Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Juli, 2012

KOAGULASI DARAH

Pembekuan darah adalah perubahan bentuk darah dari bentuk cair menjadi jel padat. Pembekuan darah merupakan mekanisme homeostatik tubuh yang sangat penting untuk menghentikan pendarahan pada luka yang besar. Proses pembekuan darah merupakan suatu proses yang kompleks, melalui beberapa tahap dan melibatkan banyak faktor pembekuan darah. Ada 12 faktor yang terlibat pada proses pembekuan darah. Faktor-faktor tersebut pada umumnya diberi simbol dengan menggunakan angka romawi yang menunjukkan urut-urutan penemuannya. Faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut: Faktor I (fibrinogen), merupakan protein yang larut dengan berat molekul 3.3 x 105. Dengan pengaruh trombin, fibrinogen diubah menjadi fibrin (protein tidak larut).Faktor II (Protrombin), merupakan bentuk yang tidak aktif dari trombinFaktor III (Tromboplastin), disebut juga faktor jaringan, berfungsi mengubah protrombin menjadi trombin. Perubahan ini juga dipengaruhi oleh faktor yang lain seperti faktor, faktor VII, faktor X, ion…

Ujian? I'm Sorry Goodbye..

Hari jumat 29 Juni kemaren, aku habis ujian TAS :). Sebelum aku ujian, aku udah yang nangis darah gitu. Ceritanya ribet banget, mulai dari penggantian dosen penguji yang mendadak, sampe masih ngurus SK, minta ttd..rempong banget lah. Awalnya karna TASku tentang transpirasi, yg jadi penguji utama adalah Mr.Y yg dulu jadi dosen fistumku. Entah knapa gak ada angin gak ada ujan, aku dapet kabar kalo pengujiku diganti. Emang sih bapaknya tu sibuuuk, aku aja sampe nunggu 3 minggu buat ujian. Sementara aku uda ditanyain penguji satunya kapan mau ujian. Berhub sibuknya itu, maka penguji utamapun diganti. Waah...aku uda seneng banget itu, perkiraanku yang akan nguji adalah dosen perempuan yang notabene baek hati. Dengan hati riang gembira aku menuju jurusan untuk konfirmasi siapakah yang akan jadi pengujiku. Apa yang terjadi? Taraaaaaa....dosen pengganti tidak lain dan tidak bukan adalah Mr.X!!!Gubrak!Apa-apaan ini, batinku dalem hati. Prasaan juga gak ada sangkut pautnya sama fistum deh. Dan…