Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Oktober, 2012

Let's Learn Bahasa Indonesia Lesson 3 : How to Make A Questions

Asking is common activity in our daily life. We always use it when we want to know some informations. In sentence, both English and bahasa Indonesia have their own structure.

English :                                                                 Bahasa Indonesia

What do you doing?                                             Apa yang kamu lakukan?
(Q)  (Aux) (S) (V)                                                (Q)          (S)      (V)  

When did he arrive?                                              Kapan dia datang?
(Q) (Aux) (S) (V)                                                  (Q)     (S)  (V)

Where do you live?                                               Dimana kamu tinggal?
(Q)  (Aux) (S) (V)                                                 (Q)        (S)     (V)


You can compare those exsamples. Can you conclude what the difference is? In English, we have auxiliary verb which is put after Question (Q). In bahasa Indonesia, we sometimes have it like the first example. Th…

Everything is Your Teacher

Aku sepenuhnya paham akan twit yang ditulis Desi Anwar ini. Dalam bahasa sederhanaku, apa-apa baik yang tampak dan tak tampak memiliki pesan tersurat dan tersirat. Lebih-lebih pengalaman hidup. Melihat pengalaman hidup kita di masa lalu sekaligus pengalaman hidup orang lain menurutku adalah salah satu cara untuk menuju ke arah kebaikan, salah satunya yaitu menjadi pribadi yang banyak bersyukur pada Tuhan.....

Aku takkan menulis cerita ini kalau temanku tidak bercerita. Aku juga takkan lebih mensyukuri nikmat Tuhan kalau saja aku tidak membaca sebuah kisah yang diungkap oleh sebuah majalah ibukota. Menjadi mahasiswa itu gampang-gampang susah. Apalagi kalau memasuki masa skripsi, ada yang senang, ada yang malesan termasuk aku, ada juga yang gak jelas. Sebenarnya aku udah mau tutup lapak mengenai hal2 yang berhubungan dengan skripsi, mengingat aku sendiri tidak maksimal. Selama 7 bulan itu, aku hanya setengah2 mengerjakannya, antara pengen cepat lulus dan masih gak percaya mau lulus kar…

HEMOGLOBIN

SISTEM KARDIOVASKULAR MENGUKUR KADAR HEMOGLOBIN (Hb)

A.  TUJUAN Mengukur kadar hemoglobin (Hb) darah
B.  ALAT DAN BAHAN Alat oHemoglobinometer Sahli. oTalquist Chart. oPhotometer Leica.
Bahan oBlood lancet steril. oPipet khusus dengan selang karet. oKapas. oAlkohol. oAquades. oLarutan HCl 0,1 N.
C.  LANGKAH  KERJA Menyeterilkan ujung jari tengah dengan kapas alkohol dan biarkan sampai kering.Menusuk ujung jari tengah naracoba dengan blood lancet steril sehingga darah keluar dan meneteskannya pada masing-masing bulatan satu tetes darah pada kaca obyek.Mengisi tabung berskala dari hemometer Sahli dengan larutan HCl 0,1 N sampai tanda angka 2.Menghisap darah langsung dari naracoba menggunakan pipet khusus sampai tanda garis pada pipet.Membersihkan ujung pipet dengan kertas tissue dan meniupkan darah yang terdapat dalam pipet ke dalam tabung yang telah berisi HCl 0,1 N.Membiarkan selama kurang lebih 2 menit.Menambahkan tetes demi tetes aquades sambil diaduk dengan pengaduk khusus (batang kaca) sampai w…

TEORI BELAJAR JEROME BRUNNER

TUGAS PENDIDIKAN BIOLOGI TEORI BELAJAR JEROME BRUNNER





Disusun oleh : Hafidha Asni Akmalia             (08304241003) Endah Setyorini                      (08304241010) Virginnicha Insant G.              (08304241020) Errischa Megawati                  (08304241035)




JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2009


TEORI BELAJAR JEROME BRUNNER
A. Pendahuluan Teori kognitif menerangkan bahwa pembelajaran adalah perubahan dalam pengetahuan yang disimpan di dalam memori. Teori kognitif ini bermaksud penambahan pengetahuan ke dalam ingatan jangka panjang atauperubahan pada skema atau struktur pengetahuan. Pengkajian terhadap teori belajar kognitif memerlukan penggambaran tentang perhatian, memori dan elaborasi reheashal, pelacakan kembali, dan pembuatan informasi yang bermakna. Manusia memilih, mengamal, memberi perhatian, menghindar, merenung kembali dan membuat keputusan tentang peristiwa- peristiwa yang berlaku dalam persekitaran untuk mencapa…

Let’s Learn Bahasa Indonesia Lesson 2 : How to Make Active and Passive Voice in Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia is like English. It has two forms in sentence : active and passive voice.
Active form in English : S+V+O (+complement) Passive form in English : O+to be+V3+by S
If we want to change active form into passive form, we need little alteration like we put Object at the beginning of sentence and Subject at the end of sentence. Then, we also give to be before V3 in passive voice. How about bahasa Indonesia? We have prefix that can help us to make a sentence. But, it’s different with English. English also has prefixes, right? Prefixes in English often use to give a negative meaning such as invisible, disappear, underestimate, etc. In bahasa Indonesia, there are many prefixes put in front of the verb or another parts of speech. The meaning of prefix in bahasa Indonesia is awalan. To make a passive voice, we usually use prefix like this : “di”. Firstly, I’ll give some examples for prefixes used in bahasa Indonesia :
“Me-“ : memakan (eat), menari (dance), menyapu (sweep) “Di-“ …

