tanah dikenal sebagai pedogenesis. Proses yan…