Langsung ke konten utama

Jalan-jalan Ke Keraton Ngayogyakarta

2 minggu yang lalu, aku sama Adnin temenku maen2 ke Keraton. Kami udah lama banget gak ketemu. It's about 1 year may be..Berhubung lagi off maka kami memutuskan untuk ngedate ke Keraton. Kenapa Keraton? Karena si Adnin sendiri belum pernah kesana. Kasian sekali dia, sampe merengek-rengek minta ke Keraton, dibantu nyembah2 pula. Aku sendiri udah pernah ke sana cuman itu waktu aku jaman SD, sudah 10 taon yang lalu. Kami berangkat pukul setengah 10.00 WIB dan sampe jam 10.00 WIB. Masuk ke Keraton kudu bayar teman2...tapi murah beud..cuman Rp 3.000,-. Kami sempat heran juga, bakso aja gak dapet harga segitu, ini masuk Keraton yang notabene icon Yogyakarta cuman 3 ribu??? Apa gak salah? Apa harganya harusnya Rp 8.000,- tapi berhubung karcisnya luntur terus jadi angka 3 gitu?? Ya sudahlah, kami pun masuk dengan riang gembira, lumayan dapet yang murah kan anak kost. Ini dia gambar yang pertama kali kami ambil..
Habis masuk dari tempat karcis maka kita akan disambut oleh bangsal itu. Di sebelah kanan dan kiri bangsal terdapat ruangan yang isinya boneka-boneka pake baju adat Jawa, menceritakan beberapa kejadian misalnya prosesi anaknya Sultan mantenan ato prosesi khitanan. Masih banyak lagi sih, sayangnya aku lupa apa saja. Kami berlanjut ke selatan dan terlihatlah pahatan pada dinding putih. Relief yang ada menceritakan perjuangan Pangeran Mangkubumi. Aku sendiri sih kurang jelas perjuangan apa, kayaknya sih perjuangan melawan para penjajah...
Lanjut terus ke selatan..nemu undak2an dan kami pun berpoto...
Setelah itu kami juga sempat memotret Bangsal Mangunturtangkil. Di situ terdapat catatan bahwa bangsal ini digunakan oleh Sultan saat menghadiri upacara Garebeg Pasa, Garebeg Besar, maupun Garebeg Mulud, selain itu juga dipergunakan saat seorang Pangeran/Putra Mahkota dinobatkan menjadi Sultan Yogyakarta. Bangsal ini terakhir digunakan tanggal 7 Maret 1989 saat Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Mangkubumi, SH dinobatkan menjadi Ngarso Dalem Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun Kanjeng Sultan Hamengku Buwono Senopati Ingalaga Ngabdurrahman Sayidin Panatagama Kalifatullah Ingkang Jumeneng Kaping X ing Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Jadi sodara2...yang dimaksud oleh tulisan tersebut adalah Raja Kraton Ngayogyakarta saat ini, yakni Sri Sultan Hamengku Buwono yang ke sepuluh. Ini dia bentuk bangsalnya...
Bangsalnya gede dan ada semacam bangunan di tengahnya, mungkin buat tempat Raja, soalnya ada keramik yang agak tinggi..mungkin tapi...just estimate...
Setelah itu kami pergi ke ruangan yang ada gambar-gambar Raja dan kereta-kereta. Mulai dari Raja yang pertama sampe kesepuluh ini semua ada, komplet. Keretanya juga ada banyak, macem2, dan bagus2 pula. Setiap kereta punya nama dan fungsinya sendiri2. Ada yang dipake buat mantenannya anak pertama Raja Hamengku Buwono X, ada kereta khusus Pangeran dan Putri Mahkota...
Berhubung kalo motret dari depan kena cahaya dari luar, alhasil Adnin motonya dari arah samping...lebih keliatan malah. 
Ini salah satu contoh kereta punya kerajaan, namanya Kereta Kanjeng Nyai Jimat yang dibuat tahun 1740-1750. Kereta ini digunakan untuk penobatan Sri Sultan Hamnegku Buwono I sampe III. 
Ruangan ini menjadi ruangan terakhir dalam kunjungan singkat kami ke keraton. Yah...cukup menarik sih, tapi menurutku kurang banget, lebih bagus kalo tambah apa gitu biar tambah rame. Mungkin tambah pajangan tentang gamelan2 historis ato keris2 ato lukisan keraton jaman dulu gitu kan jadi lebih banyak yang diliet. Akhirnya sesi terakhir adalah sesi wajib yakni foto2...