Ide-ide yang Terpikirkan

Jumat malem ini aku memutuskan untuk ngeblog lagi. Setelah sebelumnya aku ngepost banyak hal tentang laporan praktikum, aku punya ide baru untuk materi blog ku ini. Yaitu ngeblog tentang "Belajar Bahasa Indonesia". Sebetulnya, konsep blogku ini mau aku jadiin ember curcolku gitu. Isinya curhat-curhatanku yang gak penting banget. Awalnya sih gitu, but berhubung aku punya beberapa ide, maka jadilah konsep blogku sekarang ini menjadi Campursari. Maksudnya..di dalem blog ini selaen ada curhatan juga ada hal2 yang penting juga semisal cerita kalo aku lagi nabung buat beli rumah idaman  laporan2 praktikum Biologi yang nyampah di lepiku. Belakangan ini aku jadi sering ngepost laporan ato tugas semasa aku muda dulu kuliah. Soalnya kupikir biar laporanku jadi rujukan gitu kan bisa nambah manfaat. Beberapa saat kemudian, aku jadi punya ide buat nampilin cerpenku di blog ini. Aku suka nulis soalnya, udah dari jaman SD dulu. Tapi mungkin cerpenku baru nongol entar kalo aku ada waktu. I…

Let's Learn Bahasa Indonesia Lesson 1 (Belajar Bahasa Indonesia)

Bahasa Indonesia is national language used by Indonesian people. It has little different structure in sentences if we compare it with English. For example when we make a sentence using adjective. In English, adjective is put before noun. But in bahasa Indonesia, we put it after noun. Another difference is about time. We have many structures in English when the time isn't same. In bahasa Indonesia, we just put adverb of time without change the structure or the words. Now, i'd like to give some examples. 
English (E) : Budi  has  short  hair                     (S)   (V)  (Adj) (N) Indonesia (I) : Budi memiliki rambut pendek                        (S)    (V)         (N)     (Adj)
E : Ani eats a ripe banana       (S) (V)  (Adj)     (N) I : Ani memakan pisang matang      (S)  (V)           (N)     (Adj)
Those examples in bahasa Indonesia have same structure : S+V+N+Adj. In comparion with English, there is little different in composition of sentence. We say "short hair"

Jalan-jalan Ke Keraton Ngayogyakarta

2 minggu yang lalu, aku sama Adnin temenku maen2 ke Keraton. Kami udah lama banget gak ketemu. It's about 1 year may be..Berhubung lagi off maka kami memutuskan untuk ngedate ke Keraton. Kenapa Keraton? Karena si Adnin sendiri belum pernah kesana. Kasian sekali dia, sampe merengek-rengek minta ke Keraton, dibantu nyembah2 pula. Aku sendiri udah pernah ke sana cuman itu waktu aku jaman SD, sudah 10 taon yang lalu. Kami berangkat pukul setengah 10.00 WIB dan sampe jam 10.00 WIB. Masuk ke Keraton kudu bayar teman2...tapi murah beud..cuman Rp 3.000,-. Kami sempat heran juga, bakso aja gak dapet harga segitu, ini masuk Keraton yang notabene icon Yogyakarta cuman 3 ribu??? Apa gak salah? Apa harganya harusnya Rp 8.000,- tapi berhubung karcisnya luntur terus jadi angka 3 gitu?? Ya sudahlah, kami pun masuk dengan riang gembira, lumayan dapet yang murah kan anak kost. Ini dia gambar yang pertama kali kami ambil.. Habis masuk dari tempat karcis maka kita akan disambut oleh bangsal itu. Di …

KECERDASAN INTELEKTUAL

TUGAS PRAKTIKUM METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN BIOLOGI Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan Biologi
KECERDASAN INTELEKTUAL





Disusun oleh : 1.Zulqarnain Assiddiqqi              (08304241001) 2.Shaim Basyari                         (08304241002) 3.Hafidha Asni Akmalia              (08304241003) 4.Febrianawati Yusup                (08304241004)


JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2010
Pengertian Kecerdasan (Intelegensi Intelektual merupakan kecerdasan intelegensia yang diuji dari hasil tes kemampuan dalam menyelesaikan suatu problem yang biasanya diaplikasikan dalam angka-angka dan sejenisnya yang dilakukan dalam dunia pendidikan dan hasil dari tes itu akan diberi nilai, maka nilai itulah yang dijadikan ukuran kemampuan intelektual seseorang. Inteligensi bukanlah suatu yang bersifat kebendaan, melainkan suatu fiksi ilmiah untuk mendeskripsikan perilaku individu yang berkaitan dengan kemampuan intel…

MIKROSKOP MEDAN TERANG

BRIGHT FIELD MICROSCOPE (MIKROSKOP MEDAN TERANG) Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Mikrobiologi







Disusun Oleh : 1.Hafidha Asni Akmalia            (08304241003) 2.Liedya Kusuma Ratih            (08304241023)




JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2010
BRIGHT FIELD MICROSCOPE (MIKROSKOP MEDAN TERANG)


A.Latar Belakang.
Antony Van Leuwenhoek orang yang pertama kali menggunakan mikroskop walaupan dalam bentuk sederhana pada bidang mikrobiologi. Kemudian pada tahun 1600 Hanz dan Z Jensen telah menemukan mikroskop yang lebih maju dengan nama mikroskop ganda. Mikroskop adalah suatu benda yang berguna untuk memberikan bayangan yang diperbesar dari benda-benda yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang. Mikroskop terdiri dari beberapa bagian yang memiliki fungsi masing-masing. Mikroskop pada prinsipnya terdiri dari dua lensa cembung yaitu sebagai lensa objektif (dekat dengan mata) dan lensa okuler (dekat dengan benda). Baik o…