Langsung ke konten utama

Jalan-jalan Ke Keraton Ngayogyakarta

2 minggu yang lalu, aku sama Adnin temenku maen2 ke Keraton. Kami udah lama banget gak ketemu. It's about 1 year may be..Berhubung lagi off maka kami memutuskan untuk ngedate ke Keraton. Kenapa Keraton? Karena si Adnin sendiri belum pernah kesana. Kasian sekali dia, sampe merengek-rengek minta ke Keraton, dibantu nyembah2 pula. Aku sendiri udah pernah ke sana cuman itu waktu aku jaman SD, sudah 10 taon yang lalu. Kami berangkat pukul setengah 10.00 WIB dan sampe jam 10.00 WIB. Masuk ke Keraton kudu bayar teman2...tapi murah beud..cuman Rp 3.000,-. Kami sempat heran juga, bakso aja gak dapet harga segitu, ini masuk Keraton yang notabene icon Yogyakarta cuman 3 ribu??? Apa gak salah? Apa harganya harusnya Rp 8.000,- tapi berhubung karcisnya luntur terus jadi angka 3 gitu?? Ya sudahlah, kami pun masuk dengan riang gembira, lumayan dapet yang murah kan anak kost. Ini dia gambar yang pertama kali kami ambil..
Habis masuk dari tempat karcis maka kita akan disambut oleh bangsal itu. Di sebelah kanan dan kiri bangsal terdapat ruangan yang isinya boneka-boneka pake baju adat Jawa, menceritakan beberapa kejadian misalnya prosesi anaknya Sultan mantenan ato prosesi khitanan. Masih banyak lagi sih, sayangnya aku lupa apa saja. Kami berlanjut ke selatan dan terlihatlah pahatan pada dinding putih. Relief yang ada menceritakan perjuangan Pangeran Mangkubumi. Aku sendiri sih kurang jelas perjuangan apa, kayaknya sih perjuangan melawan para penjajah...
Lanjut terus ke selatan..nemu undak2an dan kami pun berpoto...
Setelah itu kami juga sempat memotret Bangsal Mangunturtangkil. Di situ terdapat catatan bahwa bangsal ini digunakan oleh Sultan saat menghadiri upacara Garebeg Pasa, Garebeg Besar, maupun Garebeg Mulud, selain itu juga dipergunakan saat seorang Pangeran/Putra Mahkota dinobatkan menjadi Sultan Yogyakarta. Bangsal ini terakhir digunakan tanggal 7 Maret 1989 saat Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Mangkubumi, SH dinobatkan menjadi Ngarso Dalem Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun Kanjeng Sultan Hamengku Buwono Senopati Ingalaga Ngabdurrahman Sayidin Panatagama Kalifatullah Ingkang Jumeneng Kaping X ing Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Jadi sodara2...yang dimaksud oleh tulisan tersebut adalah Raja Kraton Ngayogyakarta saat ini, yakni Sri Sultan Hamengku Buwono yang ke sepuluh. Ini dia bentuk bangsalnya...
Bangsalnya gede dan ada semacam bangunan di tengahnya, mungkin buat tempat Raja, soalnya ada keramik yang agak tinggi..mungkin tapi...just estimate...
Setelah itu kami pergi ke ruangan yang ada gambar-gambar Raja dan kereta-kereta. Mulai dari Raja yang pertama sampe kesepuluh ini semua ada, komplet. Keretanya juga ada banyak, macem2, dan bagus2 pula. Setiap kereta punya nama dan fungsinya sendiri2. Ada yang dipake buat mantenannya anak pertama Raja Hamengku Buwono X, ada kereta khusus Pangeran dan Putri Mahkota...
Berhubung kalo motret dari depan kena cahaya dari luar, alhasil Adnin motonya dari arah samping...lebih keliatan malah. 
Ini salah satu contoh kereta punya kerajaan, namanya Kereta Kanjeng Nyai Jimat yang dibuat tahun 1740-1750. Kereta ini digunakan untuk penobatan Sri Sultan Hamnegku Buwono I sampe III. 
Ruangan ini menjadi ruangan terakhir dalam kunjungan singkat kami ke keraton. Yah...cukup menarik sih, tapi menurutku kurang banget, lebih bagus kalo tambah apa gitu biar tambah rame. Mungkin tambah pajangan tentang gamelan2 historis ato keris2 ato lukisan keraton jaman dulu gitu kan jadi lebih banyak yang diliet. Akhirnya sesi terakhir adalah sesi wajib yakni foto2...



