Langsung ke konten utama

Let's Learn Bahasa Indonesia Lesson 1 (Belajar Bahasa Indonesia)

Bahasa Indonesia is national language used by Indonesian people. It has little different structure in sentences if we compare it with English. For example when we make a sentence using adjective. In English, adjective is put before noun. But in bahasa Indonesia, we put it after noun. Another difference is about time. We have many structures in English when the time isn't same. In bahasa Indonesia, we just put adverb of time without change the structure or the words. Now, i'd like to give some examples. 

English (E) : Budi  has  short  hair
                    (S)   (V)  (Adj) (N)
Indonesia (I) : Budi memiliki rambut pendek
                       (S)    (V)         (N)     (Adj)

E : Ani eats a ripe banana
      (S) (V)  (Adj)     (N)
I : Ani memakan pisang matang
     (S)  (V)           (N)     (Adj)

Those examples in bahasa Indonesia have same structure : S+V+N+Adj. In comparion with English, there is little different in composition of sentence. We say "short hair" in English and if we want to say in bahasa Indonesia, we just exchange their position become "rambut pendek". The second sentence has same meaning with the first. A ripe banana become pisang matang. So, the conclusion : the adjective is put  in front of the noun. 

Then, these are some examples about how to make a sentence with different time.

E : Diah drinks milk everyday
     (S)     (V)    (N)   (Adv of time)
I : Diah  minum susu setiap hari
     (S)      (V)    N)    (Adv of time)

Now, look at the next example :

E : Diah drank milk yesterday
      (S)    (V)    (N)   (time)
I : Diah minum susu kemarin
      (S)    (V)    (N)   (time)

E : Diah has never drunk milk since 1990
      (S)            (V)           (N)    (time)
I : Diah belum pernah minum susu sejak tahun 1990
      (S)            (V)                 (N)       (time)

In English, when the time has changed then we have to change the structure and sometimes the word. The first is simple present tense. It uses Verb 1---> drinks. The second is past tense using Verb 2---> drank. And the last is present perfect tense using have/has + past participle---> has never drunk. We can compare it with bahasa Indonesia. There are no differences in the structure and the word. We just add time at the end of sentences. The verb in all example is same ---> minum, though the time is changed into another. We don't have any another form for  the verb  "minum". So, what we have to do is pretty simple, just add  adverb of time such as sekarang, kemarin, besok, setiap minggu, etc.

It's easy, isn't it? Because I'm Indonesian, i can do it. Hehehe..but, actually i just want to acquaint bahasa Indonesia so many people, foreigner especially, can learn about my language. And also, i still learn English too. I think i have little difficult when i want to tell a story in English. So, i decide to make a lesson about bahasa Indonesia using English. I hope my English improve fluently step by step.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ternyata Aku Gak Punya Sidik Jari...

Kali ini aku mau bercerita lagi..Ini berkaitan dengan malangnya nasib yang kualami. Baiklah..aku akan bercerita... Pada suatu ketika...once upon a time...ada sebuah kisah.. kisah yang terlalu pilu untuk diceritakan... ini tentang seseorang yang kehilangan sidik jarinya.. itulah aku.. Nasip oh nasip.... Sebelumnya, knapa aku bikin post ini karena tiba2 aja aku liet tanganku ini. Ceritanya lagi makan pake tangan, eh tiba2 kenangan itu muncul..Jadi ada ide nih buat nge blog. Aku ini orangnya suka milih kalo makan. Aku cenderung gak suka makanan manis2, roti terutama. Ya tapi klo brownies sih mau...iya laaah...masa gak suka brownies,keterlaluan. Pokonya kalo cokelat aku mau, tapi kalo yg lain gak terlalu suka. Makanan idamanku semisal yang asin2 ato gurih2. So, aku ini senengnya kalo ngemil tu keripik2 buka yg roti2 gitu...Saking sukanya sama asin n gurih, makanan macem itu bisa langsung abis sekali aku adepin. Nah.....suatu ketika, aku masih kelas 1 SMP waktu itu. Ke

Pengalaman Lolos Tes CPNS Dosen Kemenag

Yakin..Terkadang Memang Sulit Mengerti Takdir Yang Allah Putuskan, Tapi Yakinlah Bersamanya Ada Kebaikan I am a typical person who tend to get what I want… SD-SMP-SMA-Kuliah S1 dan S2 boleh dibilang lancar jaya.Ya gak jaya mahe amat sih, tapi overall bisa dikatakan sesuai track. Selesai S2 adalah saat dimana gue sadar gue akan bekerja. Bekerja artinya untuk mempersiapkan finansial demi kehidupan yang dijalani dan pekerjaan yang gue cari selama ini adalah dosen. Ini adalah sepenggal pengalaman mencari pekerjaan sebagai dosen yang telah gue jalani.  pengalaman cari kerja Ini adalah first impression saat gue menjejakkan kaki di Kalimantan Selatan, saat akhirnya gue keterima jadi dosen non-PNS.  my first impression Sejak awal daftar di Kalsel niatnya adalah pengen punya pengalaman kerja biar keterima kerja di Jawa karena selama apply kerja di Jawa itu selalu kalah di pengalaman kerja atau kalah ama “orang dalam”. Padahal awal ikut daftar tes dosen non-PNS di kalsel i

Resensi Film : TANGLED

Film animasi tahun 2010 ini adalah film animasi yang paling kusuka. Walau udah 2 tahun yang lalu, aku masih sering re-run film ini. Diisi oleh suara milik Mandy Moore dan Zachary Levi membuat film ini semakin berkarakter. Tangled sendiri diartikan sebagai hair (rambut) karena ceritanya memang tentang Rapunzel si Rambut Pirang Ajaib. Rapunzel (Mandy Moore) adalah putri kerajaan yang diculik oleh Gothel si Penyihir (Donna Murphy). Gothel ingin memanfaatkan rambut ajaib Rapunzel agar tetap awet muda. Sementara Rapunzel kecil tidak mengetahui bahwa dia diculik sejak masih bayi. Waktu terus berganti sampai akhirnya Rapunzel akan berumur 18 tahun. Selama hampir 18 tahun, dia selalu melihat cahaya-cahaya yang bersinar dari kejauhan di malam ketika dia berulang tahun.  Mimpi Rapunzel adalah melihat cahaya-cahaya itu dari dekat, namun Gothel tidak pernah mengizinkan dengan alasan banyak orang jahat di luar yang akan memanfaatkan rambut ajaibnya. Sampai suatu saat Rapunzel bertemu