Begitulah sekelumit ceritaku mengunjungi keraton jogja...semoga kapan lagi bisa kesana plus liet2 ke museum kereta.. :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ternyata Aku Gak Punya Sidik Jari...

Kali ini aku mau bercerita lagi..Ini berkaitan dengan malangnya nasib yang kualami. Baiklah..aku akan bercerita... Pada suatu ketika...once upon a time...ada sebuah kisah.. kisah yang terlalu pilu untuk diceritakan... ini tentang seseorang yang kehilangan sidik jarinya.. itulah aku.. Nasip oh nasip.... Sebelumnya, knapa aku bikin post ini karena tiba2 aja aku liet tanganku ini. Ceritanya lagi makan pake tangan, eh tiba2 kenangan itu muncul..Jadi ada ide nih buat nge blog. Aku ini orangnya suka milih kalo makan. Aku cenderung gak suka makanan manis2, roti terutama. Ya tapi klo brownies sih mau...iya laaah...masa gak suka brownies,keterlaluan. Pokonya kalo cokelat aku mau, tapi kalo yg lain gak terlalu suka. Makanan idamanku semisal yang asin2 ato gurih2. So, aku ini senengnya kalo ngemil tu keripik2 buka yg roti2 gitu...Saking sukanya sama asin n gurih, makanan macem itu bisa langsung abis sekali aku adepin. Nah.....suatu ketika, aku masih kelas 1 SMP waktu itu. Ke

Pengalaman Lolos Tes CPNS Dosen Kemenag

Yakin..Terkadang Memang Sulit Mengerti Takdir Yang Allah Putuskan, Tapi Yakinlah Bersamanya Ada Kebaikan I am a typical person who tend to get what I want… SD-SMP-SMA-Kuliah S1 dan S2 boleh dibilang lancar jaya.Ya gak jaya mahe amat sih, tapi overall bisa dikatakan sesuai track. Selesai S2 adalah saat dimana gue sadar gue akan bekerja. Bekerja artinya untuk mempersiapkan finansial demi kehidupan yang dijalani dan pekerjaan yang gue cari selama ini adalah dosen. Ini adalah sepenggal pengalaman mencari pekerjaan sebagai dosen yang telah gue jalani.  pengalaman cari kerja Ini adalah first impression saat gue menjejakkan kaki di Kalimantan Selatan, saat akhirnya gue keterima jadi dosen non-PNS.  my first impression Sejak awal daftar di Kalsel niatnya adalah pengen punya pengalaman kerja biar keterima kerja di Jawa karena selama apply kerja di Jawa itu selalu kalah di pengalaman kerja atau kalah ama “orang dalam”. Padahal awal ikut daftar tes dosen non-PNS di kalsel i

Resensi Film : TANGLED

Film animasi tahun 2010 ini adalah film animasi yang paling kusuka. Walau udah 2 tahun yang lalu, aku masih sering re-run film ini. Diisi oleh suara milik Mandy Moore dan Zachary Levi membuat film ini semakin berkarakter. Tangled sendiri diartikan sebagai hair (rambut) karena ceritanya memang tentang Rapunzel si Rambut Pirang Ajaib. Rapunzel (Mandy Moore) adalah putri kerajaan yang diculik oleh Gothel si Penyihir (Donna Murphy). Gothel ingin memanfaatkan rambut ajaib Rapunzel agar tetap awet muda. Sementara Rapunzel kecil tidak mengetahui bahwa dia diculik sejak masih bayi. Waktu terus berganti sampai akhirnya Rapunzel akan berumur 18 tahun. Selama hampir 18 tahun, dia selalu melihat cahaya-cahaya yang bersinar dari kejauhan di malam ketika dia berulang tahun.  Mimpi Rapunzel adalah melihat cahaya-cahaya itu dari dekat, namun Gothel tidak pernah mengizinkan dengan alasan banyak orang jahat di luar yang akan memanfaatkan rambut ajaibnya. Sampai suatu saat Rapunzel bertemu