Langsung ke konten utama

Rencana Tuhan adalah rencana yang paling baik

ini ceritaku adalah cerita yang diawali dari jaman SMA dulu, tepatnya 4 tahun yang lalu.

Sebenarnya pada waktu aku mau ndaftar SMA, aku pengennya di jogja ato magelang gitu. Tapi berhubung NEMku dulu jeleknya minta ampun, dan denger2 dari temenku yang daftar di jogja kalo NEM terendah aja sama dengan NEM tertinggi di wsb maka aku langsung pindah haluan ke mangelang. Aslinya sih mungkin masih bisa masuk, tapi kayaknya juga mesti yang diprioritaskan yang asli situ, lagian juga sama ibuku gak dibolehin, jadi gak jadi deh aku sekolah SMA di luar kota. Akhernya aku daftar ke smansa kotaku dan di situ aku ketemu temen2 spensaku, banyak banget malah, intinya anak yang sekolah di sma 1 tu pindahannya anak smp 1. sampe dalam satu kelas tuh didominasi anak smp1, jadi reuni deh disana. Tapi, aslinya aku gak bener2 serius sekolah di sana, secara, aku kan pengennya di magelang...,maka dari itu aku pun jadi bocah tukang telatan, malesan banget, dan gak pernah belajar, belajar kalo mau ujian aja. Nile di kelas satu juga biasa2 aja, untunge masih bisa di deretan depan lah,hehe. Kalo smp mah, semua anak dalam kelasku pinter2, jadi agak susah menembus jajaran inti, gila banget dulu, persaingane jiaan...tapi yo bagus juga sih buat memotivasi, tapi gak enaknya di kelas unggulan anaknya kurang bisa berbaur menurutku, kalo aku liet2 di kelas non unggulan mereka tuh kompak banget, beda dengan yang di unggulan,kurang akrab gitu. Nah, pas di SMA kelas satu untunge gak ada unggulan-unggulanan, jadi lumayan nyante dan gak niat :). Saking nyatennya dan gak niatnya aku seringgggggg bagetttt terlambat kalo masuk kelas. Kan dari rumahku bisa langsungan naek angkot nyampe SMA, nah SMAku tuh letaknya masuk ke dalem. kalo udah bel masuk, mesti gerbang siap2 ditutup dan dari kejauhan kami2 yang terlambat ini lari marathon biar bisa mencapai gerbang sebelum ditutup. Persis di filem2 itulah, kan ada adegan masuk ke ruangan sebelum pintu tertutup otomatis, mengejar waktu istilahnya. Keren banget kan ini :). Nah, aku dari rumah tuh jam 7 kurang 10 ato 5 menit. Padahal sekolah masuk jam 7. Gila banget dulu aku, sampe dimarah-marahi bapakku, tapi dasar akunya yang ndableg jadi gak ngaruh tuh omelan. Sampai sekolah biasanya jam 7.15 kadang juga 7.30, dan pelajaranpun sudah dimolai. Emang aku kan gak niat sekolah disitu, jadi yo pede wae masuk kelas, tanpa bilang maaf ke guru, cuma anggukin kepala langsung duduk. Keren kan akuuu :P. Jadi pas kelas 1 tuh, aku adalah siswa telatan dan malesan. Seneng banget kalo bubar gasik misal guru mau rapat ato mau nikah kan pasti bubar gasik. Langsung deh dolan2 ma temen2. Pas mau naek kelas 2, aku pengenya ke jurusan IS, orang pas di tes IQ aja hasilku mengatakan bhw aku cocoknya di IS. Tapi ada sesuatu yang membuatku gak mau di kelas IS dan ini rahasia, biar Tuhan sama aku aja yang tahu :P. Ujung2e aku terdampar di IA dan akupun mengalami kondisi saat aku smp dulu, yaitu sekelas sama anak2 pinter. Jujur, awalnya bosen banget dehy, tapi lama kelamaan mereka asyik kok, gokil malah, bisa sharing ilmu..enaklah IA 1 itu..Mulai di kelas IA inilah aku kembali bersaing. Tapi tetep,telat nomor wahid,masih belum belajar juga tapi masih mendinglah,belajarnya mulai tiap hari sambil nonton tipi walo yang masuk di otak cuma sinetronnya aja. Dari sinilah akupun mulai menyukai matematika dan fisika tentunya. Kalo fisika emang dari smp dulu. Kalo matematika dulu aku pualing benci deh, yakinlah. Sejak aku masuk kelas IA 1 kan banyak anak pinternya, terus aku mikir kalo aku gak usaha mana bisa aku masuk ke persaingan, masak aku cuma dari penonton aja, ya gak maulah. Akhernya aku mulai belajar matematika dengan sungguh2 sama les juga. Akhernya juga mudeng, malah jadi suka deh :). Dipikir2 aku sebenere lebih suka ngapalin kayak pelajaran biologi gitu, dulu kan belajare ngapalin. Tapi dari semua mapel eksak, justru fis sama mat ku yang paling bagus, disusul kim, baru biologi urutan buncit. Sampe heran akunya, bioku tuh cuma 7 terussss. Cuma sekali tok pas kelas 3 dapet 8.Aneh jah, makanya pas mau masuk univ ini pas daftar univ sebelah pilihanku yang berkaitan sama kedua mapel yang aku senengi. Sayangnya aku ditolak mentah2 sama sana, ya