Langsung ke konten utama

Resensi Film : TRIANGLE



Film ini rilis tahun 2009, cukup lama, namun masuk dalam kategori best movie-ku. Karena akunya memang pecinta jenis2 thriller, misteri, bunuh-membunuh,dan semacamnya, maka menurutku film ini wajib ditonton untuk mencerdaskan otak. Karena apa? karena film ini mengajak kita untuk berpikir, menebak-nebak yang tidak jelas. Dengan demikian, otak kita akan bercahaya kalo kita mikir, kekeke :D. But, berdasarkan pengalaman pribadi, sebaiknya film ini ditonton bersama orang2 yang memiliki ketertarikan yang sama terhadap sebuah film. Soalnya, aku nonton sama temen2 yang melow2 hasilnya mereka jerat-jerit sambil tutup mata. Nggak asik banget kan. Maka, lebih baik nonton sendiri daripada jantungan denger anak orang teriak2.


Jess (Melissa George) adalah ibu satu anak, Tommy (Joshua Mclvor), yang di awal cerita digambarkan sebagai ibu yang pemarah dan selalu membentak Tommy. Perlakuannya terhadap Tommy dikarenakan dia adalah seorang single parent sehingga dia menjadi ibu yang tertekan dan membenci mantan suaminya. Untuk melepas penat, dia ikut berlayar bersama Jack (Jack Taylor), Downey (Henry Nixon), Sally (Rachel Carpani), Heather (Emma Lung), dan Victor (Liam Hemsworth). Namun, Jess seperti ragu untuk ikut berlayar dengan mereka tanpa alasan yang pasti. Dia merasa sesuatu akan terjadi pada dirinya. Pada akhirnya, Jess pun ikut setelah dibujuk Jack. Awal pelayaran sangat menyenangkan karena cuaca yang memang cerah.

Namun, dari kejauhan terlihat awan menggumpal pertanda akan terjadi badai. Saat itu pula, Jack meminta pertolongan lewat radio. Bukannya jawaban yang diterima, melainkan suara di seberang justru meminta tolong pada Jack. Suara itu terdengar ketakutan. Hanya beberapa kata saja yang diungkapkan, kemudian sambungan terputus. Jess merasa ada yang aneh. Tak berlangsung lama, tiba-tiba di tengah pelayaran, badai yang diprediksi menerjang. Kapal terombang-ambing dan semua panik. Air lautpun mulai masuk. Tak ayal, mereka pun tenggelam.

Setelah berkutat dengan badai, akhirnya cuaca membaik. Tak semuanya selamat, Heather hilang. Beberapa saat kemudian, terlihat sebuah kapal mendekati mereka. Pertolongan datang di waktu yang tepat. Mereka melambai-lambai pada seseorang yang ada di dalam kapal.

Hanya Jess yang terdiam. Dia kembali merasa keanehan. Akhirnya, mereka semua masuk kapal. Tapi ternyata tak seorang pun berada di dalam kapal. Saat memasuki koridor, Jess merasa deja vu. Sepertinya dia pernah melihatnya sebelumnya. Jack berkata bahwa koridor yang mereka lewati sama semua., tetapi Jess berkata bahwa ia seperti pernah disini. Ketika mereka berjalan, tiba-tiba terdengar suara benda jatuh. Segerombol kunci tergeletak namun tak seorangpun ada di sekitarnya. Jess kaget karena itu adalah kunci rumahnya. Bagaimana itu bisa ada di sini? Sally menduga bahwa kunci itu dibawa oleh Heather dan dia selamat dari badai lalu juga berada di dalam kapal itu. Merekapun mencari Heather ke dalam. Tiba-tiba Jess melihat bayangan seseorang yang terpantul di cermin. Victor lalu mengejarnya. Sementara Jack mencoba mencari jalan lain dan Jess pun mengikutinya. Jess berkata bahwa sepertinya Vic berada dalam bahaya, dia merasa deja vu dengan semua ini, dia berkata bahwa dia kenal kapal itu. Tapi Jack tak percaya, dia mencoba menenangkan Jess dengan berkata bahwa Jess hanya shock. Singkat cerita, Jess memilih berpisah dari Jack. Ketika dia tiba di ruang makan, tiba-tiba dari arah belakang Vic yang telah berlumuran darah mencekiknya tanpa alasan yang jelas. Jess melawan, tangannya menekan kepala Vic yang terluka, dan Vic pun mati. Jess shock, pada saat itu pula terdengar suara tembakan. Dia menuju ruang teater dan menemukan Jack telah mati. Downey dan Sally menuduhnya yang menembak Jack. Tiba-tiba terdengar tembakan lagi yang membuat keduanya juga mati. Jess kabur ke dek. Malangnya dia ditemukan si penembak yang bertopeng.