Begitulah sekelumit ceritaku mengunjungi keraton jogja...semoga kapan lagi bisa kesana plus liet2 ke museum kereta.. :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEKANISME KONTRAKSI DAN RELAKSASI OTOT

Filamen aktin biasanya berhubungan dengan myosin yang mana bertanggung jawab untuk berbagai pergerakan sel. Myosin adalah prototipe dari penggerak molekuler - sebuah protein yang mengubah energi kimia dalam bentuk ATP menjadi energi gerak yang menghasilkan kekuatan dan pergerakan. Kebanyakan pergerakan umumnya adalah kontraksi otot yang memberi model untuk memahami interaksi aktin dan myosin dan aktivitas penggerak dari molekul myosin. Bagaimanapun juga, interaksi aktin dan myosin tidak hanya bertanggung jawab pada kontraksi otot tetapi juga untuk berbagai pergerakan sel non otot termasuk pembelahan sel. Sehingga interaksi diataranya memerankan peran yang penting di biologi sel. Lebih jauh, sitoskeleton aktin bertanggung jawab untuk pergerakan lambat sel menyeberangi permukaan yang terlihat digerakkan secara langsung oleh polimerisasi aktin dengan baik oleh intreaksi aktin - myosin. 1.Pendahuluan Sel otot merupakan sel yang terspesialisasi untuk satu tugas, kontraksi dan spesialisasi in…

PERKECAMBAHAN SERBUK SARI

LAPORAN PRAKTIKUM REPRODUKSI DAN EMBRIOLOGI TUMBUHAN PERKECAMBAHAN SERBUK SARI
Disusun Oleh : Kelompok 4 Pendidikan Biologi Subsidi 1.Hafidha Asni Akmalia            (08304241003) 2.Tuttus Sufi Kusuma LPS.       (08304241022) 3.Riza Sativani Hayati   (08304241029) 4.Nur Hidayah                           (08304241030) 5.Titis Nindiasari A.                   (08304241036)


JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2010 A.TUJUAN Mengamati serbuk sari yang berkecambah secara in vitro
B.DASAR TEORI Serbuk sari (pollen grain) adalah sebuah sel hidup yang berisi sel kelamin jantan pada bunga (mempunyai protoplasma) yang terbungkus oleh dinding sel. Dinding serbuk sari terdiri atas dua lapisan yaitu di bagian luar yang tebal dan keras disebut lapisan eksin dan sebelah dalam tipis seperti selaput disebut  intin. Pada permukaan eksin terdapat celah atau pori yang disebut apertura yang dapat digunakan oleh serbuk sari untuk jalan keluarnya buluh serbuk …

PERAN ORGANISME DALAM PROSES PEMBENTUKAN DAN PERKEMBANGAN TANAH

MAKALAH BIOLOGI TANAH PERAN ORGANISME DALAM PROSES PEMBENTUKAN DAN PERKEMBANGAN TANAH Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Biologi Tanah






Disusun Oleh : Hafidha Asni Akmalia                08304241003 Alfiah Nurul Wahidah                 08304241019 Muhammad Radian N.A.            08304241034



JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2011

BAB I PENDAHULUAN
A.Latar Belakang Tanah sangat vital peranannya bagi semua kehidupan di bumi karena tanah mendukung kehidupan tumbuhan dengan menyediakan hara dan air sekaligus sebagai penopang akar. Struktur tanah yang berongga-rongga juga menjadi tempat yang baik bagi akar untuk bernafas dan tumbuh. Tanah juga menjadi habitat hidup berbagai mikroorganisme. Bagi sebagian besar hewan darat, tanah menjadi lahan untuk hidup dan bergerak. Tanah berasal dari pelapukan batuan dengan bantuan organisme, membentuk tubuh unik yang menutupi batuan. Proses pembentukan tanah dikenal sebagai pedogenesis. Proses yan…