udah aku jadi ambil di uny ini, tapiiii...gak tau kenapa ya aku dulu milih pendk. bio. kayaknya ini salah ngeklik pas daftar onlen dulu. Aku kan males kalo biologi, cos identik dengan apalan. Tapi gak tau knapa aku milih itu, ato mungkin tiba2 dibelokkan sama sesuatu??Hiiii....,dan akhernya..tadaaaaa, diterimalah aku di uny masuk pendk.bio reg. Absurd banget nih!Mau tak mau aku masuk di situ, asline keterima di farmasi uad jg tapi mahal je, aku direstui ortuku di pendidikan og, ya sudahlah. Hari pertama masuk seingetku anatomi tumbuhan. Mulai itulah aku sadar aku salah jurusan!!!salah pembaca!!sampe ke semester berikutnya, aku benar2 terdampar jurusan yang sama sekali aku gak ngerti. Smester 1 dan 2 aku mulai belajar. Belajar beneran ini, dulu aku pikir wong matematika pas SMA aja bisa aku pelajari mengapa biologi gak bisa. Mulailah aku belajar, sampe hari minggu aja sinau. Naaah, mulai semeter 3 sampe sekarang blasssss semuanya bablas.Aku ngrasa gak berarti belajar s1. Tapi, aku manyadari hal lain. Ada hal yang membuatku yakin bahwa rencana Tuhan adalah rencana yang terbaik. Memang, aku salah jurusan di biologi. Aku akui itu. Tapi, aku berpikir, kalo aku gak kuliah di biologi, mana mungkin aku bisa menjadi aku yang seperti ini. Dulu temen2 smp dan sma ku tipenya sama kayak aku, ceplas ceplos gitu. Misal, kami biasa aja tuh ngomong "wooo dodol", ato "wong gemblung". Kami biasa2 aja tuh, tak ada yang tersinggung. Sampe disini, di jogja ini, aku sadar kalo aku ngomong kayak gitu ke temen2 yang sekarang pasti mereka kurang suka. Awalnya aku pikir "ya ampun, kayak gitu aja marah", gak asik ah, itu pikirku. Awal2 aku masih merindukan temen2 sma ku dulu, aku jujur kurang suka sama atmosfer pertemanan disini. Terlalu tersinggungan. Tapi lambat laun, aku menyadari, tiap orang beda kepribadian, apalagi temen2ku yang sekarang mayoritas orang jogja, yang terkenal kalemnya, halus bahasanya. Jadi, kalo aku ngomong kayak gitu pasti mereka gak suka, mereka anggap omongan yang kasar gitu. Aku jadi mikir, bener juga, aku harus menghargai mereka, aku harus bisa nempatin diriku di situasi dan kondisi seperti ini. Ini jadi pelajaran buatku bahwa dalam pertemanan ada batas2 yang harus dihargai dan dihormati agar tidak menimbulkan konflik. Walopun akhernya aku jadi anak pendiem di kampus gara2 ini, beneran, aku yang dulu beda sam aku yang sekarang. Dulu mah, ceplas ceplos aja, sekarang udah pake rem :). Sekalipun jadi anak yang pendiem, aku gak masalah sih yang penting baik buat akunya. Selain itu, di jurusan ini aku ketemu temen2 yang amazing banget. Mereka bisa menjadi teladan bagi aku sendiri. Jujur, dulu aku pas SMA belum berjilbab. Mulai kuliah baru pake jilbab, dan itupun awalnya masih pake celana yang ketat. Aku liet temen2 aku yang berjilbab tapi mereka pake rok. Sopan sekali menurutku. Lama kelamaan aku jadi mikir, oh iya ya percumah aja kalo masih pake celana yang ketat, sudah gak sopan, juga masih memperlihatkan bagian yang tidak seharusnya diperlihatkan. Mulailah aku belajar dari mereka, pake rok. Awalnya canggung banget sih, apalagi komen anak2 "wah, aneh". Tapi yo wes, lambat laun sampe sekarang ini aku pake rok terus, kadang masih pake celana juga sih, tapi celana yang longgar bukan yang ketat, misal kalo pulang or beli maem. Tapi yo tetep aja malu juga sih. Yah, walopun masih sebatas penampilan saja, yang penting awali yang baik dulu menurutku, karena aku percaya niat yang baik pasti mendapat kebaikan juga.Semoga semoga :). Dari sini pula aku pun jadi belajar meneladani hal2 yang baik dari temen2, belajar menghargai orang, dan mereka menjadi contoh buat aku biar aku bisa lebih baik dari yang dulu. Pernah aku baca di Mario Teguh's Quotes :bandingkanlah dirimu yang sekarang dengan yang dulu, bukan bandingkan dirimu dengan orang lain. Bener banget ini, kalo aku bandingin aku sama orang lain, jelas aku masih nol banget, tapi setidaknya biar aku maju, aku bandingin aku yang dulu dengan yang sekarang dan alhamdulilah aku bisa ngerti, paham, dan belajar banyak dari hal2 yang membawa kebaikan. Sekarang, aku tidak ragu sedikitpun bahwa rencana Tuhan adalah rencana yang paling baik. Walo aku salah jurusan tetapi dengan ini kebaikan mengahampiriku.Terimakasih Tuhan, trims atas segala-galanya :)