Dia melawan si penembak. Di tepi dek, Jess berhasil membuatnya jatuh tenggelam ke laut. Namun, sebelum si penembak terjatuh, dia mengatakan pada Jess bahwa semua harus dibunuh. Jess yang berhasil melawannya tiba-tiba melihat sebuah kapal kecil mendekat. Ternyata kapal itu adalah kapal yang ditumpanginya dan orang-orang yang melambai-lambaikan tangannya adalah Jess sendiri dan teman-temannya. Bingo! Jadi, adegan kemudian terulang seperti pertama kali mereka tiba di kapal besar. Hanya saja ada dua karakter Jess di sini. Jess pertama yang baru saja tiba di kapal , sementara Jess kedua yang bertahan hidup. Singkatnya, Jess kedua mengikuti mereka ke koridor dan tanpa sengaja menjatuhkan kuncimya. Seperti adegan sebelumnya, Jack yang mengambilnya. Jadi ternyata Jess kedua yang menjatuhkan kunci bila kita melihat pada adegan bagian pertama, sementara Jess pertama berkata bahwa itu kunci miliknya.

Itu menjawab mengapa kuncinya bisa berada di dalam kapal. Singkatnya, Jess kedua bertemu dengan Vic di dek. Dia mencoba meyakinkan peristiwa yang sebelumnya terjadi. Tapi tanpa sengaja justru dialah yang melukai Vic hingga kepalanya terluka. Pada adegan bagian kedua ada perubahan action. Sebelumnya Vic mati namun yang kedua ini dia masih hidup dan melihat dengan mata sendiri bahwa ada dua Jess, Jess pertama yang berlayar dengannya dan Jess kedua yang barusan ditemui. Lalu saat di teater, pada bagian pertama, semua mati kecuali Jess, pada bagian kedua semua selamat karena berhasil diselamatkan Jess. Intinya Jess kedua akhirnya mengetahui bahwa polanya dapat diubah dan berpikir bahwa mereka dapat keluar dari kapal. Jess kedua meninggalkan Downey dan Sally dan berpesan bahwa jangan mempercayai siapapun. Sementara mereka berdua berada di koridor, Jess mencoba mencari yang lain. Tapi saat di koridor, mereka bertemu dengan Jess kembali. Di sini dia memakai  pakaian serba hitam, berbeda saat sebelumnya dia memakai celana dan T-shirt. Apa artinya ini? Bingo lagi! Dia adalah karakter Jess yang ketiga!

Jess ketiga berhasil membunuh Downey, sementara Sally kabur. Sally mencoba meminta pertolongan lewat radio dan ternyata dia tersambung dengan Jack! Nah, jadi ingat kembali adegan bagian pertama saat Jack menerima suara pertolongan lewat sambungan radio, ternyata tidak lain adalah Sally yang berada di kapal. Jadi, nunjauh dari Sally yang sekarang, ada lagi karakter mereka semua yang sedang berlayar. Artinya kejadian ini akan terus berulang dan berulang. Pada akhirnya Jess kedua menemukan Sally dan mencoba meyakinkan bahwa bukan dia yang membunuh. Tapi Sally tak percaya dan kabur ke anjungan. Jess mengikutinya, dan ketika tiba dia menemukan ada banyak Sally yang mati di situ.

Setelah itu, dia mendengar suara minta tolong lagi yang tidak lain adalah karakter mereka sendiri yang berada di atas kapal yang ditumpangi. Jess kedua sadar, adegan akan terulang lagi saat semua mati, persis pada bagian awal setelah dia sendiri membunuh si penembak bertopeng di dek. Dia memutuskan untuk membunuh mereka semua, dan agar tak dikenali dia memakai pakaian hitam dan topeng. Jadi, karakter Jess kedua naik tingkat jadi karakter Jess ketiga yang nanti akan membunuh mereka semua. Membunuh Sally, Jack, Downey di teater. Jadi si penembak bertopeng tidak lain adalah Jess sendiri. Sampai saatnya Jess ketiga bertemu dengan Jess pertama, Jess pertama dapat mengalahkan Jess ketiga hingga tenggelam ke laut.

Jadi, bila kita review adegan bagian pertama, pada saat Jess melawan penembak bertopeng, tidak lain adalah dirnya sendiri Jess ketiga. Jess ketiga yang tenggelam ternyata tidak mati. Dia terdampar di pantai dan dapat kembali ke rumah.

Dan di rumah, masih ada Jess yang lain, yang belum pergi berlayar. Jess ketiga ini membunuh Jess yang di rumah, dan bersama Tommy mengendarai mobil ke pantai . Dia berencana membuang mayat Jess. Namun, mobil mengalami kecelakaan. Mayat Jess terlempar, begitu pula dengan Tommy. Sementara Jess ketiga masih hidup dan berada di tepi jalan. Orang-orang mengira bahwa mayat Jess mati karena kecelakaan. Balik ke karakter Jess ketiga, dia seperti orang yang hilang ingatan dan kemudia memutuskan pergi menuju pelabuhan menemui Jack yang mengajaknya berlayar. Adegan kembali seperti awal. Jess ketiga berubah karakter  menjadi Jess pertama yang ikut berlayar, dan intinya Triangle ini terjebak dalam lingkaran yang tak ada akhirnya.