Komentar

Pos populer dari blog ini

MEKANISME KONTRAKSI DAN RELAKSASI OTOT

Filamen aktin biasanya berhubungan dengan myosin yang mana bertanggung jawab untuk berbagai pergerakan sel. Myosin adalah prototipe dari penggerak molekuler - sebuah protein yang mengubah energi kimia dalam bentuk ATP menjadi energi gerak yang menghasilkan kekuatan dan pergerakan. Kebanyakan pergerakan umumnya adalah kontraksi otot yang memberi model untuk memahami interaksi aktin dan myosin dan aktivitas penggerak dari molekul myosin. Bagaimanapun juga, interaksi aktin dan myosin tidak hanya bertanggung jawab pada kontraksi otot tetapi juga untuk berbagai pergerakan sel non otot termasuk pembelahan sel. Sehingga interaksi diataranya memerankan peran yang penting di biologi sel. Lebih jauh, sitoskeleton aktin bertanggung jawab untuk pergerakan lambat sel menyeberangi permukaan yang terlihat digerakkan secara langsung oleh polimerisasi aktin dengan baik oleh intreaksi aktin - myosin. 1.Pendahuluan Sel otot merupakan sel yang terspesialisasi untuk satu tugas, kontraksi dan spesialisasi in…

PERKECAMBAHAN SERBUK SARI

LAPORAN PRAKTIKUM REPRODUKSI DAN EMBRIOLOGI TUMBUHAN PERKECAMBAHAN SERBUK SARI
Disusun Oleh : Kelompok 4 Pendidikan Biologi Subsidi 1.Hafidha Asni Akmalia            (08304241003) 2.Tuttus Sufi Kusuma LPS.       (08304241022) 3.Riza Sativani Hayati   (08304241029) 4.Nur Hidayah                           (08304241030) 5.Titis Nindiasari A.                   (08304241036)


JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2010 A.TUJUAN Mengamati serbuk sari yang berkecambah secara in vitro
B.DASAR TEORI Serbuk sari (pollen grain) adalah sebuah sel hidup yang berisi sel kelamin jantan pada bunga (mempunyai protoplasma) yang terbungkus oleh dinding sel. Dinding serbuk sari terdiri atas dua lapisan yaitu di bagian luar yang tebal dan keras disebut lapisan eksin dan sebelah dalam tipis seperti selaput disebut  intin. Pada permukaan eksin terdapat celah atau pori yang disebut apertura yang dapat digunakan oleh serbuk sari untuk jalan keluarnya buluh serbuk …

SISTEM EKSKRESI PEMERIKSAAN PROTEIN DALAM URINE DAN PEMERIKSAAN GLUKOSA DALAM URINE

SISTEM EKSKRESI PEMERIKSAAN PROTEIN DALAM URINE DAN PEMERIKSAAN GLUKOSA DALAM URINE


Disusun oleh :  Hafidha Asni Akmalia 08304241003
JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Proses pembentukan urine beberapa tahapan, yaitu filtrasi glomeruler, reabsorspsi tubuler dan sekresi tubuler. Filtrasi merupakan perpindahan cairan dari glomerulus ke tubulus melewati membran filtrasi yang terdiri dari tiga lapisan yaitu sel endhotel glomerulus, membran basalis dan epitel kapsula bowman. Filtrasi terjadi karena adanya perbedaan tekanan antara kapiler glomerulus dengan tubulus. Filtrasi menghasilkan ultrafiltrat yang mengandung air, garam anorganik,glukosa, asam amino, urea, asam urat, kreatinin dan tidak mengandung sel darah merah. Reabsorpsi tubuler adalah prpindahan cairan dari tubulus renalis ke kapiler peritubuler. Proses reabsorpsi bersifat selektif tergantung kebutuhan tubuh pada senyawa yang terdapat pada ultrafiltrat. Glukosa direa…