Adegan-adegan tembakan, pemukulan membuat darah berceceran mungkin bagi sebagian orang terasa mengerikan. Jadi tidak disarankan ditonton oleh orang2 yang hatinya lembut dan pecinta film love2. Semua pertanyaan pun terjawab. Mengapa Jess ragu ketika akan ikut berlayar? Karena karakter dirinya di masa datang telah mengalami peristiwa yang tak ada akhirnya, namun dia tidak menyadari karena dia telah hilang ingatan saat karakter dirinya sebelum berlayar mengalami kecelakaan mobil. Mengapa pada awal di koridor Jess merasa deja vu tidak lain karena dia sebelumnya memang berada di kapal. Terlebih lagi pertanyaan dimana karakter Jess lainnya saat karakter Jess disorot sebagai adegan yang diceritakan? Membingungkan bukan? Inilah sisi menariknya. Triangle memang rumit, tapi begitulah semakin rumit semakin bikin penasaran.  Bagus kan buat otak :D, karena nonton film ini mesti dengan mikir yang agak tinggi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEKANISME KONTRAKSI DAN RELAKSASI OTOT

Filamen aktin biasanya berhubungan dengan myosin yang mana bertanggung jawab untuk berbagai pergerakan sel. Myosin adalah prototipe dari penggerak molekuler - sebuah protein yang mengubah energi kimia dalam bentuk ATP menjadi energi gerak yang menghasilkan kekuatan dan pergerakan. Kebanyakan pergerakan umumnya adalah kontraksi otot yang memberi model untuk memahami interaksi aktin dan myosin dan aktivitas penggerak dari molekul myosin. Bagaimanapun juga, interaksi aktin dan myosin tidak hanya bertanggung jawab pada kontraksi otot tetapi juga untuk berbagai pergerakan sel non otot termasuk pembelahan sel. Sehingga interaksi diataranya memerankan peran yang penting di biologi sel. Lebih jauh, sitoskeleton aktin bertanggung jawab untuk pergerakan lambat sel menyeberangi permukaan yang terlihat digerakkan secara langsung oleh polimerisasi aktin dengan baik oleh intreaksi aktin - myosin. 1.Pendahuluan Sel otot merupakan sel yang terspesialisasi untuk satu tugas, kontraksi dan spesialisasi in…

PERKECAMBAHAN SERBUK SARI

LAPORAN PRAKTIKUM REPRODUKSI DAN EMBRIOLOGI TUMBUHAN PERKECAMBAHAN SERBUK SARI
Disusun Oleh : Kelompok 4 Pendidikan Biologi Subsidi 1.Hafidha Asni Akmalia            (08304241003) 2.Tuttus Sufi Kusuma LPS.       (08304241022) 3.Riza Sativani Hayati   (08304241029) 4.Nur Hidayah                           (08304241030) 5.Titis Nindiasari A.                   (08304241036)


JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2010 A.TUJUAN Mengamati serbuk sari yang berkecambah secara in vitro
B.DASAR TEORI Serbuk sari (pollen grain) adalah sebuah sel hidup yang berisi sel kelamin jantan pada bunga (mempunyai protoplasma) yang terbungkus oleh dinding sel. Dinding serbuk sari terdiri atas dua lapisan yaitu di bagian luar yang tebal dan keras disebut lapisan eksin dan sebelah dalam tipis seperti selaput disebut  intin. Pada permukaan eksin terdapat celah atau pori yang disebut apertura yang dapat digunakan oleh serbuk sari untuk jalan keluarnya buluh serbuk …

PERAN ORGANISME DALAM PROSES PEMBENTUKAN DAN PERKEMBANGAN TANAH

MAKALAH BIOLOGI TANAH PERAN ORGANISME DALAM PROSES PEMBENTUKAN DAN PERKEMBANGAN TANAH Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Biologi Tanah






Disusun Oleh : Hafidha Asni Akmalia                08304241003 Alfiah Nurul Wahidah                 08304241019 Muhammad Radian N.A.            08304241034



JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2011

BAB I PENDAHULUAN
A.Latar Belakang Tanah sangat vital peranannya bagi semua kehidupan di bumi karena tanah mendukung kehidupan tumbuhan dengan menyediakan hara dan air sekaligus sebagai penopang akar. Struktur tanah yang berongga-rongga juga menjadi tempat yang baik bagi akar untuk bernafas dan tumbuh. Tanah juga menjadi habitat hidup berbagai mikroorganisme. Bagi sebagian besar hewan darat, tanah menjadi lahan untuk hidup dan bergerak. Tanah berasal dari pelapukan batuan dengan bantuan organisme, membentuk tubuh unik yang menutupi batuan. Proses pembentukan tanah dikenal sebagai pedogenesis. Proses yan…